SHALAT
'IED
Adab
Mengerjakan Shalat 'Ied dan Sunnah-sunnahnya.
1.
Mandi Dahulu
قَالَ النَّبِيُّ ص يَا مَعْشَرَ اْلمُسْلِمِيْنَ اِنَّ هذَا [يَوُمَ
اْلجُمُعَةِ] يَوْمٌ جَعَلَهُ اللهُ تَعَالىَ عِيْدًا فَاغْسِلُوْا.
مالك.
Bersabda
Nabi SAW : "Hai kaum muslimin, hari (Jum'ah) ini adalah satu hari yang Allah jadikan hari
raya. Karena itu hendaklah kamu mandi". [HR. Malik].
Keterangan
:
Menurut
hadits itu, haru Jum'ah dipandang sebagai hari raya dan kita disuruh mandi
padanya. Dengan demikian dapat difaham, bahwa mandi pada hari raya adalah lebih
utama.
2.
Berpakaian Dengan Pakaian Yang Baik, Bila Ada
رُوِيَ اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَلْبَسُ بُرْدَ حِبَرَةٍ فِى كُلّ
عِيْدٍ. الشافعى.
Diriwayatkan
bahwasanya Nabi SAW biasa memakai kain buatan Yaman pada tiap-tiap hari raya.
[HR. Syafi'i dalam Nailul Authar].
3. Makan Sebelum Berangkat
قَالَ بُرَيْدَةَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص لاَ يَغْدُوْ يَوْمَ
اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ وَلاَ يَأْكُلُ يَوْمَ اْلاَضْحَى حَتَّى يَرْجِعَ.
الدارقطنى وابن ماجه والترمذى
Telah
berkata Buraidah : "Biasanya Rasulullah SAW tidak pergi Shalat Hari Raya 'Iedul
Fithri melainkan sesudah makan. Dan pada Hari Raya 'Iedul Adha beliau tidak
makan kecuali sesudah kembali dari shalat". [HR. Daruquthni, Ibnu Majah dan
Tirmidzi dalam Nailul Authar].
4. Mengambil Dua Jalan
قَالَ اَبُوْ هُرُيْرَةَ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا خَرَجَ اِلىَ
اْلعِيْدِ يَرْجِعُ فِى غَيْرِ الطَّرِيْقِ الَّذِي خَرَجَ فِيْهِ. احمد و مسـلم
والترمذىفى نيل الاوطار.
Telah
berkata Abu Hurairah ; "Biasanya Nabi SAW apabila keluar untuk Shalat Hari Raya,
beliau kembali dengan mengambil jalan lain dari yang telah dilalui waktu pergi".
[HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi dalam Nailul Authar].
5. Waktu dan Tempat Takbir Hari Raya
قَالَ الزُّهْرِيُّ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَخْرُجُ يَوْمَ اْلفِطْرِ
فَيُكَبّرُ مِنْ حِيْنِ يَخْرُجُ مِنْ بَيْتِهِ حَتَّى يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى. ابو
بكر مرسل فى نيل الاوطار.
Telah
berkata Zuhri : "Bahwasanya Nabi SAW keluar untuk shalat Hari Raya 'Iedul Fithri
dengan takbir mulai dari rumahnya hingga tiba di tempat shalat". [HR. Abu Bakar,
mursal dalam Nailul Authar].
قَالَ ابْنُ عُمَرَ. اِنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَرْفَعُ صَوْتَهُ
بِالتَّكْبِيْرِ وَالتَّهْلِيْلِ حِيْنَ خُرُوْجِهِ اِلىَ اْلعِيْدِ يَوْمَ
اْلفِطْرِ حَتَّى يَأْتِيَ اْلمُصَلَّى. البيهقى والحاكم فى نيل الاوطار. ضعيف
موقوف.
Telah
berkata Ibnu Umar : "Bahwasanya Nabi SAW biasa bertakbir dan bertahlil dengan
suara keras ketika keluar pergi shalat Hari Raya 'Iedul Fithri hingga tiba di
tempat shalat". [HR. Baihaqi dan Hakim. Dlaif, mauquf dalam Nailul
Authar].
قَالَ النَّبِيُّ ص زَيّنُوْا اَعْيَادَكُمْ بِالتَّكْبِيْرِ. الطبرانى
غريب فى نيل الاوطار.
Nabi
SAW bersabda : "Hiasilah Hari Raya - Hari Raya kamu dengan takbir". [HR.
Thabrani. Gharib, dalam Nailul Authar].
Waktu
dan Tempat Bertakbir Hari Raya Menurut Hadits yang
Shahih
قَالَتْ اُمُّ عَطِيَّةَ: اَمَرَ رَسُوْلُ اللهِ ص اَنْ نُخْرِجَهُنَّ
فِى اْلفِطْرِ وَاْلاَضْحَى اْلعَوَاتِقَ وَاْلحُيَّضُ وَذَوَاتِ اْلخُدُوْرِ
فَاَمَّا اْلحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ. مسـلم.
Telah
berkata Ummu 'Athiyah : "Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami untuk membawa
keluar anak-anak perempuan yang hampir baligh, perempuan-perempuan yang haidh
dan anak-anak perempuan yang masih gadis, pada Hari Raya 'Iedul Fithri dan
'Iedul Adha. Adapun wanita-wanita yang haidh itu mereka tidak shalat". [HSR.
Muslim].
وَلِلْبُخَارِيّ قَالَتْ اُمُّ عَطِيَّةَ: كُنَّا نُؤْمَرُ اَنْ
نُخْرِجَ اْلحُيَّضَ فَيُكَبّرْنَ بِتَكْبِيْرِهِمْ. فى نيل الاوطار.
Dan
bagi Imam Bukhari, Ummu 'Athiyah berkata : "Kita diperintahkan supaya membawa
keluar wanita-wanita yang haidh lalu bertakbir bersama-sama dengan orang
banyak". [Dalam Nailul Authar].
Dari
hadits shahih diatas dapat kita fahami bahwa takbir Hari Raya itu dilaksanakan
pada waktu tiba di tempat shalat sampai berdirinya shalat.
6.
Waktu Shalat Hari Raya
قَالَ جُنْدَبٌ: كَانَ النَّبِيُّ ص يُصَلّى بِنَا يَوْمَ اْلفِطْرِ
وَالشَّمْسُ عَلَى قَيْدِ رُمْحَيْنٍ وَاْلاَضْحَى عَلَى قَيْدِ رُمْحٍ. احمد بن
حسن فى نيل الاوطار.
Telah
berkata Jundab : "Adalah Nabi SAW shalat Hari Raya 'Iedul Fithri bersama kami di
waktu matahari tingginya sekadar dua batang tombak dan beliau shalat Hari Raya
'Iedul Adha diwaktu matahari tingginya sekadar satu batang tombak". [HR. Ahmad
bin Hasan dalam Nailul Authar].
Keterangan
:
Menurut
riwayat diatas, waktu shalat Hari Raya 'Iedul Adha itu lebih pagi daripada waktu
shalat Hari Raya 'Iedul Fithri.
7.
Shalat Sebelum Khutbah
قَالَ ابْنُ عُمَرَ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص وَاَبُوْ بَكْرٍ
وَعُمَرُ يُصَلُّوْنَ اْلعِيْدَيْنِ
قَبْلَ اْلخُطْبَةِ. البخارى.
Telah
berkata Ibnu Umar : "Biasanya Rasulullah SAW, Abu Bakar dan Umar shalat dua Hari
Raya sebelum khutbah". [HR. Bukhari].
Maksudnya,
Rasulullah SAW dan shahabat-shahabatnya mengerjakan shalat 'Iedul Fithri dan
'Iedul Adha sebelum khutbah.
8.
Shalat Hari Raya Tanpa Adzan dan Iqomah
قَالَ جَابِرُ بْنُ سَمُرَةَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيّ ص الْعِيْدَ
غَبْرَ مَرَّةٍ وَلاَ مَرَّتَيْنِ بِغَيْرِ اَذَانٍ وَلاَ اِقَامَةٍ.
مسـلم.
Telah
berkata Jabir bin Samurah : "Bukan sekali atau dua kali saya shalat Hari Raya
bersama Rasulullah SAW dengan tanpa adzan dan iqamah". [HSR.
Muslim].
Maksud
dari riwayat diatas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW shalat Hari Raya 'Iedul
Fithri dan Hari Raya 'Iedul Adha tanpa adzan dan iqamah.
9.
Hari Raya Pada Hari Jum'ah
قَالَ النَّبِيُّ ص اِجْتَمَعَ فِى يَوْمِكُمْ هذَا عِيْدَانِ. فَمَنْ
شَاءَ اَجْزَأَهُ مِنَ اْلجُمُعَةِ وَاِنَّا مُجَمّعُوْنَ. ابو داود وابن
ماجه.
Nabi
SAW bersabda : "Telah terhimpun pada hari ini dua hari raya (Hari Raya dan
Jum'ah). Maka barangsiapa mau, cukuplah shalat ini buat dia, tidak perlu lagi
shalat Jum'ah, tetapi kami akan dirikan lagi Jum'ah". [HR. Abu Dawud dan Ibnu
Majah].
10. Shalat dan Khutbah di Tanah Lapang
رُوِيَ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ: اَنَّهُمْ اَصَابَهُمْ مَطَرٌ فِى يَوْمِ
عِيْدٍ فَصَلَّى بِهِمُ النَّبِيُّ ص صَلاَةَ اْلعِيْدِ فِى اْلمَسْجِدِ. ابو
داود.
Diriwayatkan
dari Abu Hurairah bahwasanya pada suatu Hari Raya mereka telah kehujanan, maka
Nabi SAW mengerjakan shalat Hari Raya bersama mereka di masjid. [HR. Abu
Dawud].
Hadits
ini diriwayatkan oleh Abu Dawud, menurut derajatnya hadits ini layyin
(lemah).
Menurut
kebiasaan memang Nabi SAW mengerjakan shalat dan khutbah Hari Raya di
tanah lapang. Nabi SAW mengerjakan itu semata-mata tidak menunjukkan wajib.
Sesuatu perbuatan bisa menunjukkan kepada hukum wajib jika disertai dengan
perintah.
Kebanyakan
ulama memandang bahwa Nabi SAW mengerjakan yang demikian itu bukan karena tidak
sah dikerjakan di masjid, tetapi karena tak cukup tempat di masjid, sebab pada
waktu itu orang-orang yang berkumpul pada Hari Raya lebih banyak dari pada
hari-hari yang lain.
Dari
seluruh pembicaraan tersebut, nyatalah bahwa shalat Hari Raya di masjid itu
tidak terlarang, teristimewa jika turun hujan atau lain-lain halangan. Oleh
karena itu perkataan Abu Hurairah tadi walaupun lemah riwayatnya tetapi sah
artinya. Perlu dijelaskan bahwa Rasulullah SAW biasa shalat di tanah lapang itu
diambil dari perkataan mushalla yang artinya sebagai berikut
:
اَلْمُصَلَّى مَوْضِعٌ بِبَابِ اْلمَدِيْنَةِ الشَّرْقِيّ. فقه
السنة.
Mushalla
itu adalah suatu tempat di pintu gerbang Madinah sebelah timur. [Fiqhus
Sunnah].
اَلْمُصَلَّى مَوْضِعٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ اْلمَسْجِدِ اَلْفَ
ذِرَاعٍ. فقه السنة.
Mushalla
itu tempatnya sejauh 1.000 hasta dari masjid Madinah. [Fiqhus
Sunnah].
Jadi
jelaslah bahwa Rasulullah SAW jika shalat Hari Raya itu di tanah
lapang.
11.
Takbir Dalam Shalat Pada Dua Hari Raya
Takbir
shalat pada dua Hari Raya (Hari Raya 'Iedul Fithri dan 'Iedul Adha),
dilaksanakan dengan 7 kali pada rekaat pertama, dan 5 kali pada rekaat yangkedua
sebelum membaca Al-Fatihah.
Hal
demikian sesuai dengan sabda Nabi SAW maupun perbuatan para shahabat.
Diriwayatkan oleh Abu Dawud dari 'Aisyah, Sabda Nabi SAW :
اَلتَّكْبِيْرُ فِى اْلفِطْرِ سَبْعٌ فِىاْلاُوْلىَ وَخَمْسٌ فِى
اْلاخِرَةِ وَاْلقِرَاءَةُ بَيْنَهُمَا كِلْتَيْهِمَا. ابو داود عن
عائشة.
"Takbir
pada (shalat) 'Iedul Fithri 7 kali di rekaat pertama dan 5 kali di rekaat yang
akhir (kedua) dan ada bacaan sesudah kedua-duanya itu". [HR. Abu
Dawud].
Tentang
atsar (perbuatan) para shahabat, diriwayatkan :
عَنْ نَافِعٍ مَوْلىَ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمَرَ اَنَّهُ قَالَ: شَهِدْتُ
اْلاَضْحَى وَاْلفِطْرَ مَعَ اَبِى هُرَيْرَةَ فَكَبَّرَ فِى الرَّكْعَةِ
اْلاُوْلىَ سَبْعُ تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ اْلقِرَاءَةِ وَفِى اْلاَخِرَةِ خَمْسُ
تَكْبِيْرَاتٍ قَبْلَ اْلقِرَاءَةِ. مالك.
Dari
Nafi', maula Abdullah bin Umar, bahwa dia berkata : "Aku pernah menyaksikan
'Iedul Adha dan 'Iedul Fithri bersama
Abu Hurairah. Maka ia bertakbir di rekaat pertama 7 takbir sebelum membaca, dan
di rekaat kedua 5 takbir sebelum membaca". [HR. Malik].
عَنْ عَطَاءٍ قَالَ: كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ يُكَبّرُ فِى اْلعِيْدَيْنِ
ثِنْتَى عَشْرَةَ تَكْبِيْرَةً. سَبْعٌ فِى اْلاَوْلىَ وَخَمْسٌ فِى اْلاخِرَةِ.
البيهقى.
Dari
'Atha, ia berkata : "Adalah Ibnu Abbas bertakbir di dua Hari Raya 12 takbir,
yaitu 7 di rekaat pertama dan 5 di
rekaat yang kedua". [HR. Baihaqi].
12. Bacaan Takbir Hari Raya
Bacaan
takbir pada Hari Raya yang bersumber dari shahabat Umar dan Ibnu Mas'ud adalah
:
الله اكبر الله اكبر. لا اله الا الله والله اكبر. الله الكبر و لله
الحمد.
[Allaahu
Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha illaallaahu wallaahu Akbar. Allaahu Akbar wa
lillaahil-hamdu].
Allah
Maha Besar, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan (yang sebenarnya) melainkan Allah,
dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan kepunyaan Allah lah segala pujian.
[Riwayat dari Umar dan Ibnu Mas'ud].
13.
Ucapan Pada Hari Raya
Para
shahabat Nabi SAW jika bertemu diantara mereka pada Hari Raya, mereka
mengucapkan :
تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ.
Semoga
Allah menerima amalan kami dan amalan kamu.
Jubair
bin Nufair meriwayatkan :
كَانَ اَصْحَابُ رَسُوْلِ اللهِ ص اِذَا تَلَقَّوْا يَوْمَ اْلعِيْدِ
يَقُوْلُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ. تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ. جبير بن
نفير.
Para
shahabat Rasulullah SAW jika bertemu satu dengan yang lain pada Hari Raya saling
mengucapkan :
تقبل الله منا و
منكم.
[Taqabbalallaahu
minnaa wa minkum]. Semoga Allah menerima amalan kami dan amalan kamu. [HR.
Jubair bin Nufair].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar