6/10/2018

SHALAT 'IED

SHALAT 'IED

Adab Mengerjakan Shalat 'Ied dan Sunnah-sunnahnya.
1. Mandi Dahulu
قَالَ النَّبِيُّ ص يَا مَعْشَرَ اْلمُسْلِمِيْنَ اِنَّ هذَا [يَوُمَ اْلجُمُعَةِ] يَوْمٌ جَعَلَهُ اللهُ تَعَالىَ عِيْدًا فَاغْسِلُوْا. مالك.
Bersabda Nabi SAW : "Hai kaum muslimin, hari (Jum'ah) ini  adalah satu hari yang Allah jadikan hari raya. Karena itu hendaklah kamu mandi". [HR. Malik].
Keterangan :
Menurut hadits itu, haru Jum'ah dipandang sebagai hari raya dan kita disuruh mandi padanya. Dengan demikian dapat difaham, bahwa mandi pada hari raya adalah lebih utama.

2. Berpakaian Dengan Pakaian Yang Baik, Bila Ada
رُوِيَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَلْبَسُ بُرْدَ حِبَرَةٍ فِى كُلّ عِيْدٍ. الشافعى.
Diriwayatkan bahwasanya Nabi SAW biasa memakai kain buatan Yaman pada tiap-tiap hari raya. [HR. Syafi'i dalam Nailul Authar].
3. Makan Sebelum Berangkat
قَالَ بُرَيْدَةَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ يَغْدُوْ يَوْمَ اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ اْلاَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ. الدارقطنى وابن ماجه والترمذى
Telah berkata Buraidah : "Biasanya Rasulullah SAW tidak pergi Shalat Hari Raya 'Iedul Fithri melainkan sesudah makan. Dan pada Hari Raya 'Iedul Adha beliau tidak makan kecuali sesudah kembali dari shalat". [HR. Daruquthni, Ibnu Majah dan Tirmidzi dalam Nailul Authar].
4. Mengambil Dua Jalan
قَالَ اَبُوْ هُرُيْرَةَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا خَرَجَ اِلىَ اْلعِيْدِ يَرْجِعُ فِى غَيْرِ الطَّرِيْقِ الَّذِي خَرَجَ فِيْهِ. احمد و مسـلم والترمذىفى نيل الاوطار.
Telah berkata Abu Hurairah ; "Biasanya Nabi SAW apabila keluar untuk Shalat Hari Raya, beliau kembali dengan mengambil jalan lain dari yang telah dilalui waktu pergi". [HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi dalam Nailul Authar].
5. Waktu dan Tempat Takbir Hari Raya
قَالَ الزُّهْرِيُّ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَخْرُجُ يَوْمَ اْلفِطْرِ فَيُكَبّرُ مِنْ حِيْنِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ حَتَّى يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى. ابو بكر مرسل فى نيل الاوطار.
Telah berkata Zuhri : "Bahwasanya Nabi SAW keluar untuk shalat Hari Raya 'Iedul Fithri dengan takbir mulai dari rumahnya hingga tiba di tempat shalat". [HR. Abu Bakar, mursal dalam Nailul Authar].
قَالَ ابْنُ عُمَرَ. اِنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَرْفَعُ صَوْتَهُ بِالتَّكْبِيْرِ وَالتَّهْلِيْلِ حِيْنَ خُرُوْجِهِ اِلىَ اْلعِيْدِ يَوْمَ اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى. البيهقى والحاكم فى نيل الاوطار. ضعيف موقوف.
Telah berkata Ibnu Umar : "Bahwasanya Nabi SAW biasa bertakbir dan bertahlil dengan suara keras ketika keluar pergi shalat Hari Raya 'Iedul Fithri hingga tiba di tempat shalat". [HR. Baihaqi dan Hakim. Dlaif, mauquf dalam Nailul Authar].
قَالَ النَّبِيُّ ص زَيّنُوْا اَعْيَادَكُمْ بِالتَّكْبِيْرِ. الطبرانى غريب فى نيل الاوطار.
Nabi SAW bersabda : "Hiasilah Hari Raya - Hari Raya kamu dengan takbir". [HR. Thabrani. Gharib, dalam Nailul Authar].
Waktu dan Tempat Bertakbir Hari Raya Menurut Hadits yang Shahih
قَالَتْ اُمُّ عَطِيَّةَ: اَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِى اْلفِطْرِ وَاْلاَضْحَى اْلعَوَاتِقَ وَاْلحُيَّضُ وَذَوَاتِ اْلخُدُوْرِ فَاَمَّا اْلحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ. مسـلم.
Telah berkata Ummu 'Athiyah : "Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami untuk membawa keluar anak-anak perempuan yang hampir baligh, perempuan-perempuan yang haidh dan anak-anak perempuan yang masih gadis, pada Hari Raya 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha. Adapun wanita-wanita yang haidh itu mereka tidak shalat". [HSR. Muslim].
وَلِلْبُخَارِيّ قَالَتْ اُمُّ عَطِيَّةَ: كُنَّا نُؤْمَرُ اَنْ نُخْرِجَ اْلحُيَّضَ فَيُكَبّرْنَ بِتَكْبِيْرِهِمْ. فى نيل الاوطار.
Dan bagi Imam Bukhari, Ummu 'Athiyah berkata : "Kita diperintahkan supaya membawa keluar wanita-wanita yang haidh lalu bertakbir bersama-sama dengan orang banyak". [Dalam Nailul Authar].
Dari hadits shahih diatas dapat kita fahami bahwa takbir Hari Raya itu dilaksanakan pada waktu tiba di tempat shalat sampai berdirinya shalat.
6. Waktu Shalat Hari Raya
قَالَ جُنْدَبٌ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى بِنَا يَوْمَ اْلفِطْرِ وَالشَّمْسُ عَلَى قَيْدِ رُمْحَيْنٍ وَاْلاَضْحَى عَلَى قَيْدِ رُمْحٍ. احمد بن حسن فى نيل الاوطار.
Telah berkata Jundab : "Adalah Nabi SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri bersama kami di waktu matahari tingginya sekadar dua batang tombak dan beliau shalat Hari Raya 'Iedul Adha diwaktu matahari tingginya sekadar satu batang tombak". [HR. Ahmad bin Hasan dalam Nailul Authar].
Keterangan :
Menurut riwayat diatas, waktu shalat Hari Raya 'Iedul Adha itu lebih pagi daripada waktu shalat Hari Raya 'Iedul Fithri.
7. Shalat Sebelum Khutbah
قَالَ ابْنُ عُمَرَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَاَبُوْ بَكْرٍ وَعُمَرُ  يُصَلُّوْنَ اْلعِيْدَيْنِ قَبْلَ اْلخُطْبَةِ. البخارى.
Telah berkata Ibnu Umar : "Biasanya Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar shalat dua Hari Raya sebelum khutbah". [HR. Bukhari].
Maksudnya, Rasulullah SAW dan shahabat-shahabatnya mengerjakan shalat 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha sebelum khutbah.
8. Shalat Hari Raya Tanpa Adzan dan Iqomah
قَالَ جَابِرُ بْنُ سَمُرَةَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص الْعِيْدَ غَبْرَ مَرَّةٍ وَلاَ مَرَّتَيْنِ بِغَيْرِ اَذَانٍ وَلاَ اِقَامَةٍ. مسـلم.
Telah berkata Jabir bin Samurah : "Bukan sekali atau dua kali saya shalat Hari Raya bersama Rasulullah SAW dengan tanpa adzan dan iqamah". [HSR. Muslim].
Maksud dari riwayat diatas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri dan Hari Raya 'Iedul Adha tanpa adzan dan iqamah.
9. Hari Raya Pada Hari Jum'ah
قَالَ النَّبِيُّ ص اِجْتَمَعَ فِى يَوْمِكُمْ هذَا عِيْدَانِ. فَمَنْ شَاءَ اَجْزَأَهُ مِنَ اْلجُمُعَةِ وَاِنَّا مُجَمّعُوْنَ. ابو داود وابن ماجه.
Nabi SAW bersabda : "Telah terhimpun pada hari ini dua hari raya (Hari Raya dan Jum'ah). Maka barangsiapa mau, cukuplah shalat ini buat dia, tidak perlu lagi shalat Jum'ah, tetapi kami akan dirikan lagi Jum'ah". [HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah].
10. Shalat dan Khutbah di Tanah Lapang
رُوِيَ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ: اَنَّهُمْ اَصَابَهُمْ مَطَرٌ فِى يَوْمِ عِيْدٍ فَصَلَّى بِهِمُ النَّبِيُّ ص صَلاَةَ اْلعِيْدِ فِى اْلمَسْجِدِ. ابو داود.
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwasanya pada suatu Hari Raya mereka telah kehujanan, maka Nabi SAW mengerjakan shalat Hari Raya bersama mereka di masjid. [HR. Abu Dawud].
Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, menurut derajatnya hadits ini layyin (lemah).
Menurut kebiasaan memang Nabi SAW mengerjakan shalat dan khutbah Hari Raya di tanah lapang. Nabi SAW mengerjakan itu semata-mata tidak menunjukkan wajib. Sesuatu perbuatan bisa menunjukkan kepada hukum wajib jika disertai dengan perintah.
Kebanyakan ulama memandang bahwa Nabi SAW mengerjakan yang demikian itu bukan karena tidak sah dikerjakan di masjid, tetapi karena tak cukup tempat di masjid, sebab pada waktu itu orang-orang yang berkumpul pada Hari Raya lebih banyak dari pada hari-hari yang lain.
Dari seluruh pembicaraan tersebut, nyatalah bahwa shalat Hari Raya di masjid itu tidak terlarang, teristimewa jika turun hujan atau lain-lain halangan. Oleh karena itu perkataan Abu Hurairah tadi walaupun lemah riwayatnya tetapi sah artinya. Perlu dijelaskan bahwa Rasulullah SAW biasa shalat di tanah lapang itu diambil dari perkataan mushalla yang artinya sebagai berikut :
اَلْمُصَلَّى مَوْضِعٌ بِبَابِ اْلمَدِيْنَةِ الشَّرْقِيّ. فقه السنة.
Mushalla itu adalah suatu tempat di pintu gerbang Madinah sebelah timur. [Fiqhus Sunnah].
اَلْمُصَلَّى مَوْضِعٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ اْلمَسْجِدِ اَلْفَ ذِرَاعٍ.  فقه السنة.
Mushalla itu tempatnya sejauh 1.000 hasta dari masjid Madinah. [Fiqhus Sunnah].
Jadi jelaslah bahwa Rasulullah SAW jika shalat Hari Raya itu di tanah lapang.
11. Takbir Dalam Shalat Pada Dua Hari Raya
Takbir shalat pada dua Hari Raya (Hari Raya 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha), dilaksanakan dengan 7 kali pada rekaat pertama, dan 5 kali pada rekaat yangkedua sebelum membaca Al-Fatihah.
Hal demikian sesuai dengan sabda Nabi SAW maupun perbuatan para shahabat. Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari 'Aisyah, Sabda Nabi SAW :
اَلتَّكْبِيْرُ فِى اْلفِطْرِ سَبْعٌ فِىاْلاُوْلىَ وَخَمْسٌ فِى اْلاخِرَةِ وَاْلقِرَاءَةُ بَيْنَهُمَا كِلْتَيْهِمَا. ابو داود عن عائشة.
"Takbir pada (shalat) 'Iedul Fithri 7 kali di rekaat pertama dan 5 kali di rekaat yang akhir (kedua) dan ada bacaan sesudah kedua-duanya itu". [HR. Abu Dawud].
Tentang atsar (perbuatan) para shahabat, diriwayatkan :
عَنْ نَافِعٍ مَوْلىَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمَرَ اَنَّهُ قَالَ: شَهِدْتُ اْلاَضْحَى وَاْلفِطْرَ مَعَ اَبِى هُرَيْرَةَ فَكَبَّرَ فِى الرَّكْعَةِ اْلاُوْلىَ سَبْعُ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ اْلقِرَاءَةِ وَفِى اْلاَخِرَةِ خَمْسُ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ اْلقِرَاءَةِ. مالك.
Dari Nafi', maula Abdullah bin Umar, bahwa dia berkata : "Aku pernah menyaksikan 'Iedul Adha dan 'Iedul Fithri  bersama Abu Hurairah. Maka ia bertakbir di rekaat pertama 7 takbir sebelum membaca, dan di rekaat kedua 5 takbir sebelum membaca". [HR. Malik].
عَنْ عَطَاءٍ قَالَ: كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ يُكَبّرُ فِى اْلعِيْدَيْنِ ثِنْتَى عَشْرَةَ تَكْبِيْرَةً. سَبْعٌ فِى اْلاَوْلىَ وَخَمْسٌ فِى اْلاخِرَةِ. البيهقى.
Dari 'Atha, ia berkata : "Adalah Ibnu Abbas bertakbir di dua Hari Raya 12 takbir, yaitu 7 di rekaat pertama dan  5 di rekaat yang kedua". [HR. Baihaqi].
12. Bacaan Takbir Hari Raya
Bacaan takbir pada Hari Raya yang bersumber dari shahabat Umar dan Ibnu Mas'ud adalah :
الله اكبر الله اكبر. لا اله الا الله والله اكبر. الله الكبر و لله الحمد.
[Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha illaallaahu wallaahu Akbar. Allaahu Akbar wa lillaahil-hamdu].
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah, dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan kepunyaan Allah lah segala pujian. [Riwayat dari Umar dan Ibnu Mas'ud].
13. Ucapan Pada Hari Raya
Para shahabat Nabi SAW jika bertemu diantara mereka pada Hari Raya, mereka mengucapkan :
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ.
Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu.
Jubair bin Nufair meriwayatkan :
كَانَ اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص اِذَا تَلَقَّوْا يَوْمَ اْلعِيْدِ يَقُوْلُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ. تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ. جبير بن نفير.
Para shahabat Rasulullah SAW jika bertemu satu dengan yang lain pada Hari Raya saling mengucapkan :
 تقبل الله منا و منكم.

[Taqabbalallaahu minnaa wa minkum]. Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu. [HR. Jubair bin Nufair].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang kehidupan Dunia

  TENTANG DUNIA فعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ اللهِ جَنَاحَ بَعُوْضَةٍ ...