لاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ اِنْ طَلَّقْتُمُ النّسَآءَ مَا لَمْ
تَمَسُّوْهُنَّ اَوْ تَفْرِضُوْا لَهُنَّ فَرِيْضَةً وَّ مَتّعُوْهُنَّ عَلَى
اْلمُوْسِعِ قَدَرُه، وَ عَلَى اْلمُقْتِرِ قَدَرُه، مَتَاعًا بِاْلمَعْرُوْفِ،
حَقًّا عَلَى اْلمُحْسِنِيْنَ(236) وَ اِنْ طَلَّقْتُمُوْهُنَّ مِنْ قَبْلِ اَنْ
تَمَسُّوْهُنَّ، وَ قَدْ فَرَضْتُمْ لَهُنَّ فَرِيْضَةً فَنِصْفُ مَا فَرَضْتُمْ
اِلاَّ اَنْ يَعْفُوْنَ اَوْ يَعْفُوَ الَّذِيْ بِيَدِه عُقْدَةُ النّكَاحِ، وَ
اَنْ تَعْفُوْآ اَقْرَبُ لِلتَّقْوى، وَ لاَ تَنْسَوُا اْلفَضْلَ بَيْنَكُمْ، اِنَّ
اللهَ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ.(237) البقؤة 236-237
Tidak
ada kewajiban membayar (mahar) atas kamu, jika kamu menceraikan istri-istrimu
sebelum kamu bercampur dengan mereka dan sebelum kamu menentukan
maharnya.
Dan hendaklah kamu berikan suatu mut’ah (pemberian) kepada
mereka. Orang yang mampu menurut kemampuannya dan orang
yang miskin menurut kemampuannya (pula), yaitu pemberian menurut yang
patut. Yang demikian itu merupakan ketentuan bagi
orang-orang yang berbuat kebajikan. (236)
Jika
kamu menceraikan istri-istrimu sebelum kamu bercampur dengan mereka, padahal
sesungguhnya kamu sudah menentukan maharnya, maka bayarlah seperdua dari mahar
yang telah kamu tentukan itu, kecuali jika istri-istrimu itu memaafkan atau
dimaafkan oleh orang yang memegang ikatan nikah, dan pemaafan kamu itu lebih
dekat kepada taqwa. Dan janganlah kamu melupakan keutamaan
diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Melihat segala apa yang kamu kerjakan. (237) [QS.
Al-Baqarah : 236-237]
Tidak
ada ‘iddah bagi wanita yang belum dikumpuli
ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْآ اِذَا نَكَحْتُمُ اْلمُؤْمِنتِ ثُمَّ
طَلَّقْتُمُوْهُنَّ مِنْ قَبْلِ اَنْ تَمَسُّوْهُنَّ فَمَا لَكُمْ عَلَيْهِنَّ مِنْ
عِدَّةٍ تَعْتَدُّوْنَهَا، فَمَتّعُوْهُنَّ وَ سَرّحُوْهُنَّ سَرَاحًا جَمِيْلاً.
الاحزاب:49
Hai
orang-orang yang beriman, apabila kamu menikahi wanita-wanita yang beriman,
kemudian kamu ceraikan mereka sebelum kamu mencampurinya, maka sekali-kali tidak
wajib atas mereka ‘iddah bagimu yang kamu minta
menyempurnakannya.
Maka berilah mereka mut’ah dan lepaskanlah mereka itu dengan cara yang sebaik-baiknya.
[QS. Al-Ahzab : 49]
Tentang
‘Iddah
a. Wanita yang haidl, ‘iddahnya 3 kali quru’
(tiga kali haidl/tiga kali suci).
وَ اْلمُطَلَّقَاتُ يَتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ ثَلثَةَ قُرُوْءٍ، وَ
لاَ يَحِلُّ لَهُنَّ اَنْ يَّكْتُمْنَ مَا خَلَقَ اللهُ فِيْ اَرْحَامِهِنَّ اِنْ
كُنَّ يُؤْمِنَّ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلاخِرِ، وَ بُعُوْلَتُهُنَّ اَحَقُّ
بِرَدّهِنَّ فِيْ ذلِكَ اِنْ اَرَادُوْا اِصْلاحًا. البقرة:228
Wanita-wanita
yang dithalaq hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali
quru’.
Tidak boleh mereka menyembunyikan apa yang diciptakan
Allah dalam rahimnya, jika mereka beriman kepada Allah dan hari akhirat. Dan suami-suaminya berhak merujukinya dalam masa menanti itu, jika
mereka (para suami) itu menghendaki ishlah. [QS.
Al-Baqarah : 228]
عَنِ اْلاَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اُمِرَتْ بَرِيْرَةُ اَنْ
تَعْتَدَّ بِثَلاَثِ حِيَضٍ. ابن ماجه، فى نيل الاوطار 6: 326
Dari
Aswad, dari ‘Aisyah, ia berkata, “Barirah disuruh (oleh
Nabi SAW) supaya ber’iddah tiga kali haidl”.
[HR. Ibnu Majah, dalam Nailul 6:326]
b. Wanita yang ditinggal mati suaminya, iddahnya
4 bulan 10 hari.
وَ الَّذِيْنَ يُتَوَفَّوْنَ مِنْكُمْ وَ يَذَرُوْنَ اَزْوَاجًا
يَّتَرَبَّصْنَ بِاَنْفُسِهِنَّ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَّ عَشْرًا، فَاِذَا بَلَغْنَ
اَجَلَهُنَّ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا فَعَلْنَ فِيْ اَنْفُسِهِنَّ
بِاْلمَعْرُوْفِ، وَ اللهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ. البقرة:234
Orang-orang
yang meninggal dunia diantaramu dengan meninggalkan istri-istri (hendaklah para
istri itu) menangguhkan dirinya (ber’iddah) empat bulan sepuluh
hari.
Kemudian apabila telah habis ‘iddahnya, maka tiada dosa bagimu
(para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang
patut. Allah mengetahui apa yang kamu
perbuat.
[QS. Al-Baqarah : 234]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: لاَ يَحِلُّ لاِمْرَأَةٍ
مُسْلِمَةٍ تُؤْمِنُ بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ اَنْ تُحِدَّ فَوْقَ ثَلاَثَةِ
اَيَّامٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجِهَا اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. البخارى و مسلم، فىنيل الاوطار 6:329
Dari
Ummu Salamah bahwasanya Nabi SAW bersabda, “Tidak halal bagi seorang wanita
muslimah yang beriman kepada Allah dan hari akhir berkabung lebih dari tiga hari
kecuali terhadap suaminya, yaitu empat bulan sepuluh hari”.
[HR Bukhari dan Muslim, dalam Nailul 6:329]
عَنْ اُمّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: كُنَّا نُنْهَى اَنْ نُحِدَّ عَلَى مَيّتٍ
فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ اَرْبَعَةَ اَشْهُرٍ وَ عَشْرًا. وَ لاَ
نَكْتَحِلَ وَ لاَ نَتَطَيَّبَ وَ لاَ نَلْبَسَ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا اِلاَّ ثَوْبَ
عَصْبٍ. وَ قَدْ رُخّصَ لَنَا عِنْدَ الطُّهْرِ اِذَا اغْتَسَلَتْ اِحْدَانَا مِنْ
مَحِيْضِهَا فِى نُبْذَةٍ مِنْ كُسْتِ اَظْفَارٍ. البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 6:332
Dari
Ummu ‘Athiyah, ia berkata, “Kami dilarang berkabung terhadap orang mati lebih
dari tiga hari kecuali terhadap suami, yaitu empat bulan sepuluh hari, dimana
tidak boleh bercelak, tidak boleh berwangi-wangian dan tidak boleh memakai
pakaian yang dicelup, kecuali kain genggang (pakaian yang tidak mencolok), dan
kami diberi keringanan pada waktu suci yaitu apabila salah seorang diantara kami
mandi dari haidlnya (menggunakan) sedikit qust adhfar (sejenis kayu yang berbau
harum)”.
[HR. Bukhari dan Muslim]
و فى رواية قالت: قَالَ النَّبِيُّ ص: لاَ يَحِلُّ ِلامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ
بِاللهِ وَ اْليَوْمِ اْلآخِرِ تُحِدُّ فَوْقَ ثَلاَثٍ اِلاَّ عَلَى زَوْجٍ
فَاِنَّهَا لاَ تَكْتَحِلُ وَ لاَ تَلْبَسُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا اِلاَّ ثَوْبَ
عَصْبٍ، وَ لاَ تَمَسُّ طِيْبًا اِلاَّ اِذَا طَهُرَتْ نُبْذَةً مِنْ قُسْطٍ اَوْ
اَظْفَارٍ. احمد و البخارى و مسلم، فى نيل الاوطار 6:332
Dan
dalam riwayat lain (dikatakan), Ummu ‘Athiyah berkata :
Nabi SAW bersabda, “Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah
dan hari akhir berkabung lebih dari tiga hari kecuali terhadap suami, maka istri
tidak boleh bercelak, tidak boleh memakai pakaian yang dicelup kecuali kain
genggang dan tidak boleh memakai wangi-wangian kecuali apabila bersuci (dengan
menggunakan) sedikit qust atau adhfar (sejenis kayu yang berbau
harum)”.
[HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim]
عَنْ اُمّ سَلَمَةَ قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ ص حِيْنَ
تَوَفَّى اَبُوْ سَلَمَةَ وَ قَدْ جَعَلْتُ عَلَيَّ صَبْرًا، فَقَالَ: مَا هذَا يَا
اُمَّ سَلَمَةَ؟ فَقُلْتُ: اِنَّمَا هُوَ صَبْرٌ يَا رَسُوْلَ اللهِ، لَيْسَ فِيْهِ
طِيْبٌ. قَالَ: اِنَّهُ يَشُبُّ اْلوَجْهَ فَلاَ تَجْعَلِيْهِ اِلاَّ بِاللَّيْلِ
وَ تَنْزَعِيْنَهُ بِالنَّهَارِ. وَ لاَ تَمْتَشِطِيْ بِالطّيْبِ وَ لاَ
بِاْلحِنَّاءِ، فَاِنَّهُ خِضَابٌ. قَالَتْ: قُلْتُ: بِأَيّ شَيْءٍ اَمْتَشِطُ يَا
رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِالسّدْرِ تُغَلّفِيْنَ بِهِ رَأْسَكِ. ابو داود و النسائى، فى نيل الاوطار 6:332
Dari
Ummu Salamah, ia berkata : Rasulullah SAW pernah masuk
ke (rumahku) ketika Abu Salamah meninggal dunia, sedang aku memakai celak. Lalu
Nabi SAW bertanya, “Apa ini, hai Ummu Salamah ?”. Kemudian aku menjawab, “Ini jadam (celak) ya Rasulullah, yang tidak
ada wangi-wangiannya”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya jadam itu
mempercantik wajah, maka janganlah kamu pakai kecuali pada waktu malam dan
hilangkan di waktu siang. Janganlah kamu bersisir menggunakan
wangi-wangian atau hinna’, karena sesungguhnya itu juga pewarna”. Ummu
Salamah berkata : Aku bertanya, “Kalau begitu aku harus
bersisir dengan apa ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab, “Dengan daun bidara yang
kamu dapat menggunakannya di kepalamu dengannya”.
[HR. Abu Dawud dan Nasai]
c. Wanita yang telah berhenti dari haidl atau
tidak haidl, ‘iddahnya 3 bulan.
وَالّئِيْ يَئِسْنَ مِنَ اْلمَحِيْضِ مِنْ نِسَآئِكُمْ اِنِ ارْتَبْتُمْ
فَعِدَّتُهُنَّ ثَلثَةُ اَشْهُرٍ وَالّئِيْ لَمْ يَحِضْنَ. الطلاق:4
Dan
wanita-wanita yang tidak haidl lagi (menopause) diantara wanita-wanitamu jika
kamu ragu-ragu (tentang masa ‘iddahnya) maka ‘iddah mereka adalah tiga bulan,
dan begitu (pula) wanita-wanita yang tidak haidl.
[QS. Ath-Thalaaq : 4]
d. Wanita yang hamil, ‘iddahnya hingga
melahirkan.
وَ اُولاَتُ اْلاَحْمَالِ اَجَلُهُنَّ اَنْ يَّضَعْنَ حَمْلَهُنَّ، وَ
مَنْ يَّتَّقِ اللهَ يَجْعَلْ لَّه مِنْ اَمْرِه يُسْرًا. الطلاق:4
Dan
wanita-wanita yang hamil, waktu ‘iddah mereka itu ialah sampai mereka melahirkan
kandungannya.
Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah
menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.
[QS. Ath-Thalaaq : 4]
Meminang
dengan sindiran (kepada wanita yang ber’iddah karena ditinggal mati suaminya
atau yang ‘iddah thalaq tiga).
وَ لاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا عَرَّضْتُمْ بِه مِنْ خِطْبَةِ
النّسَآءِ اَوْ اَكْنَنْتُمْ فِيْ اَنْفُسِكُمْ، عَلِمَ اللهُ اَنَّكُمْ
سَتَذْكُرُوْنَهُنَّ وَ لكِنْ لاَّ تُوَاعِدُوْهُنَّ سِرًّا اِلاَّ اَنْ
تَقُوْلُوْا قَوْلاً مَّعْرُوْفًا، وَ لاَ تَعْزِمُوْا عُقْدَةَ النّكَاحِ حَتّى
يَبْلُغَ اْلكِتبُ اَجَلَه، وَ اعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَا فِيْ
اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ، وَ اعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ.
البقرة:235
Dan
tidak ada dosa bagi kamu meminang wanita-wanita itu dengan sindiran atau kamu
menyembunyikan (keinginan mengawini mereka) dalam
hatimu.
Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut
mereka, dalam pada itu janganlah kamu mengadakan janji kawin dengan mereka
secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan (kepada mereka) perkataan yang
ma’ruf. Dan janganlah kamu ber’azam (bertetap hati) untuk
ber’aqad nikah sebelum habis ‘iddahnya. Dan ketahuilah bahwasanya Allah
mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah
kepada-Nya, dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyantun.
[QS. Al-Baqarah : 235]
عَنْ سُكَيْنَةَ بِنْتِ حَنْظَلَةَ قَالَتْ: اِسْتَأْذَنَ عَلَيَّ
مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيّ وَ لَمْ تَنْقَضِ عِدَّتِى مِنْ مَهْلَكَةِ زَوْجِى فَقَالَ:
قَدْ عَرَفْتِ قَرَابَتِى مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص. وَ قَرَابَتِى مِنْ عَلِيّ، وَ
مَوْضِعِى مِنَ اْلعَرَبِ. قُلْتُ: غَفَرَ اللهُ لَكَ يَا اَبَا جَعْفَرٍ، اِنَّكَ
رَجُلٌ يُؤْخَذُ عَنْكَ وَ تَخْطُبْنِى فِى عِدَّتِى. فَقَالَ: اِنَّمَا
اَخْبَرْتُكِ بِقَرَابَتِى مِنْ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ مِنْ عَلِيّ. وَ قَدْ دَخَلَ
رَسُوْلُ اللهِ ص عَلَى اُمّ سَلَمَةَ وَ هِيَ مُتَأَيّمَةٌ مِنْ اَبِى سَلَمَةَ.
فَقَالَ: لَقَدْ عَلِمْتِ اَنّى رَسُوْلُ اللهِ ص وَ خِيَرَتُهُ مِنْ خَلْقِهِ وَ
مَوْضِعِى مِنْ قَوْمِى كَانَتْ تِلْكَ خِطْبَتَهُ. الدارقطنى
Dari
Sukainah binti Handhalah, ia berkata : Muhammad bin
‘Ali meminta idzin kepadaku, sedang masa ‘iddahku dari kematian suamiku belum
usai, lalu Muhammad berkata, “Kamu tentu telah tahu kekerabatanku dari
Rasulullah SAW dan kekerabatanku dari ‘Ali (bin Abu Thalib) serta kedudukanku di
kalangan bangsa ‘Arab”. Aku berkata, “Semoga Allah mengampunimu, hai Abu Ja’far,
sesungguhnya kamu adalah orang yang menjadi ikutan, sedang kamu meminangku dalam
masa ‘iddahku”. Maka Muhammad berkata, “Aku hanya memberitahu kepadamu tentang
hubungan kekerabatanku dengan Rasulullah SAW dan ‘Ali, sedang Rasulullah SAW
sendiri pernah masuk (ke rumah) Ummu Salamah sedangkan dia adalah janda Abu
Salamah, lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya kamu sudah tahu bahwa aku adalah
Rasulullah dan pilihan-Nya diantara makhluq-Nya serta kedudukanku di kalangan
kaumku”. Itulah pinangan Nabi SAW dengan sindiran”.
[HR. Daruquthni]
عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ قَيْسٍ اَنَّ زَوْجَهَا طَلَّقَهَا ثَلاَثًا
فَلَمْ يَجْعَلْ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص سُكْنَى وَ لاَ نَفَقَةً، قَالَتْ: وَ
قَالَ لىِ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا حَلَلْتِ فَآذِنِيْنِى، فَآذَنْتُهُ،
فَخَطَبَهَا مُعَاوِيَةُ وَ اَبُوْ جَهْمٍ وَ اُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ. فَقَالَ
رَسُوْلُ اللهِ ص: اَمَّا مُعَاوِيَةُ فَرَجُلٌ تَرِبٌ لاَ مَالَ لَهُ وَ اَمَّا
اَبُوْ جَهْمٍ فَرَجُلٌ ضَرَّابٌ لِلنّسَاءِ، وَ لكِنْ اُسَامَةُ فَقَالَتْ
بِيَدِهَا هكَذَا: اُسَامَةُ اُسَامَةُ. فَقَالَ لَهَا رَسُوْلُ اللهِ ص: طَاعَةُ
اللهِ وَ طَاعَةُ رّسُوْلِهِ. قَالَتْ: فَتَزَوَّجْتُهُ فَاغْتُبِطْتُ.
الجماعة الا البخارى
Dari
Fathimah binti Qais, sesungguhnya suaminya telah menthalaqnya tiga kali,
sehingga Rasulullah SAW tidak memberinya (haq) tempat tinggal dan
nafqah.
Fathimah berkata : Dan Rasulullah SAW bersabda
kepadaku, “Apabila kamu telah halal dengan habis ‘iddahmu, maka beritahulah
aku”. (Ketika ‘iddahnya telah selesai) kemudian aku
memberitahu kepada beliau. Lalu Mu’awiyah, Abu Jahm dan
Usamah bin Zaid meminangnya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda (kepada
Fathimah binti Qais), “Adapun Mu’awiyah adalah seorang laki-laki miskin tidak
berharta sama sekali, sedang Abu Jahm adalah seorang laki-laki yang suka memukul
istrinya, tetapi Usamah .... lalu Fathimah berkata
(menirukan ucapan Nabi) dengan menggerakkan tangannya demikian. “Usamah,
Usamah”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda kepada Fathimah, “Thaatlah kepada
Allah dan thaatlah kepada Rasul-Nya”. Fathimah berkata, “Kemudian aku nikah
dengan Usamah, lalu aku pun berbahagia”.
[HR. Jama’ah kecuali Bukhari]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar