عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَجُلاً سَاَلَ النَّبِيَّ
ص: اُصَلّى فِى الثَّوْبِ الَّذِى آتِى فِيْهِ اَهْلِى؟ قَالَ: نَعَمْ، اِلاَّ اَنْ
تَرَى فِيْهِ شَيْئًا فَتَغْسِلُهُ. احمد و ابن ماجه
Dari
Jabir bin Samurah, ia berkata : Saya mendengar seorang laki-laki bertanya kepada
Nabi SAW, “Apakah
boleh saya shalat emmakai pakaian yang sudah saya pakai mengumpuli istri saya
?”.
Nabi SAW menjawab, “Ya
boleh, kecuali kalau kamu melihat padanya ada sesuatu (kotoran), maka cucilah
ia.
[HR. Ahmad dan Ibnu Majah]
عَنْ مُعَاوِيَةَ قَالَ: قُلْتُ ِلاُمّ حَبِيْبَةَ، هَلْ كَانَ يُصَلّى
النَّبِيُّ ص فِى الثَّوْبِ الَّذِى يُجَامِعُ فِيْهِ؟ قَالَتْ: نَعَمْ، اِذَا لَمْ
يَكُنْ فِيْهِ اَذًى. الخمسة الا الترمذى
Menggendong
anak kecil ketika shalat.
عَنْ اَبِى قَتَادَةَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص كَانَ يُصَلّى وَ هُوَ
حَامِلٌ اُمَامَةَ بِنْتِ زَيْنَبَ فَاِذَا رَكَعَ وَضَعَهَا، وَ اِذَا قَامَ
حَمَلَهَا. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Abu Qatadah, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW pernah shalat dengan
menggendong Umamah binti Zainab. Maka apabila ruku’,
beliau meletakkannya, dan apabila berdiri, beliau menggendongnya
lagi.
[HR Ahmad, Bukhari dan Muslim]
Keterangan
: Zainab adalah puteri Rasulullah SAW, jadi Umamah tersebut adalah cucu
Rasulullah SAW.
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كُنَّا نُصَلّى مَعَ النَّبِيّ ص
اْلعِشَاءَ، فَاِذَا سَجَدَ وَثَبَ اْلحَسَنُ وَ اْلحُسَيْنُ عَلَى ظَهْرِهِ،
فَاِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اَخَذَهُمَا مِنْ خَلْفِهِ اَخْذًا رَفِيْقًا وَ
يَضَعُهُمَا عَلَى اْلاَرْضِ، فَاِذَا عَادَ عَادَ حَتَّى قَضَى صَلاَتَهُ، ثُمَّ
اقْعَدَ اَحَدُهُمَا عَلَى فَخِذِيْهِ، قَالَ: فَقُمْتُ اِلَيْهِ فَقُلْتُ: يَا
رَسُوْلَ اللهِ اَرُدَّهُمَا؟ فَبَرَقَتْ بَرْقَةٌ، فَقَالَ لَهُمَا: اَلْحِقَا
بِاُمّكُمَا. فَمَكَثَ ضَوْؤُهَا حَتَّى دَخَلاَ. احمد
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Dahulu kami pernah shalat 'isyak bersama Nabi SAW,
apabila beliau sujud Hasan dan Husain melompat pada punggung beliau. Maka
apabila beliau mengangkat kepalanya (dari sujud), beliau ambil keduanya itu dari
belakangnya dengan pelan-pelan, lalu beliau letakkan keduanya di tanah. Dan
apabila beliau kembali (seperti semula), kedua anak itupun kembali lagi.
Begitulah seterusnya hingga beliau menyelesaikan shalatnya. Kemudian salah satu
dari keduanya itu beliau dudukkan di atas kedua paha beliau". Abu Hurairah
berkata, "Kemudian aku berdiri menghadap beliau dan berkata, "Ya Rasulullah,
apakah perlu kuantar kedua anak ini ?". Maka dengan spontan bagaikan kilat yang
bercahaya beliau menyuruh kedua anak itu, "Ikutlah kepada ibumu !". Maka cahaya
kilat itu masih ada sehingga kedua anak itu masuk".
[HR. Ahmad ]
Keterangan
: Hasan dan Husain adalah anak Fathimah, sedangkan Fathimah adalah putri beliau.
Jadi keduanya adalah cucu beliau.
Shalat
di atas kendaraan.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: رَاَيْتُ النَّبِيَّ ص يُصَلّى عَلَى حِمَارٍ
وَ هُوَ مُتَوَجّهٌ اِلىَ خَيْبَرَ. احمد و مسلم و ابو داود
Dari
Ibnu 'Umar, ia berkata, "Aku pernah melihat nabi SAW shalat di atas keledai,
sedang beliau menuju ke Khaibar".
[HR. Ahmad, Muslim, Nasai dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ص يُصَلّى عَلَى حِمَارٍ وَ هُوَ
رَاكِبٌ اِلىَ خَيْبَرَ وَ اْلقِبْلَةُ خَلْفَهُ. النسائى
Dari
Anas, sesungguhnya ia pernah melihat Nabi SAW shalat di atas keledai ketika
beliau pergi ke Khaibar, sedang qiblat berada di belakang
beliau".
[HR. Nasaiy ]
عَنْ عَامِرِ بْنِ رَبِيْعَةَ قَالَ: رَاَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يُصَلّى
عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ بِهِ. متفق عليه. و زاد البخارى: يَوْمِئَ بِرَأْسِهِ وَ لَمْ يَكُنْ يَصْنَعُهُ فِى
اْلمَكْتُوْبَةِ.
Dari
'Amir bin Rabi'ah, ia berkata : Saya pernah melihat Rasulullah SAW, shalat di
atas kendaraannya (menghadap) ke arah kendaraannya itu membawanya". [HR.
Muttafaq 'alaih] Dan Bukhari menambah, ".... beliau SAW berisyarat dengan kepala
beliau. Dan beliau tidak mengerjakan yang demikian itu pada shalat
fardlu".
Keteangan
:
Di
dalam hadits tersebut 'Amir bin Rabi'ah ada berkata, bahwa Rasulullah SAW tidak
mengerjakan seperti yang tersebut di dalam shalat fardlu. Perkataan ini tidak
menunjukkan bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan shalat fardlu di atas
kendaraan dengan menghadap ke mana kendaraannya menghadap dan dengan isyarat
pada ruku' dan sujud, tetapi hanya menunjukkan bahwa sepanjang pengetahuan 'Amir
bin Rabi'ah, Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan yang demikian pada shalat
fardlu.
و لابى داود من حديث انس: وَ كَانَ اِذَا سَافَرَ فَاَرَادَ اَنْ يَتَطَوَّعَ اسْتَقْبَلَ
بِنَاقَتِهِ اْلقِبْلَةَ، فَكََبَّرَ ثُمَّ صَلَّى حَيْثُ كَانَ وَجْهُ
رِكَابِهِ. و اسناده حسن
Dan
bagi Abu Dawud dari haditsnya Anas, "Dan adalah beliau apabila bepergian, lalu
hendak shalat sunnah, beliau menghadap qiblat dengan untanya, lalu takbir.
Kemudian beliau shalat menghadap ke mana wajah kendaraan itu
menghadap".
[HR. Abu Dawud, dan sanadnya hasan]
Tempat-tempat
yang dilarang untuk shalat dan yang diperbolehkan
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: جُعِلَتْ لِيَ اْلاَرْضَ
طَهُوْرًا وَ مَسْجِدًا. فَاَيُّمَا رَجُلٍ اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ
حَيْثُ اَدْرَكَتْهُ. احمد و البخارى و مسلم
Dari
Jabir, ia berkata : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, "Bumi ini dijadikan
untukku sebagai pensuci dan untuk tempat sujud. Maka dari itu siapasaja yang
menjumpai waktu shalat, maka shalatlah di tempat ia
menjumpainya".
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ اَبِى سَعِيْدٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: َاْلاَرْضُ كُلُّهَا
مَسْجِدٌ اِلاَّ اْلمَقْبَرَةَ وَ اْلحَمَّامَ. الخمسة الا النسائى
Dari
Sa'id, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Bumi ini semuanya tempat
bersujud, kecuali quburan dan kamar mandi".
[HR. Khomsah, kecuali Nasaiy]
عَنْ اَبِى مَرْثَدِ اْلغَنَوِيّ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ
تُصَلُّوْا اِلىَ اْلقُبُوْرِ، وَ لاَ تَجْلِسُوْا عَلَيْهَا. الجماعة الا البخارى و ابن ماجه
Dari
Martsad Al-Ghanawiy, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian
shalat menghadap quburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya".
[HR. Jama'ah, kecuali Bukhari dan Ibnu Majah]
عَنْ جُنْدَبِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اْلبَجَلِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ
اللهِ ص قَبْلَ اَنْ يَمُوْتَ بِخَمْسٍ وَ هُوَ يَقُوْلُ: اِنَّ مَنْ قَبْلَكُمْ
كَانُوْا يَتَّخِذُوْنَ قُبُوْرَ اَنْبِيَائِهِمْ وَ صَالِحِيْهِمْ مَسَاجِدَ.
اَلاَ فَلاَ تَتَّخِذُوا اْلقُبُوْرَ مَسَاجِدَ، اِنّى اَنْهَاكُمْ عَنْ
ذٰلِكَ. مسلم
Dari
Jundab bin 'Abdullah
Al-Bajaliy , ia berkata :
Saya mendengar Rasulullah SAW sebelum beliau wafat kurang lima hari, beliau bersaba,
"Sesungguhnya orang-orang sebelum kamu biasa menjadikan qubur Nabi-nabi mereka
dan qubur orang-orang shalih mereka itu sebagai tempat shalat. Maka dari itu,
ingatlah ! janganlah sekali-kali kamu menjadikan qubur-qubur sebagai tempat
shalat. Sesungguhnya aku melarang kalian dari berbuat demikian".
[HR. Muslim]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: صَلُّوْا فِى
مَرَابِضِ اْلغَنَمِ وَ لاَ تُصَلّوْا فِى اَعْطَانِ اْلاِبِلِ. احمد و الترمذى و صححه
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Shalatlah kalian di kandang
kambing, dan janganlah shalat di tempat tambatan unta".
[HR. Ahmad dan Tirmidzi, dan Tirmidzi menshahihkannya]
Mendirikan
masjid di bekas quburan orang kafir
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيّ ص كَانَ يُحِبُّ اَنْ يُصَلّي حَيْثُ
اَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ. وَ يُصَلّى فِى مَرَابِضِ اْلغَنَمِ. وَ اَنَّهُ اَمَرَ
بِبِنَاءِ اْلمَسْجِدِ، فَاَرْسَلَ اِلَى مَـَلإِ مِنْ بَنِى النَّجَّارِ فَقَالَ:
يَا بَنِى النَّجَّارِ، ثَامِنُوْنِى بِحَائِطِكُمْ هٰذَا. قَالُوْا: لاَ، وَ اللهِ
مَا نَطْلُبُ ثَمَنَهُ اِلاَّ اِلىَ اللهِ. فَقَالَ اَنَسٌ: وَ كَانَ فِيْهِ مَا
اَقُوْلُ لَكُمْ. قُبُوْرُ اْلمُشْرِكِيْنَ. وَ فِيْهِ خَرِبٌ وَ فِيْهِ نَخْلٌ.
فَاَمَرَ النَّبِيُّ ص بِقُوُرِ اْلمُشْرِكِيْنَ فَنُبِثَتْ ثُمَّ بِالْخَرِبِ
فَسُوّيَتْ، ثُمَّ بِالنَّخْلِ فَقُطِعَ. فَصَفُّوا النَّخْلَ قِبْلَةَ اْلمَسْجِدِ
وَ جَعَلُوْا عَضَادَتِيْهِ اْلحِجَارَةَ. وَ جَعَلُوْا يَنْقُلُوْنَ الصَّخْرَ (وَ
هُمْ يَرْتَجِزُوْنَ) وَ النَّبِيُّ ص مَعَهُمْ. وَ هُوَ يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ لاَ
خَيْرَ اِلاَّ خَيْرُ اْلآخِرَه، فَاغْفِرْ ِلـْلاَنْصَارِ وَ
اْلمُهَاجِرَه. متفق عليه (مختصر)
Dari
Anas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW senang sekali shalat dimana beliau
mendapatkan (waktu) untuk shalat itu. Dan beliau pernah shalat di kandang
kambing. Dan sesungguhnya beliau menyuruh mendirikan masjid, lalu beliau
menyuruh kepada kepala bani Najjar, dan bersabda, "Hai banu Najjar, juallah
kebunmu ini kepadaku !". Mereka menjawab, "Demi Allah, kami tidak akan meminta
harganya melainkan (kami berikan) kepada Allah". Maka Anas berkata, "Di dalam
kebun itu ada apa yang kami katakan kepada kalian, yaitu qubur orang-oarng
musyrik, ada lubang-lubang dan ada pohon kurmana". Nabi SAW menyuruh membongkar
qubur orang-orang musyrik itu, lalu qubur itu dibongkar, lubang-lubang itu
diratakan dan pohon-pohon kurmanya dipotong. Kemudian shahabat-shahabat mengatur
pohon kurma itu di bagian qiblat masjid, dan mereka membuat dua tiang (pintu)nya
dari batu. Mereka sama memindahkan batu-batu besar sambil bersya'ir, sedang Nabi
SAW bersama mereka, dan beliau pun mengucapkan (yang artinya), "Ya Allah, tiada
kebaikan selain kebaikan akhirat, maka ampunilah shahabat-shahabat Anshar dan
Muhajirin".
[Diringkas dari hadits Ahmad, Bukhari dan Muslim]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar