28-01-2013
عَنِ ابْنِ عُمَرَ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ
خَمْرٌ، وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1587، رقم: 74
Dari
Ibnu 'Umar, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Setiap (minuman) yang
memabukkan itu khamr, dan setiap (minuman) yang memabukkan itu
haram".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1587]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: وَ لاَ اَعْلَمُهُ اِلاَّ عَنِ النَّبِيّ ص
قَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1588
Dari
Ibnu ‘Umar,
ia berkata : Dan aku tidak mengetahuinya melainkan dari Nabi SAW, beliau
bersabda, "Setiap (minuman) yang memabukkan itu khamr, dan setiap khamr itu
haram".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1588]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: كُلُّ مُخَمّرٍ خَمْرٌ وَ
كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. ابو داود 3: 327، رقم: 3680
Dari Ibnu 'Abbas, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Setiap
minuman yang menutupi (akal) adalah khamr, dan setiap minuman yang memabukkan
adalah haram". [HR. Abu Dawud juz 3, hal. 327, no. 3680]
عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص
يَقُوْلُ: اِنَّ اْلخَمْرَ مِنَ الْعَصِيْرِ وَ الزَّبِيْبِ وَ التَّمْرِ وَ
اْلحِنْطَةِ وَ الشَّعِيْرِ وَ الذُّرَةِ وَ اِنّىْ اَنْهَاكُمْ عَنْ كُلّ
مُسْكِرٍ. ابو داود 3: 326، رقم: 3677
Dari
Nu’man
bin Basyir, ia berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda,
“Sesungguhnya
khamr itu terbuat dari perasan (anggur), anggur kering, kurma (kering), gandum
yang baik, gandum biasa dan dari biji-bijian, dan sesungguhnya aku melarang
kalian dari setiap yang memabukkan”.
[HR.
Abu Dawud juz 3, hal. 326, no. 3677]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: َاْلخَمْرُ مِنْ
هَاتَيْنِ الشَّجَرَتَيْنِ: النَّخْلَةِ وَ اْلعِنَبَةِ. مسلم 3: 1573، رقم: 13
Dari
Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Khamr itu (dibuat) dari dua
pohon ini : kurma dan anggur".
[HR. Muslim juz 3, hal. 1573, no. 13]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: حُرّمَتْ عَلَيْنَا اْلخَمْرُ حَيْثُ حُرّمَتْ وَ
مَا نَجِدُ يَعْنِى بِاْلمَدِيْنَةِ خَمْرَ اْلاَعْنَابِ اِلاَّ قَلِيْلاً وَ
عَامَّةُ خَمْرِنَا اْلبُسْرُ وَ التَّمْرُ. البخارى 6: 241
Dari
Anas, ia berkata, "Sesungguhnya khamr telah diharamkan kepada kita, dan pada
waktu itu kami tidak mendapati yakni di Madinah, khamr yang terbuat dari anggur
melainkan sedikit, dan kebanyakan saat itu khamr (dibuat dari) kurma segar dan
kurma kering".
[HR. Bukhari juz 6, hal. 241]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: سُئِلَ رَسُوْلُ اللهِ ص عَنِ اْلبِتْعِ وَ
هُوَ نَبِيْذُ اْلعَسَلِ. وَ كَانَ اَهْلُ اْليَمَنِ يَشْرَبُوْنَهُ، فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: كُلُّ شَرَابٍ اَسْكَرَ فَهُوَ حَرَامٌ. البخارى 6: 242
Dari
'Aisyah RA, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah ditanya tentang bit'i, yaitu
minuman keras yang terbuat dari madu, dan penduduk Yaman biasa meminumnya. Maka
Rasulullah SAW menjawab, "Setiap minuman yang memabukkan, maka minuman itu
haram".
[HR. Bukhari juz 6, hal. 242]
عَنْ اَبِى مُوْسَى قَالَ: بَعَثَنِى النَّبِىُّ ص اَنَا وَ مُعَاذَ
بْنَ جَبَلٍ اِلَى الْيَمَنِ فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ شَرَابًا
يُصْنَعُ بِاَرْضِنَا يُقَالُ لَهُ الْمِزْرُ مِنَ الشَّعِيْرِ وَ شَرَابٌ يُقَالُ
لَهُ الْبِتْعُ مِنَ الْعَسَلِ. فَقَالَ: كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ. مسلم 3: 1586
Dari Abu Musa, ia berkata,
"Nabi SAW mengutus kami, yakni saya bersama Mu’adz
bin Jabal ke Yaman, lalu aku bertanya kepada beliau, “Ya
Rasulullah, sesungguhnya di negeri kami ada minuman yang terbuat dari gandum
yang disebut Mizr, dan minuman dari madu yang disebut Bit’i
(bagaimana hukumnya). Maka Rasulullah SAW bersabda, "Setiap minuman yang
memabukkan itu haram”.
[HR. Muslim juz 3, hal. 1586]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَامَ عُمَرُ عَلَى المِنْبَرِ فقال:
اَمَّا بَعْدُ، نَزَلَ تَحْرِيْمُ اْلخَمْرِ وَ هِيَ مِنْ خَمْسَةٍ: اْلعِنَبِ وَ
التَّمْرِ وَ اْلعَسَلِ وَ اْلحِنْطَةِ وَ الشَّعِيْرِ، وَ اْلخَمْرُ مَا خَامَرَ
اْلعَقْلَ. البخارى 6: 241
Dari
Ibnu 'Umar RA, ia berkata : 'Umar pernah berdiri berkhutbah di mimbar, ia
berkata, "Amma ba'du, sesungguhnya telah turun ketetapan haramnya khamr, dan
khamr itu (terbuat) dari lima macam, yaitu dari anggur, kurma kering, madu,
gandum yang bagus, dan sya'ir (gandum biasa). Dan khamr adalah suatu minuman
yang menutupi akal".
[HR. Bukhari juz 6, hal. 241]
Boleh minum perasan kurma
atau anggur selama tidak menjadi khamr (belum rusak).
عَنْ يَحْيَى بْنِ عُبَيْدٍ اَبِى عُمَرَ اْلبَهْرَانِىّ قَالَ:
سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْتَبَذُ لَهُ اَوَّلَ
اللَّيْلِ فَيَشْرَبُهُ اِذَا اَصْبَحَ يَوْمَهُ ذلِكَ وَ اللَّيْلَةَ الَّتِى
تَجِيْءُ وَ اْلغَدَ وَ اللَّيْلَةَ اْلاُخْرَى وَ اْلغَدَ اِلَى اْلعَصْرِ،
فَاِذَا بَقِيَ شَيْءٌ سَقَاهُ اْلخَادِمَ اَوْ اَمَرَ بِهِ فَصُبَّ. مسلم 3: 1589
Dari
Yahya bin ‘Ubaid Abu ‘Umar Al-Bahraniy, ia berkata
: Saya mendengar Ibnu 'Abbas berkata, "Dahulu Rasulullah SAW dibuatkan minuman
dari anggur pada malam (hari yang) pertama, lalu beliau meminumnya ketika pagi
harinya, dan malam berikutnya dan pagi harinya (hari kedua), dan malam
berikutnya lagi serta pagi harinya sampai waktu 'ashar (hari ketiga). Lalu
apabila masih ada sisanya, beliau memberikan kepada pelayan atau beliau menyuruh
(membuangnya), lalu dibuang". [HR. Muslim juz 3, hal.
1589]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُنْقَعُ لَهُ
اْلزَبِيْبُ فَيَشْرَبُهُ اْليَوْمَ وَ اْلغَدَ وَ بَعْدَ اْلغَدِ اِلَى مَسَاءِ
الثَّالِثَةِ، ثُمَّ يَأْمُرُ بِهِ فَيُسْقَى اَوْ يُهَرَاقُ. مسلم 3: 1589
Dari
Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Dahulu
Rasulullah SAW disediakan untuk beliau minuman terbuat dari anggur, lalu beliau
meminumnya hari itu, besok paginya dan lusa, sampai sore hari ketiga, kemudian
beliau menyuruh diberikan atau dibuang". [HR. Muslim juz 3, hal.
1589]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كُنَّا نَنْبِذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى
سِقَاءٍ فَنَأْخُذُ قَبْضَةً مِنْ تَمْرٍ وَ قَبْضَةً مِنْ زَبِيْبٍ فَنَطْرَحُهَا
فِيْهِ، ثُمَّ نَصُبُّ عَلَيْهِ اْلمَاءَ فَنَنْبِذُهُ غُدْوَةَ فَيَشْرَبُهُ
عَشِيَّةً وَ نَنْبِذُهُ عَشِيَّةً فَيَشْرَبُهُ غُدْوَةً. ابن ماجه 2: 1126و رقم: 3398
Dari
'Aisyah, ia berkata, "Dahulu kami membuatkan minuman Rasulullah SAW dalam suatu
wadah, kami mengambil segenggam kurma dan segenggam anggur kering lalu kami
tuangkan air. Kami membuat minuman itu pada pagi hari kemudian diminum pada sore
hari dan (jika) kami membuatnya pada sore hari lalu diminum pada pagi
hari. [HR.
Ibnu Majah juz 2, hal. 1126, no. 3398]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كُنَّا نَنْبِذُ لِرَسُوْلِ اللهِ ص فِى
سِقَاءٍ يُوْكَى اَعْلاَهُ وَ لَهُ عَزْلاَءُ نَنْبِذُهُ غُذْوَةً فَيَشْرَبُهُ
عِشَاءً وَ نَنْبِذُهُ عِشَاءً فَيَشْرَبُهُ غُذْوَةً. مسلم 3: 1590
Dari
'Aisyah, ia berkata, "Dahulu kami membuat minuman untuk Rasulullah SAW di wadah
yang tertutup (bagian) atasnya dan mempunyai pelepas (untuk membuka). Kami
membuatnya di pagi hari lalu beliau (Nabi SAW) meminumnya diwaktu
‘Isya’ dan (jika) kami membuat
diwaktu ‘Isya’ maka (Nabi SAW) meminumnya
di pagi hari". [HR. Muslim juz 3, hal.
1590]
Minum khamr walaupun
sedikit, hukumnya tetap haram
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: مَا
اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. ابن ماجه 2: 1125، رقم: 3393
Dari
Jabir bin ‘Abdullah, bahwasanya
Rasulullah SAW bersabda, "Minuman yang dalam jumlah banyak memabukkan, maka
sedikitpun juga haram". [HR. Ibnu Majah juz 2, hal.
1125, no. 3393]
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ اَنَّ رَسُوْلَ
اللهِ ص قَالَ: مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ فَقَلِيْلُهُ حَرَامٌ. ابن ماجه 2: 1125، رقم: 3394
Dari
‘Amr bin
Syu’aib, dari ayahnya, dari
kakeknya, ia berkata : Bahwa Nabi SAW
bersabda, “Minuman yang (dalam kadar)
banyaknya memabukkan, maka meminum sedikitpun juga haram". [HR. Ibnu Majah juz 2, hal.
1125, no. 3394]
عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ جَدّهِ قَالَ: جَاءَ
قَوْمٌ اِلىَ النَّبِيّ ص فَقَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ اِنَّا نَنْبِذُ
نَبِيْذًا فَنَشْرَبُهُ عَلَى طَعَامِنَا، فَقَالَ: اِشْرَبُوْا وَ اجْتَنِبُوْا
كُلَّ مُسْكِرٍ، فَاَعَادُوْا عَلَيْهِ، فَقَالَ: اِنَّ اللهَ يَنْهَاكُمْ عَنْ
قَلِيْلٍ مَا اَسْكَرَ كَثِيْرُهُ. الدارقطنى 4: 258، رقم: 61
Dari
'Amr bin Syu'aib, dari ayahnya, dari kakeknya, ia berkata, “Datang suatu kaum kepada Nabi
SAW, lalu mereka berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya kami (biasa) membuat
minuman dari anggur, lalu kami meminumnya diwaktu kami makan. Maka Nabi SAW
bersabda, "Minumlah, tetapi jauhilah minuman yang memabukkan". Kemudian mereka
mengulangi perkataannya lagi. Nabi SAW menjawab, "Sesungguhnya Allah melarang
kalian minum (walaupun) sedikit minuman yang banyaknya
memabukkan".
[HR. Daruquthni juz 4, hal. 258, no. 61]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: كُلُّ
مُسْكِرٍ حَرَامٌ، وَ مَا اَسْكَرَ مِنْهُ اْلفَرْقُ فَمِلْءُ اْلكَفّ مِنْهُ
حَرَامٌ. ابو داود 3: 329، رقم: 3687
Dari
'Aisyah, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Setiap minuman
yang memabukkan itu haram, dan minuman yang satu farq memabukkan, maka setapak
tangan darinya pun haram". [HR. Abu Dawud juz 3, hal.
329, no. 3687]
Keterangan
:
1 farq
= 3 sha’, 1 sha’ = 3 liter. 1 farq = 9
liter.
Maksudnya jumlah yang
banyak
5. Khamr tidak boleh
dijadikan cuka.
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ النَّبِيَّ ص سُئِلَ عَنِ اْلخَمْرِ يُتَّخَذُ خَلاًّ
فَقَالَ: لاَ. مسلم 3: 1573
Dari
Anas, bahwasanya Nabi SAW ditanya tentang khamr yang dijadikan cuka, lalu beliau
menjawab, "Tidak boleh". [HR. Muslim juz 3, hal.
1573]
عَنْ اَنَسِ بْنِ مَالِكٍ اَنَّ اَبَا طَلْحَةَ سَأَلَ النَّبِيَّ ص
عَنْ اَيْتَامٍ وَرِثُوْا خَمْرًا، قَالَ: اَهْرِقْهَا. قَالَ: اَفَلاَ اَجْعَلُهَا
خَلاًّ؟ قَالَ: لاَ. ابو داود 3: 329، رقم: 3675
Dari
Anas bin Malik, bahwasanya Abu Thalhah bertanya kepada Nabi SAW tentang beberapa
anak yatim yang mewarisi khamr, beliau SAW menjawab, "Buanglah !". (Abu Thalhah)
bertanya, "Apakah tidak boleh saya jadikan cuka ?". Jawab beliau,
"Tidak".
[HR. Abu Dawud juz 3, hal. 329, no. 3675]
عَنْ اَنَسٍ اَنَّ يَتِيْمًا كَانَ فِى حِجْرِ اَبِى طَلْحَةَ
فَاشْتَرَى لَهُ خَمْرًا. فَلَمَّا حُرّمَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ ص: اَيُتَّخَذُ
خَلاًّ؟ قَالَ: لاَ. الدارقطنى 4: 265، رقم: 4
Dari
Anas, bahwasanya ada seorang anak yatim dalam asuhan Abu Thalhah, lalu ia (Abu
Thalhah) membelikan khamr untuknya. Ketika khamr telah diharamkan, Nabi SAW
ditanya, "Bolehkah khamr itu dijadikan cuka ?". Nabi SAW menjawab,
"Tidak".
[HR. Daruquthni juz 4, hal. 265, no. 4]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar