Khamr tidak boleh dijadikan cuka.
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنِ اْلخَمْرِ يُتَّخَذُ خَلاًّ
فَقَالَ: لاَ. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى و صححه
Dari
Anas, bahwa Nabi SAW ditanya tentang khamr yang dijadikan cuka, lalu beliau
menjawab, "Tidak boleh".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dan ia
menshahihkannya]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ اَبَا طُلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ عَنْ اَيْتَامٍ
وَرِثُوْا خَمْرًا، قَالَ: اَهْرِقْهَا. قَالَ: اَفَلاَ نَجْعَلُهَا خَلاًّ؟ قَالَ:
لاَ. احمد و ابو داود
Dari
Anas, bahwa Abu Thalhah bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa anak yatim
yang mewarisi khamr, beliau SAW menjawab, "Tuangkanlah
!". (Abu Thalhah) bertanya, "Apakah tidak boleh kami jadikan cuka ?". Jawab beliau, "Tidak".
[HR. Ahmad dan Abu Dawud]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ يَتِيْمًا كَانَ فِى حِجْرِ اَبِى طَلْحَةَ
فَاشْتَرَى لَهُ خَمْرًا. فَلَمَّا حُرِّمَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ ص: اَتُتَّخَذُ
خَلاً؟ قَالَ: لاَ. احمد و الدارقطنى
Dari
Anas bahwa seorang anak yatim berada (dalam asuhan) Abu Thalhah, lalu ia (Abu Thalhah) membelikan khamr untuknya. Ketika khamr
telah diharamkan, Nabi SAW ditanya, "Bolehkah khamr itu dijadikan cuka ?". Nabi SAW menjawab, "Tidak".
[HR. Ahmad, dan Daruquthni]
7. Boleh minum perasan kurma atau anggur selama
tidak menjadi khamr (belum rusak).
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى
سَقَاءٍ فَنَأْخُذُ قَبْضَةً مِنْ تَمْرٍ وَ قَبْضَةً مِنْ زَبِيْبٍ
فَنَطْرَحُهُمَا، ثُمَّ نَصُبُّ عَلَيْهِ
اْلمَاءَ فَنَنْبُذُهُ غُدْوَةَ فَيَشْرَبُهُ عَشِيَّةً وَ نَنْبُذُهُ
عَشِيَّةً فَيَشْرَبُهُ غُدْوَةً. ابن ماجه
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami pernah membuatkan minuman
Rasulullah SAW dalam suatu wadah, kami mengambil segenggam kurma dan segenggam
anggur lalu kami tuangkan air. Kami membuatnya pada pagi hari
kemudian diminum pada sore hari dan (jika) kami membuatnya pada sore hari lalu
diminum pada pagi hari.
[HR. Ibnu Majah]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كُنَّا نَنْبُذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص سَقَاءٍ
يُوْكَى اَعْلاَهُ وَ لَهُ عَزْلاَءُ نَنْبُذُهُ غُذْوَةً فَيَشْرَبُهُ عَشِيًّا وَ
نَنْبُذُهُ عَشِيًّا فَيَشْرَبُهُ غُذْوَةً. احمد و مسلم و ابو داود و الترمذى
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Kami (biasa) membuat minuman
untuk Rasulullah SAW di wadah (minuman) yang tertutup (bagian) atasnya dan
mempunyai pelepas (untuk membuka). Kami membuatnya di pagi
hari lalu beliau (Nabi SAW) meminumnya di sore hari dan (jika) kami membuat di
sore hari maka (Nabi SAW) meminumnya di pagi hari".
[HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْبَذُ لَهُ
اَوَّلَ اللَّيْلِ فَيَشْرَبُهُ اِذَا اَصْبَحَ يَوْمَهُ ذلِكَ وَ اللَّيْلَةَ
الَّتِى تَجِيْءُ وَ اْلغَدَ وَ اللَّيْلَةَ اْلاُخْرَى وَ اْلغَدَ اِلَى
اْلعَصْرِ، فَاِذَا بَقِيَ شَيْءٌ سَقَاهُ اْلخَدَّامَ اَوْ اَمَرَ بِهِ
فَصَبَّ. احمد و مسلم
Dari
Ibnu 'Abbas RA, ia berkata, "Adalah Rasulullah SAW
dibuatkan minuman pada malam (hari yang) pertama, lalu beliau meminumnya ketika
pagi harinya, dan malam berikutnya dan pagi harinya (hari kedua), dan malam
berikutnya lagi serta pagi harinya sampai waktu 'ashar (hari ketiga). Lalu apabila masih ada sisanya diberikan kepada pelayan atau beliau
menyuruh (membuangnya), lalu dibuang".
[HR. Ahmad dan Muslim]
و فى رواية: كَانَ يُنْقَعُ لَهُ اْلزَبِيْبُ فَيَشْرَبُهُ اْليَوْمَ وَ
اْلغَدَ وَ بَعْدَ اْلغَدِ اِلَى مَسَاءِ الثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَأْمُرُ بِهِ
فَيُسْقَى اْلخَادِمَ اَوْ يُهْرَاقُ. احمد و مسلم و ابو داود
Dan
dalam lafadh lain dikatakan, "Suatu ketika dipersiapkan untuk (Rasulullah SAW
minuman) anggur, lalu beliau meminumnya hari itu, esok paginya dan lusa, sampai
sore hari ketiga, kemudian beliau menyuruh diberikan kepada pelayan atau
dibuang".
[HR. Ahmad, Muslim dan Abu Dawud]
و فى رواية: كَانَ يُنْبَذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ
ذلِكَ وَ اْلغَدَ وَ اْليَوْمَ الثَّالِثَ، فَاِنْ بَقِيَ شَيْءٌ مِنْهُ
اَهْرَاقَهُ، اَوْ اَمَرَ بِهِ فَاُهْرِيْقَ. النسائى و ابن ماجه
Dan
dalam riwayat lain dikatakan, "Adalah (biasa) Rasulullah SAW dibuatkan minuman,
lalu beliau meminumnya pada hari itu, pada esok paginya, dan hari
ketiganya.
Kalau (masih) ada sisa, beliau membuangnya atau menyuruh untuk
membuangnya, lalu dibuang".
[HR. Nasai dan Ibnu Majah]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar