SEKITAR
RAMADLAN
Hadits-hadits
Sekitar Puasa Ramadlan.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: مَنْ صَامَ
رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ
ذَنْبِهِ. البخارى 2: 228 و مسلم 1: 524
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata, Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa berpuasa Ramadlan
karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang
telah lalu”.
[HR. Bukhari juz 2, hal 228, dan Muslim juz 1, hal. 524]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَنْ قَامَ
رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ
ذَنْبِهِ. البخارى 2: 251
Dari
Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa bangun (shalat
malam) pada bulan Ramadlan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka
diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.
[HR. Bukhari 2 : 251]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: قَالَ اللهُ:
كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ اِلَّا الصِّيَامَ فَاِنَّهُ لِيْ وَ اَنَا اَجْزِى
بِهِ، وَ الصِّيَامُ جُنَّةٌ. وَ اِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ اَحَدِكُمْ فَلَا
يَرْفُثْ وَ لَا يَصْخَبْ فَاِنْ سَابَّهُ اَحَدٌ اَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ اِنِّى
امْرُؤٌ صَائِمٌ. وَ الَّذِى نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِ الصَّائِمِ
اَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ. لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ
يَفْرَحُهُمَا، اِذَا اَفْطَرَ فَرِحَ وَ اِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ
بِصَوْمِهِ. البخارى 2: 228
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : Allah berfirman, ”Setiap
amal anak Adam itu untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan
Aku akan membalasnya. Puasa itu perisai. Apabila salah seorang diantara kalian
berpuasa pada suatu hari, maka janganlah berkata keji dan jangan
berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci makinya atau menyerangnya maka
hendaklah ia mengatakan, ”Sesungguhnya saya sedang berpuasa”. Demi Dzat yang
jiwa Muhammad di tangan-Nya, sungguh bau mulutnya orang yang berpuasa itu di
sisi Allah lebih harum dari pada bau kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua
kegembiraan yang dirasakannya, yaitu apabila ia berbuka, bergembira karena
bukanya, dan apabila ia bertemu dengan Tuhannya, bergembira karena
puasanya”.
[HR. Bukhari 2 : 228]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اَلصِّيَامُ
جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَ لَا يَجْهَلْ وَ اِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ اَوْ شَاتَمَهُ
فَلْيَقُلْ اِنِّى صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ. وَ الَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ
فَمِ الصَّائِمِ اَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ
وَ شَرَابَهُ وَ شَهْوَتَهُ مِنْ اَجْلِى. اَلصِّيَامُ لِى وَ اَنَا اَجْزِى بِهِ
وَ اْلحَسَنَةُ بِعَشْرِ اَمْثَالِهَا. البخارى 2 : 226
Dari
Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ”Puasa itu perisai, maka
janganlah ia berkata-kata keji dan jangan berbuat kebodohan. Jika ia dimusuhi
atau di caci maki oleh seseorang maka katakanlah, ”Sesungguhnya saya ini sedang
berpuasa“. (dua kali). Demi Dzat yang diriku di tangan-Nya sungguh bau mulut
orang yang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada bau kasturi”.
(Firman Allah), “Ia meninggalkan makan, minum dan syahwatnya karena Aku. Puasa
itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya, sedang kebaikan itu (dibalas) dengan
sepuluh kali lipat”.
[HR. Bukhari 2 : 226]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِذَا جَاءَ
رَمَضَانُ فُتِّحَتْ اَبْوَابُ اْلجَنَّةِ وَ غُلِّقَتْ اَبْوَابُ النَّارِ وَ
صُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنُ. مسلم 2: ?58
Dari
Abu Hurairah RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Apabila bulan Ramadlan
datang maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka, dan
syaithan-syaithan dibelenggu”.
[HR. Muslim juz 2, hal. 758]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: لَمَّا حَضَرَ رَمَضَانُ قَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص: قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ اِفْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ
صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيْهِ اَبْوَابُ اْلجَنَّةِ وَ يُغْلَقُ فِيْهِ اَبْوَابُ
اْلجَحِيْمِ وَ تُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ، فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ
شَهْرٍ. مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ.
احمد 2:
230،
انقطاع
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Ketika tiba bulan
Ramadlan Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang
pada kalian bulan Ramadlan, bulan yang diberkahi, Allah mewajibkan kepada kalian
berpuasa pada bulan itu, ketika itu pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu
neraka Jahim ditutup, dan syaithan-syaithan dibelenggu. Dalam bulan itu ada
suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari
kebaikan-kebaikannya, maka sungguh dia telah terhalang (dari segala
kebaikan)”. [HR. Ahmad juz 2, hal. 230, munqathi’]
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ اِفْتَرَضَ اللهُ عَزَّ
وَجَلَّ صِيَامَهُ وَ اِنِّى سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِيْنَ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ
اِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا خَرَجَ مِنَ الذُّنُوْبِ كَيَوْمَ وَلَدَتْهُ
اُمُّهُ. احمد. ضعيف لان فى سنده النضر بن شيبان
Rasulullah
SAW bersabda, “Sesungguhnya Ramadlan adalah bulan dimana Allah ‘Azza wa Jalla
mewajibkan puasa padanya, dan aku mensunnahkan shalat malam untuk kaum muslimin,
maka barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadlan karena iman dan mengharap pahala
(dari Allah), maka ia keluar dari dosa-dosanya sebagaimana ketika ibunya
melahirkannya”.
[HR. Ahmad dari ‘Abdurrahman juz 1, hal. 195, dla’if karena dalam sanadnya ada
An-Nadlr bin Syaiban]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: مَنْ لَمْ
يَدَعْ قَوْلَ الزُّوْرِ وَ اْلعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ ِلِلّ?هِ حَاجَةٌ فِى اَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَ شَرَابَهُ. البخارى 2: 228
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak
meninggalkan kata-kata dusta dan perbuatan dusta, maka tidak ada kebutuhan bagi
Allah dalam hal ia meninggalkan makan dan minumnya”. [HR.
Bukhari juz 2, hal. 228]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اَجْوَدَ النَّاسِ
بِاْلخَيْرِ وَ كَانَ اَجْوَدُ مَا يَكُوْنُ فِى رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ
جِبْرِيْلُ وَ كَانَ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ يَلْقَاهُ كُلَّ لَيْلَةٍ فِى
رَمَضَانَ حَتَّى يَنْسَلِخَ يَعْرِضُ عَلَيْهِ النَّبِيُّ ص اْلقُرْا?نَ، فَاِذَا لَقِيَهُ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ كَانَ اَجْوَدَ
بِاْلخَيْرِ مِنَ الرِّيْحِ الْمُرْسَلَةِ. البخارى 2: 228
Dari
Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata, “Adalah Nabi SAW orang yang paling dermawan diantara
manusia pada kebaikan. Dan beliau paling pemurah pada bulan Ramadlan, ketika
Jibril bertemu beliau, dan Jibril AS bertemu beliau pada tiap malam di bulan
Ramadlan hingga selesai. Nabi SAW menyimakkan Al-Qur’an kepadanya. Maka apabila
Jibril AS menemui beliau, beliau adalah sangat dermawan dalam kebaikan, lebih
murah dari pada angin yang terlepas”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 228]
عَنْ سَهْلٍ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِنَّ فِى اْلجَنَّةِ بَابًا
يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُوْنَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ لَا
يَدْخُلُ مِنْهُ اَحَدٌ غَيْرُهُمْ، يُقَالُ: اَيْنَ الصَّائِمُوْنَ؟
فَيَقُوْمُوْنَ لَا يَدْخُلُ مِنْهُ اَحَدٌ غَيْرُهُمْ. فَاِذَا دَخَلُوْا اُغْلِقَ
فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ اَحَدٌ. البخارى 2 : 226
Dari
Sahl RA dari Nabi SAW beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat
pintu yang disebut Rayyan, yangmana besok pada hari qiyamat orang-orang yang
berpuasa masuk dari pintu itu. Dan tidak ada seorangpun yang masuk dari pintu
itu selain mereka. Dikatakan, ”Dimanakah orang-orang yang berpuasa ?”. Maka
mereka berdiri, tidak ada seorangpun selain mereka yang masuk darinya. Apabila
mereka sudah masuk, maka pintu itu ditutup sehingga tidak ada seorangpun yang
masuk darinya”.
[HR. Bukhari 2 : 226]
عَنْ اَبِى الدَّرْدَاءِ رض قَالَ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ ص فِى
بَعْضِ اَسْفَارِهِ فِى يَوْمٍ حَارٍّ حَتَّى يَضَعَ الرَّجُلُ يَدَهُ عَلَى
رَأْسِهِ مِنْ شِدَّةِ اْلحَرِّ وَ مَا فِيْنَا صَائِمٌ اِلَّا مَا كَانَ مِنَ
النَّبِيِّ ص وَ ابْنِ رَوَاحَةَ. البخارى 2: 238
Dari
Abud Darda’ RA, ia berkata, “Kami keluar bersama Nabi SAW dalam sebagian
perjalanan beliau di hari yang sangat panas sehingga seseorang meletakkan
tangannya diatas kepalanya karena sangat panas. Diantara kami tidak ada yang
berpuasa kecuali Nabi SAW dan Ibnu Rawahah“.
[HR. Bukhari 2 : 238]
عَنْ سَلْمَانَ قَالَ : خَطَبَنَا رَسُوْلُ اللهِ ص فِي آخِرِ يَوْمٍ
مِنْ شَعْبَانَ فَقَالَ : اَيُّهَا النَّاسُ قَدْ اَظَلَّكُمْ شَهْرٌ عَظِيْمٌ، شَهْرٌ
مُبَارَكٌ، شَهْرٌ فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ اَلْفِ شَهْرٍ، جَعَلَ اللهُ
صِيَامَهُ فَرِيْضَةً، وَ قِيَامَ لَيْلِهِ تَطَوُّعًا، مَنْ تَقَرَّبَ فِيْهِ
بِخَصْلَةٍ مِنَ اْلخَيْرِ، كَانَ كَمَنْ اَدَّى فَرِيْضَةً فِيْمَا سِوَاهُ، وَ
مَنْ اَدَّى فِيْهِ فَرِيْضَةً كَانَ كَمَنْ اَدَّى سَبْعِيْنَ فَرِيْضَةً فِيْمَا
سِوَاهُ، وَ هُوَ شَهْرُ الصَّبْرِ، وَ الصَّبْرُ ثَوَابُهُ اْلجَنَّةُ، وَ شَهْرُ
الْمُوَاسَاةِ، وَ شَهْرٌ يَزْدَادُ فِيْهِ رِزْقُ الْمُؤْمِنِ، مَنْ فَطَّرَ
فِيْهِ صَائِمًا كَانَ مَغْفِرَةً لِذُنُوْبِهِ وَ عِتْقِ رَقَبَتِهِ مِنَ
النَّارِ، وَ كَانَ لَهُ مِثْلُ اَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ اَنْ يَنْتَقِصَ مِنْ
اَجْرِهِ شَيْءٌ، قَالُوْا: لَيْسَ كُلُّنَا نَجِدُ مَا يُفَطِّرُ الصَّائِمَ،
فَقَالَ: يُعْطِي اللهُ ه?ذَا الثَّوَابَ مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا عَلَى تَمْرَةٍ، اَوْ شَرْبَةِ
مَاءٍ، اَوْ مَذْقَةِ لَبَنٍ، وَ هُوَ شَهْرٌ اَوَّلُهُ رَحْمَةٌ، وَ اَوْسَطُهُ
مَغْفِرَةٌ، وَآخِرُهُ عِتْقٌ مِنَ النَّارِ، مَنْ خَفَّفَ عَنْ مَمْلُوْكِهِ
غَفَرَ اللهُ لَهُ، وَ اَعْتَقَهُ مِنَ النَّارِ، وَ اسْتَكثِرُوْا فِيْهِ مِنْ
اَرْبَعِ خِصَالٍ: خَصْلَتَيْنِ تُرْضُوْنَ بِهِمَا رَبَّكُمْ، وَ خَصْلَتَيْنِ لَا
غِنَى بِكُمْ عَنْهُمَا، فَاَمَّا اْلخَصْلَتَانِ اللَّتَانِ تُرْضُوْنَ بِهِمَا
رَبَّكُمْ: فَشَهَادَةُ اَنْ لَا اِل?هَ اِلاَّ اللهُ، وَ تَسْتَغْفِرُوْنَهُ، وَ اَمَّا اللَّتَانِ لَا
غِنَى بِكُمْ عَنْهُمَا: فَتَسْأَلُوْنَ اللهَ اْلجَنَّةَ، وَ تَعَوَّذُوْنَ بِهِ
مِنَ النَّارِ، وَ مَنْ اَشْبَعَ فِيْهِ صَائِمًا سَقَاهُ اللهُ مِنْ حَوْضِي
شَرْبَةً لَا يَظْمَأُ حَتَّى يَدْخُلَ اْلجَنَّةَ. ابن خزيمة 3: 191، رقم: 188?
Dari
Salman, ia berkata : Rasulullah SAW berkhutbah pada hari terakhir bulan Sya’ban,
beliau bersabda, “Hai para manusia, sungguh telah menaungi kalian bulan yang
agung, bulan yang diberkahi, bulan yang di dalamnya ada satu malam lebih baik
daripada seribu bulan. Allah menjadikan puasanya suatu kewajiban, dan shalat
malamnya tathawwu’an (sunnah). Barangsiapa mendekatkan diri (kepada Allah) pada
bulan itu dengan sesuatu berupa kebaikan, maka dia seperti orang yang menunaikan
kewajiban di luar bulan Ramadlan. Barangsiapa yang menunaikan satu kewajiban
(amalan fardlu) pada bulan itu, maka dia (pahalanya) seperti orang yang
menunaikan tujuh puluh kewajiban di luar bulan Ramadlan. Dan bulan (Ramadlan)
adalah bulan keshabaran, sedangkan shabar pahalanya adalah surga, dan bulan
pertolongan dan bulan yang padanya bertambah rezqinya orang mu’min. Barangsiapa
memberi buka kepada orang yang berpuasa pada bulan itu, maka yang demikian itu
merupakan ampunan untuk dosa-dosanya dan membebaskan dirinya dari neraka, dan
dia mendapatkan pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa tanpa berkurang
sedikitpun dari pahalanya”. Para shahabat bertanya, “(Ya Rasulullah), tidak
setiap orang dari kami mesti mempunyai sesuatu untuk memberi makan berbuka
kepada orang yang berpuasa”. Maka beliau menjawab, “Allah memberikan pahala ini
kepada orang yang memberi buka orang yang berpuasa meskipun berupa sebuah kurma,
seteguk air atau sedikit susu. Bulan Ramadlan itu adalah bulan yang permulaannya
rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya bebas dari neraka. Barangsiapa yang
memberi keringanan kepada budaknya, maka Allah mengampuninya dan membebaskannya
dari neraka. Dan perbanyaklah pada bulan itu melakukan empat hal, dua hal yang
dengannya kalian membuat ridla Tuhan kalian, dan dua hal lagi yang kalian
membutuhkannya. Adapun dua hal yang dengannya kalian bisa membuat ridla Tuhan
kalian ialah kesaksian (syahadat) bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan kalian
mohon ampunan kepada-Nya. Adapun dua hal yang kalian membutuhkannya ialah kalian
mohon surga kepada Allah dan mohon perlindugan dari neraka. Dan barangsiapa di
bulan itu membuat kenyang kepada orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya
minum dari telagaku, sekali minum dia tidak akan haus hingga masuk
surga”.
[HR. Ibnu Khuzaimah juz 3, hal. 191 no 1887, dla’if karena dalam sanadnya ada
perawi bernama ‘Ali bin Zaid bin Jud’aan]
Keterangan
:
Tentang
perawi ‘Ali bin Zaid bin Jud’aan tersebut :
Ahmad
bin Hanbal berkata : ia dla’if
Bukhari
dan Ibnu Hibban berkata : tidak dapat dijadikan hujjah
Nasaiy
berkata : ia dla’if.
Ibnu
Khuzaimah berkata : saya tidak berhujjah
dengannya karena buruk hafalannya.
Bisa
dilihat dalam Mizaanul I’tidal juz 3, hal. 127, no. 5844. Dan Tahdzibut Tahdzib
juz 7, hal. 283, no 545.
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رض قَالَ: كُنَّا نُسَافِرُ مَعَ النَّبِيِّ ص
فَلَمْ يَعِبِ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ وَ لَا الْمُفْطِرُ عَلَى
الصَّائِمِ. البخارى 2 : 238
Dari
Anas bin Malik RA, ia berkata, ”Kami bepergian bersama Nabi SAW. Dan orang yang
berpuasa tidak mencela orang yang berbuka, dan orang yang berbuka tidak mencela
orang yang berpuasa”.
[HR. Bukhari 2 : 238]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص فِى
سَفَرٍ فَرَأَى زِحَامًا وَ رَجُلًا قَدْ ظُلِّلَ عَلَيْهِ فَقَالَ: مَا
ه?ذَا؟ فَقَالُوْا: صَائِمٌ. فَقَالَ: لَيْسَ مِنَ اْلبِرِّ الصَّوْمُ فِى
السَّفَرِ. البخارى 2 : 238
Dari
Jabir bin Abdullah RA, ia berkata : Ketika dalam suatu perjalanan, Rasulullah
SAW melihat kerumunan orang, dan seseorang telah dinaungi. Beliau SAW bertanya,
”Ada apa ini ?”. Mereka menjawab, ”Orang yang berpuasa“. Maka beliau bersabda,
”Tidak termasuk kebajikan berpuasa dalam bepergian“.
[HR. Bukhari 2 : 238]
عَنْ كَعْبِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّاسُ فِى رَمَضَانَ، اِذَا
صَامَ الرَّجُلُ فَنَامَ حَرُمَ عَلَيْهِ الطَّعَامُ وَ الشَّرَابُ وَ النِّسَاءُ
حَتَّى يُفْطِرَ مِنَ اْلغَدِ، فَرَجَعَ عُمَرُ بْنُ اْلخَطَّابِ مِنْ عِنْدِ
النَّبِيِّ ص ذَاتَ لَيْلَةٍ قَدْ سَمِرَ عِنْدَهُ فَوَجَدَ امْرَأَتَهُ قَدْ
نَامَتْ فَاَيْقَظَهَا وَ اَرَادَهَا، فَقَالَتْ: اِنِّى قَدْ نِمْتُ. فَقَالَ: مَا
نِمْتُ. ثُمَّ وَقَعَ بِهَا. وَ صَنَعَ كَعْبُ بْنُ مَالِكٍ مِثْلَ ذ?لِكَ. فَغَدَا عُمَرُ بْنُ اْلخَطَّابِ اِلَى النَّبِيِّ ص
فَاَخْبَرَهُ، فَاَنْزَلَ اللهُ: عَلِمَ اللهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ
اَنْفُسَكُمْ. احمد و ابن جرير و ابن المنذر و ابن ابى حاتم بسند حسن
Dari
Ka’ab bin Malik ia berkata : Dahulu pada bulan Ramadlan orang-orang apabila
berpuasa (ketika tiba saat berbuka) lalu tidur, maka dia tidak boleh makan minum
dan mencampuri istrinya hingga berbuka hari berikutnya. Pada suatu malam ‘Umar
bin Khaththab datang dari sisi Nabi SAW setelah berbincang-bincang dengan
beliau. Ketika itu ia mendapati istrinya telah tidur padahal ia ingin
mencampurinya, lalu ia membangunkannya. Istrinya berkata, “Sesungguhnya aku
sudah tidur !”. ‘Umar berkata, “Tetapi aku belum tidur !”. Kemudian ‘Umar
mencampurinya. Dan Ka’ab bin Malik pun berbuat seperti itu. Keesokan harinya
‘Umar bin Khaththab datang kepada Nabi SAW memberitahukan hal itu. Maka Allah
menurunkan ayat ‘alimalloohu annakum kuntum takhtaanuuna anfusakum (Allah
mengetahui bahwasanya kalian tidak dapat menahan nafsu kalian).
[HR. Ahmad, Ibnu Jarir, Ibnul Mundzir, dan Ibnu Abi Hatim dengan sanad
Hasan]
عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَا
يَمْنَعَنَّ مِنْ سَحُوْرِكُمْ اَذَانُ بِلَالٍ وَ لَا بَيَاضُ اْلاُفُقِ الَّذِى
ه?كَذَا حَتَّى يَسْتَطِيْرَ. ابو داود 2: 303، رقم: 2346
Dari
Samurah bin Jundab, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah adzannya
Bilal menghalangi sahur kalian, dan jangan pula terangnya ufuq yang (tegak)
demikian, sehingga terangnya ufuq itu melintang dan menyebar”.
[HR. Abu Dawud juz 2, hal. 303, no. 2346]
عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص
قَالَ: اِنَّ بِلَالًا يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ فَكُلُوْا وَ اشْرَبُوْا حَتَّى
يُنَادِيَ ابْنُ اُمِّ مَكْتُوْمٍ. قَالَ: وَ كَانَ رَجُلًا اَعْمَى لَا يُنَادِى
حَتَّى يُقَالَ لَهُ: اَصْبَحْتَ اَصْبَحْتَ. البخارى
Dari
Salim bin ‘Abdullah, dari ayahnya, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya Bilal itu adzan pada malam hari, maka makanlah dan minumlah
sehingga Ibnu Ummi Maktum adzan”. (Abdullah bin ‘Umar) berkata, “Dia adalah
seorang yang buta, tidak beradzan sehingga dikatakan kepadanya, “Sudah Shubuh,
sudah Shubuh”.
[HR. Bukhari juz 1, hal. 153]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا سَمِعَ
اَحَدُكُمُ النِّدَاءَ وَ اْلاِنَاءُ عَلَى يَدِهِ فَلَا يَضَعْهُ حَتَّى يَقْضِيَ
حَاجَتَهُ مِنْهُ. ابو داود 2: 304، رقم: 2350
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang
diantara kalian mendengar seruan (adzan), sedangkan bejana sudah berada di
tangannya, maka janganlah ia meletakkannya sehingga selesai keperluannya
itu”.
[HR. Abu Dawud juz 2, hal. 304, no. 2350]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُقَبِّلُ وَ يُبَاشِرُ
وَ هُوَ صَائِمٌ وَ كَانَ اَمْلَكَكُمْ ِلِاِرْبِهِ. البخارى 2 : 233
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Nabi SAW mencium dan bercumbu padahal beliau berpuasa,
dan beliau adalah orang yang paling bisa menguasai nafsunya diantara kamu
sekalian”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 233]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: اِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيُقَبِّلُ
بَعْضَ اَزْوَاجِهِ وَ هُوَ صَائِمٌ ثُمَّ ضَحِكَتْ. البخارى 2 : 233
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah mencium diantara
para istri beliau sedangkan beliau berpuasa. Kemudian istrinya
tertawa”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 233]
عَنْ عَائِشَةَ وَ اُمِّ سَلَمَةَ زَوْجَيِ النَّبِيِّ ص اَنَّهُمَا
قَالَتَا: اِنْ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لَيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ جِمَاعٍ غَيْرِ
احْتِلَامٍ فِى رَمَضَانَ ثُمَّ يَصُوْمُ. مسلم 2 : ?81
Dari
'Aisyah dan Ummu Salamah istri Nabi SAW, keduanya berkata, “Sesungguhnya dahulu
Rasulullah SAW pernah pada waktu shubuh di bulan Ramadlan masih dalam keadaan
junub karena persetubuhan bukan karena mimpi, kemudian beliau tetap
berpuasa”.
[HR. Muslim 2 : 781]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض عَنِ النَّبِيِّ ص قَالَ: اِذَا نَسِيَ
فَاَكَلَ وَ شَرِبَ فَلْيُتِمَّ صَوْمَهُ، فَاِنَّمَا اَطْعَمَهُ اللهُ وَ
سَقَاهُ. البخارى 2 : 234
Dari
Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Apabila seseorang sedang
berpuasa, lalu lupa sehingga makan dan minum, maka hendaklah dia menyempurnakan
puasanya. Hanyasanya Allah memberikan makan dan minum
kepadanya”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 234]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ جُلُوْسٌ عِنْدَ
النَّبِيِّ ص اِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، هَلَكْتُ. قَالَ:
مَا لَكَ؟ قَالَ: وَقَعْتُ عَلَى امْرَأَتِى وَ اَنَا صَائِمٌ. فَقَالَ رَسُوْلُ
اللهِ ص: هَلْ تَجِدُ رَقَبَةً تُعْتِقُهَا؟ قَالَ: لَا. قَالَ: فَهَلْ
تَسْتَطِيْعُ اَنْ تَصُوْمَ شَهْرَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ؟ قَالَ: لَا. فَقَالَ:
فَهَلْ تَجِدُ اِطْعَامَ سِتِّيْنَ مِسْكِيْنًا؟ قَالَ: لَا. قَالَ: فَمَكَثَ
عِنْدَ النَّبِيِّ ص فَبَيْنَا نَحْنُ عَلَى ذ?لِكَ اُتِيَ النَّبِيُّ ص بِعَرَقٍ فِيْهِ تَمْرٌ، وَ اْلعَرَقُ
الْمِكْتَلُ. قَالَ: اَيْنَ السَّائِلُ؟ فَقَالَ: اَنَا. قَالَ: خُذْ هَا
فَتَصَدَّقْ بِهِ. فَقَالَ الرَّجُلُ: اَ عَلَى اَفْقَرَ مِنِّى يَا رَسُوْلَ
اللهِ؟ فَوَ اللهِ مَا بَيْنَ لَابَتَيْهَا يُرِيْدُ اْلحَرَّتَيْنِ اَهْلُ بَيْتٍ
اَفْقَرَ مِنْ اَهْلِ بَيْتِى. فَضَحِكَ النَّبِيُّ ص حَتَّى بَدَتْ اَنْيَابُهُ
ثُمَّ قَالَ: اَطْعِمْهُ اَهْلَكَ. البخارى 2 : 235
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Ketika kami sedang duduk-duduk di sisi Nabi SAW,
tiba-tiba seorang laki-laki datang kepada beliau lalu berkata, ”Wahai
Rasulullah, saya binasa“. Beliau bertanya, ”Ada apa engkau ?”. Ia berkata, ”Saya
menyetubuhi istriku diwaktu aku puasa (Ramadlan)”. Kemudian Rasulullah SAW
bersabda, ”Apakah kamu mempunyai budak yang bisa kamu merdekakan ?”. Ia
menjawab, ”Tidak”. Beliau bersabda, ”Apakah kamu mampu untuk berpuasa dua bulan
berturut-turut ?”. Ia menjawab, ”Tidak” . Beliau bersabda, “Apakah kamu dapat
memberi makan enam puluh orang miskin ?”. Ia berkata, “Tidak”. (Abu Hurairah)
berkata : Lalu orang tersebut diam di sisi Nabi SAW. Ketika kami dalam keadaan
demikian itu tiba-tiba dibawakan satu ‘araq kurma kepada Nabi SAW. Adapun ‘araq
maksudnya adalah miktal (keranjang). Beliau bersabda, “Dimana orang yang
bertanya tadi ?”. Ia menjawab, “Saya”. Beliau bersabda, “Ambillah ini dan
sedeqahkanlah”. Ia berkata kepada beliau, “Apakah kepada orang yang lebih faqir
daripada saya, wahai Rasulullah ? Demi Allah, diantara dua tepian kota Madinah
(yang ia maksud dua tanah berbatu hitam), tidak ada keluarga yang lebih miskin
daripada keluargaku”. Maka Nabi SAW tertawa sehingga nampak gigi taring beliau.
Kemudian beliau bersabda, “Berikan makan keluargamu dengan kurma
itu”.
[HR. Bukhari 2 : 235]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رَفَعَهُ: مَنْ اَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ
مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَ لَا مَرَضٍ لَمْ يَقْضِهِ صِيَامُ الدَّهْرِ وَ اِنْ
صَامَهُ. البخارى 2: 235
Dari
Abu Hurairah, ia merafa’kannya (ia mengatakan dari Nabi SAW), “Barangsiapa
berbuka satu hari pada bulan Ramadlan tanpa halangan dan bukan karena sakit,
maka tidak bisa diganti dengan puasa selamanya, jika dia akan
melakukannya”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 235]
Tentang
I’tikaf
وَ لَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَ اَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي
الْمَسَاجِدِ، تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَا. البقرة: 18?
janganlah
kamu campuri mereka (istri-istrimu), sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah
larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya.
[QS. Al-Baqarah: 187]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا دَخَلَ اْلعَشْرُ
شَدَّ مِئْزَرَهُ وَ اَحْيَا لَيْلَهُ وَ اَيْقَظَ اَهْلَهُ. البخارى 2: 255
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW apabila memasuki malam-malam
sepuluh (akhir Ramadlan) beliau mengencangkan ikat pinggang (lebih meningkatkan
ibadahnya), menghidupkan malamnya, dan membangunkan
keluarganya”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 255]
عَنْ عَبْدِ اللهِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص
يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ. البخارى 2: 255
Dari
'Abdullah bin ‘Umar RA, ia berkata, “Dahulu Rasulullah SAW beri’tikaf pada
sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadlan”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 255]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعْتَكِفُ فِى
كُلِّ رَمَضَانَ وَ اِذَا صَلَّى اْلغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ
فِيْهِ قَالَ: فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ اَنْ تَعْتَكِفَ فَاَذِنَ لَهَا
فَضَرَبَتْ فِيْهِ قُبَّةً فَسَمِعَتْ بِهَا حَفْصَةُ فَضَرَبَتْ قُبَّةَ وَ
سَمِعَتْ زَيْنَبُ بِهَا فَضَرَبَتْ قُبَّةً اُخْرَى. فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُوْلُ
اللهِ ص مِنَ اْلغَدِ اَبْصَرَ اَرْبَعَ قِبَابٍ فَقَالَ: مَا ه?ذَا؟ فَاُخْبِرَ خَبَرَهُنَّ. فَقَالَ: مَا حَمَلَهُنَّ عَلَى
ه?ذَا آلْبِرُّ، اِنْزَعُوْهَا فَلَا اُرَاهَا فَنُزِعَتْ فَلَمْ
يَعْتَكِفْ فِى رَمَضَانَ حَتَّى اعْتَكَفَ فِى آخِرِ اْلعَشْرِ مِنْ
شَوَّالٍ. البخارى 2: 259
Dari
‘Aisyah RA, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW beri’tikaf pada setiap bulan
Ramadlan. Setelah shalat Shubuh beliau masuk ke tempat i’tikafnya. (Perawi)
berkata : Lalu ‘Aisyah minta ijin kepada beliau untuk beri’tikaf, maka beliau
mengijinkannya. Kemudian ‘Aisyah membuat kemah. Kemudian Hafshah mendengar hal
itu, lalu ia pun membuat kemah. Kemudian Zainab juga mendengar hal itu, maka
iapun membuat kemah. Setelah Rasulullah SAW selesai shalat Shubuh, maka beliau
melihat ada empat kemah, lalu beliau bertanya, “Ada apa ini ?”. Lalu beliau
diberitahu bahwa itu adalah kemah-kemah istri-istri beliau. Lalu beliau
bertanya, “Apa yang mendorong mereka berbuat demikian ? Apakah yang demikian itu
kebaikan ? Bongkarlah kemah-kemah itu, karena aku melihatnya bukanlah kebaikan”.
Lalu kemah-kemah itu dibongkar, dan beliau tidak jadi beri’tikaf Ramadlan (tahun
itu), sehingga beliau beri’tikaf pada sepuluh hari akhir di bulan
Syawwal.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 259]
Keterangan
:
Di
dalam riwayat lain disebutkan “sehingga beri’tikaf sepuluh hari yang awwal di
bulan Syawwal”. Di dalam riwayat yang lain lagi disebutkan, “Sehingga beliau
beri’tikaf sepuluh hari di bulan Syawwal”, walloohu
a’lam.
عَنْ عَائِشَةَ رض زَوْجِ النَّبِيِّ ص اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ
يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ
تَعَالَى، ثُمَّ اعْتَكَفَ اَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. البخارى 2: 255.
Dari
‘Aisyah RA istri Nabi SAW, bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf pada sepuluh hari
terakhir dari bulan Ramadlan sehingga Allah mewafatkannya, kemudian istri-istri
beliau beri’tikaf sesudahnya”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 255]
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ
اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ، ثُمَّ
اعْتَكَفَ اَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ. مسلم 2: 831
Dari
‘Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan
Ramadlan sehingga Allah 'Azza wa Jalla mewafatkannya, kemudian istri-istri
beliau beri’tikaf sesudahnya”.
[HR. Muslim juz 2, hal. 831]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اِعْتَكَفَ مَعَهُ بَعْضُ نِسَائِهِ
وَ هِيَ مُسْتَحَاضَةٌ تَرَى الدَّمَ، فَرُبَّمَا وَضَعَتِ الطَسْتَ تَحْتَهَا مِنَ
الدَّمِ. البخارى 1: 80
Dari
‘Aisyah bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf, diikuti sebagian dari istri-istri
beliau, padahal pada waktu itu ia sedang istihadhah, ia melihat darah.
Kadangkala ia meletakkan bejana di bawahnya karena darah istihadhah itu.
[HR.
Bukhari juz 1, hal. 80]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ فِى
اْلعَشْرِ اْلاَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ فَلَمْ يَعْتَكِفْ عَامًا. فَلَمَّا كَانَ
فِى اْلعَامِ الْمُقْبِلِ اِعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ. الترمذى 2: 148، ررقم: 800 و قال: هذا حديث حسن غريب صحيح
Dari
Anas bin Malik, ia berkata, "Dahulu Nabi SAW beri’tikaf pada sepuluh hari
terakhir di bulan Ramadlan, dan beliau pernah satu tahun tidak beri’tikaf
padanya.. Kemudian tahun berikutnya beliau beri’tikaf selama dua puluh
hari".
[HR. Tirmdzi juz 2, hal. 148, no. 800, dan ia berkata : Ini hadits hasan gharib
shahih]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ فِى
كُلِّ رَمَضَانَ عَشْرَةَ اَيَّامٍ. فَلَمَّا كَانَ اْلعَامُ الَّذِى قُبِضَ فِيْهِ
اِعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ يَوْمًا. البخارى 2: 260
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata, “Adalah Nabi SAW beri’tikaf pada setiap Ramadlan
selama sepuluh hari. Maka ketika pada tahun dimana beliau wafat, beliau
beri’tikaf selama dua puluh hari”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 260]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا قَالَتْ: اَلسُّنَّةُ عَلَى الْمُعْتَكِفِ اَنْ
لَا يَعُوْدَ مَرِيْضًا وَ لَا يَشْهَدَ جَنَازَةً وَ لَا يَمَسَّ امْرَأَةً وَ لَا
يُبَاشِرَهَا، وَ لَا يَخْرُجَ لِحَاجَةٍ اِلَّا لِمَا لَا بُدَّ مِنْهُ. وَلَا
اعْتِكَافَ اِلَّا بِصَوْمٍ وَ لَا اعْتِكَافَ اِلَّا فِى مَسْجِدٍ
جَامِعٍ. ابو داود 2: 333، رقم: 24?3
Dari
‘Aisyah, ia berkata, “Menurut sunnah, bahwa orang i‘tikaf itu tidak menjenguk
orang sakit, tidak melayat, tidak menyentuh wanita, tidak mengumpulinya, dan
tidak keluar (dari tempat i’tikaf) untuk sesuatu keperluan, kecuali sesuatu yang
ia harus melakukannya. Dan tidak ada I'tikaf melainkan dengan puasa, dan tidak
ada I'tikaf melainkan di masjid jami'”. [HR.
Abu Dawud juz 2, hal. 333, no. 2473]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا كَانَتْ تُرَجِّلُ النَّبِيَّ ص وَ هِيَ
حَائِضٌ، وَ هُوَ مُعْتَكِفٌ فِى الْمَسْجِدِ. وَ هِيَ فِى حُجْرَتِهَا
يُنَاوِلُهَا رَأْسَهُ. البخارى 2: 260
Dari
‘Aisyah, bahwasanya ia pernah menyisir (rambut) Nabi SAW, padahal ia sedang
haidl, dan Nabi SAW sedang i’tikaf di masjid. Pada waktu itu ‘Aisyah di dalam
kamarnya, dan Nabi SAW menjulurkan kepala beliau ke kamar
‘Aisyah.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 260]
عَنْ عُرْوَةَ وَ عَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْم?نِ اَنَّ عَائِشَةَ رض زَوْجَ النَّبِيِّ ص قَالَتْ: وَ اِنْ كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص لَيُدْخِلُ عَلَيَّ رَأْسَهُ وَ هُوَ فِى الْمَسْجِدِ
فَاُرَجِّلُهُ، وَ كَانَ لَا يَدْخُلُ الْبَيْتَ اِلَّا لِحَاجَةٍ اِذَا كَانَ
مُعْتَكِفًا. البخارى 2: 260
Dari
'Urwah dan 'Amrah binti 'Abdur Rahman, bahwasanya 'Aisyah RA istri Nabi SAW
berkata, "Sungguh, dahulu Rasulullah SAW pernah menjulurkan kepala beliau (ke
kamarku), sedangkan beliau berada di masjid, lalu aku menyisir rambut beliau.
Dan dahulu apabila beri'tikaf, beliau tidak masuk rumah kecuali untuk suatu
keperluan".
[HR. Bukhari juz 2, hal. 260]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar