1/21/2013

Shalat ( ke 11 )

Bersedekap.
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ اَنَّهُ رَاَى النَّبِيَّ ص رَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ (وَصَفَ هَمَّامٌ حِيَالَ اُذُنَيْهِ) ثُمَّ اِلْتَحَفَ بِثَوْبِهِ. ثُمَّ وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنىَ عَلَى الْيُسْرَى. فَلَمَّا اَرَادَ اَنْ يَرْكَعَ اَخْرَجَ يَدَيْهِ مِنَ الثَّوْبِ ثُمَّ رَفَعَهُمَا. ثُمَّ كَبَّرَ فَرَكَعَ. فَلَمَّا قَالَ سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ. فَلَمَّا سَجَدَ سَجَدَ بَيْنَ كَفَّيْهِ. مسلم 1: 301
Dari Wail bin Hujr, sesungguhnya ia pernah melihat Nabi SAW mengangkat kedua tangannya waktu memulai shalat, beliau bertakbir (Hammam, perawi hadits menerangkan : beliau mengangkat tangannya hingga sejajar kedua telinganya) Kemudian beliau berselimut dengan pakaiannya, kemudian beliau meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya. Ketika beliau akan ruku’, beliau mengeluarkan kedua tangannya dari pakaiannya, kemudian mengangkat keduanya, kemudian bertakbir dan ruku’. Ketika beliau membaca Sami’alloohu liman hamidah, beliau mengangkat kedua tangannya, dan ketika sujud beliau sujud diantara dua tapak tangannya[HR. Muslim juz I, hal. 301]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: مَرَّ بِى النَّبِيُّ ص وَ اَنَا وَاضِعٌ يَدِى اليُسْرَى عَلَى اْليُمْنَى. فَاَخَذَ بِيَدِى اْليُمْنَى فَوَضَعَهَا عَلَى اْليُسْرَى. ابن ماجه 1: 266
Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, dia berkata, “Nabi SAW melewati aku ketika aku (sedang shalat dengan) meletakkan tangan kiri pada tangan kanan. Maka beliau memegang tanganku yang kanan, lalu meletakkannya pada tanganku yang kiri. [HR. Ibnu Majah juz I, hal. 266]
عَنْ قَبِيْصَةَ بْنِ هُلَبٍ عَنْ اَبِيْهِ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص يَنْصَرِفُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَ عَنْ يَسَارِهِ وَ رَأَيْتُهُ قَالَ يَضَعُ هذِهِ عَلَى صَدْرِهِ، وَصَفَ يَحْيَى اْليُمْنَى عَلَى اْليُسْرَى فَوْقَ الْمِفْصَلِ. احمد 8: 225 رقم 22026
Dari Qabishah bin Hulab dari bapaknya, ia berkata, “Saya pernah melihat Nabi SAW berpaling (selesai shalat) dari sebelah kanan dan dari sebelah kirinya. Dan aku melihatnya beliau meletakkan ini pada dadanya”. Yahya (perawi hadits) menerangkan yaitu beliau meletakkan tangan kanan pada tangan kirinya di pergelangan”. [HR. Ahmad juz 8, hal. 225 hadits no. 22026].
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص وَ وَضَعَ يَدَهُ اْليُمْنَى عَلَى يَدِهِ اْليُسْرَى عَلَى صَدْرِهِ. ابن حزيمة 1: 243
Dari Wail bin Hujr, ia berkata : Saya pernah shalat bersama Rasulullah SAW, dan beliau meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya di dada beliau. [HR. Ibnu Khuzaimah juz 1, hal. 243]
عَنْ طَاوُسٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَضَعُ يَدَهُ اْليُمْنَى عَلَى يَدِهِ اْليُسْرَى ثُمَّ يَشُدُّ بَيْنَهُمَا عَلَى صَدْرِهِ وَ هُوَ فِى الصَّلاَةِ. ابو داود 1: 201
Dari Thawus, ia berkata : Adalah Rasulullah SAW meletakkan tangannya yang kanan pada tangannya yang kiri, kemudian beliau memegangnya erat-erat di dadanya ketika shalat. [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 201]
Doa Iftitah.
Doa Iftitah ini yang dicontohkan oleh Nabi SAW adalah banyak macamnya. Diantaranya :
اَللّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ اْلمَشْرِقِ وَاْلمَغْرِبِ. اَللّهُمَّ نَقّنِى مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِاْلمَاءِ وَالثَّلْجِ وَاْلبَرَدِ. البخارى عن ابى هريرة. ج 1،ص:181
1.  Ya Allah, jauhkanlah antaraku dan antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahan sebagaimana kain yang putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan embun. [HR. Bukhari dari Abu Hurairah, Juz I : 181].
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا كَبَّرَ فِى الصَّلاَةِ سَكَتَ هُنَيَّةً قَبْلَ اَنْ يَقْرَأَ. فَقُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، بِاَبِى اَنْتَ وَ اُمّى، اَرَأَيْتَ سُكُوْتَكَ بَيْنَ التَّكْبِيْرِ وَ اْلقِرَاءَةِ مَا تَقُوْلُ؟ قَالَ: اَقُوْلُ: اَللّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِيْ وَ بَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَ الْمَغْرِبِ. اَللّهُمَّ نَقّنِى مِن خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللّهُمَّ اغْسِلْنِى مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَ اْلمَاءِ وَ الْبَرَدِ. مسلم 1: 419
2.  Dari Abu Hurairah ia berkata : Adalah Rasulullah SAW apabila setelah takbir memulai shalat beliau diam sejenak sebelum membaca Al-Fatihah. Lalu aku bertanya, “Ya Rasulullah, ku tebusi engkau dengan ayah dan ibuku. Beritahukanlah kepadaku apa yang engkau baca ketika diam antara takbir dan membaca Al-Fatihah ?”. Beliau menjawab, “Aku membaca (yang artinya) (Ya Allah, jauhkanlah antaraku dan antara kesalahan-kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah diriku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana kain yang putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air dan embun)”. [HR. Muslim juz I, hal. 419]
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ ص اِذَا اسْتَفْتَحَ الصَّلاَةَ قَالَ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالىَ جَدُّكَ وَلاَ اِلهَ غَيْرُكَ. ابو داود 1: 206
3.  Dari 'Aisyah, ia berkata : "Adalah Nabi SAW apabila memulai shalat, beliau membaca : Subhaanakalloohumma wa bihamdika wa tabaarokas-muka wa ta'aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka. (Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mulah (aku memulai ibadat ini) dan Maha Berkah nama-Mu, Maha tinggi kemulyaan-Mu, dan tiada Tuhan selain Engkau)". [HR. Abu Dawud juz 1, hal. 206]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ  نُصَلّى مَعَ رَسُوْلِ  اللهِ ص  اِذْ قَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلقَوْمِ  : اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَاْلحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا، وَ سُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَّاَصِيْلاً. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص : مَنِ اْلقَائِلُ كَلِمَةَ  كَذَا وَ كَذَا ؟ قَالَ رَجُلٌ مِنَ اْلقَوْمِ: اَنَا يَا رَسُوْلَ اللهِ. قَالَ: عَجِبْتُ لَهَا فُتِحَتْ لَهَا اَبْوَابُ السَّمَاءِ. قَالَ ابْنُ عُمَرَ فَمَا تَرَكْتُهُنَّ مُنْذُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُولُ ذلِكَ. مسلم1 :420
4.  Dari Ibnu 'Umar, ia berkata : Pada suatu ketika kami shalat bersama Rasulullah SAW. Tiba-tiba ada seorang lelaki dari suatu kaum membaca  Alloohu Akbar kabiiroo, walhamdu lillaahi katsiiroo, wa subhaanalloohi bukrotaw wa ashiilaa. (Allah Maha Besar dari segala yang besar, segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan Maha suci Allah diwaktu pagi dan petang). Maka Rasulullah SAW bersabda : "Siapakah orang yang membaca kalimat begitu tadi ?". Lalu seorang laki-laki dari suatu kaum tadi menjawab : "Saya, ya Rasulullah. Beliau bersabda : "Saya kagum akan bacaan itu. Telah dibuka karenanya pintu-pintu langit". Ibnu 'Umar berkata : "Maka saya tidak pernah meninggalkan bacaan itu sejak mendengar Rasulullah SAW bersabda yang demikian itu". [HR. Muslim juz 1, hal. 420]
عَنْ عَلِيّ بْنِ اَبِى طَالِبٍ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ ص اَنَّهُ  كَانَ  اِذَا قَامَ اِلىَ الصَّلاَةِ قَالَ: وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَ اْلاَرْضَ حَنِيْفًا وَمَا اَنَا مِنَ اْلمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَ مَحْيَايَ وَ مَمَاتِى ِللهِ رَبّ اْلعَالَمِيْنَ.لاَشَرِيْكَ لَهُ وَ بِذلِكَ اُمِرْتُ وَ اَنَا مِنَ اْلمُسْلِمِيْنَ. اَللّهُمَّ اَنْتَ اْلمَلِكُ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ. اَنْتَ رَبّى وَ اَنَا عَبْدُكَ ظَلَمْتُ نَفْسِى، وَ اعْتَرَفْتُ بِذَنْبِى فَاغْفِرْلىِ ذُنُوْبِى جَمِيْعًا، اِنَّهُ  لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ   اَنْتَ ، وَ اهْدِنِى  ِلاَحْسَنِ اْلاَخْلاَقِ، لاَ يَهْدِى ِلاَحْسَنِهَا اِلاَّ   اَنْتَ، وَ اصْرِفْ عَنّى سَيّئَهَا لاَ يَصْرِفُ عَنّى سَيّئَهَا اِلاَّ   اَنْتَ. لَبَّيْكَ وَ سَعْدَيْكَ. وَ اْلخَيْرُ كُلُّهُ فِى يَدَيْكَ. وَ الشَّرُّ لَيْسَ  اِلَيْكَ. اَنَا بِكَ وَ  اِلَيْكَ، تَبَارَكْتَ وَ تَعَالَيْتَ. اَسْتَغْفِرُكَ وَ اتُوْبُ اِلَيْكَ. مسلم 1 :534
5.  Dari Ali bin Abu Thalib, dari Rasulullah SAW, sesungguhnya beliau apabila berdiri shalat, beliau membaca (yang artinya) :  "Aku hadapkan wajahku dengan lurus kepada (Allah) yang telah menjadikan langit dan bumi, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang musyrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku adalah untuk Allah Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya. Dan dengan demikian itulah aku diperintahkan, dan aku adalah termasuk orang-orang yang berserah diri. Ya Allah, Engkaulah Raja, tiada Tuhan selain Engkau, Engkau adalah Tuhanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku telah menganiaya diriku dan aku mengakui dosa-dosaku, karena itu ampunilah dosa-dosaku semuanya. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau, dan tunjukilah aku kepada sebaik-baik akhlaq, dan tidak ada yang bisa menunjuki kepada sebaik-baik akhlaq kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku akhlaq yang buruk, dan tidak ada yang bisa memalingkan akhlaq yang buruk dariku selain Engkau. Aku sambut panggilan-Mu dan aku tetap thaat kepada-Mu dan menolong agama-Mu. Dan kebaikan semuanya ada ditangan-Mu. Dan kejahatan tidaklah menuju kepada-Mu. Aku memohon kebaikan kepada-Mu dan berlindung kepada-Mu. Maha suci Engkau dan Maha Tinggi. Aku mohon ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu". [HR. Muslim juz 1, hal. 534].
Keterangan : Dan dalam riwayat lain disebutkan seperti diatas, namun bukan dengan lafadz "wa ana minal muslimin", tetapi dengan lafadz "wa ana awwalul muslimin". [Muslim, Juz I : 536]
Membaca Ta'awwudz.
فَاِذَا قَرَأْتَ اْلقُرْانَ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطنِ الرَّجِيْمِ.النحل:98
Apabila kamu membaca Al-Qur'an hendaklah kamu meminta perlindu-ngan kepada Allah dari syetan yang terkutuk. [QS. An-Nahl : 98].
عَنْ اَبِى سَعِيْدِ اْلخُدْرِيّ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ كَانَ اِذَا قَامَ اِلىَ الصَّلاَةِ اسْتَفْتَحَ ثُمَّ  يَقُوْلُ: اَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَ نَفْخِهِ وَ نَفْثِهِ. احمد و الترمذى، فى نيل الاوطار 2: 219
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy dari Nabi SAW bahwasanya apabila beliau berdiri shalat membaca doa iftitah, kemudian beliau membaca : A'uudzu billaahis-samii'il 'aliimi minasy-syaithoonir rojiim min hamzihi wa nafkhihi wa naftsihi (Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui dari syaithan yang terkutuk, dari gangguannya, tiupannya dan hembusannya)". [HR. Ahmad dan Tirmidzi, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 219].
قَالَ ابْنُ اْلمُنْذِرِ جَاءَ عَنِ النَّبِيّ ص اَنَّهُ كَانَ يَقُوْلُ قَبْلَ الْقِرَاءَةِ: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. نيل الاوطار 2: 220
Ibnu Mundzir berkata : Datang riwayat dari Nabi SAW bahwasanya sebelum membaca Al-Fatihah beliau membaca : A'uudzu billaahi minasy-syaithoonir rojiim. (Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaithan yang terkutuk). [Nailul Authar juz 2, hal. 220].
قَالَ اْلاَسْوَدُ: رَأَيْتُ عُمَرَ حِيْنَ يَفْتَتِحُ الصَّلاَةَ يَقُوْلُ: سُبْحَانَكَ اللّهُمَّ وَ بِحَمْدِكَ وَ تَبَارَكَ اسْمُكَ وَ تَعَالىَ جَدُّكَ وَ لاَ اِلهَ غَيْرُكَ، ثُمَّ يَتَعَوَّذُ. الدارقطنى، فى نيل الاوطار 2: 220
Telah berkata Al-Aswad : "Saya pernah melihat 'Umar waktu memulai shalat, ia membaca Subhaanakalloohumma wa bihamdika wa tabaarokas-muka wa ta'aalaa jadduka walaa ilaaha ghoiruka. (Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mulah (aku memulai ibadat ini) dan Maha Berkah nama-Mu, Maha tinggi kemulyaan-Mu, dan tiada Tuhan selain Engkau)". kemudian ia membaca ta'awudz". [HR. Daruquthni, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 220].
Keterangan :
Dari ayat 98 surat An-Nahl di atas, ada ulama yang memahami bahwa membaca ta'awwudz itu perlu pada tiap-tiap rekaat.
Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa ta'awwudz itu cukup pada reka'at yang pertama saja, karena dalam satu shalat walaupun ada beberapa kali bacaan Al-Qur'an, tetapi semuanya itu dalam satu ibadat saja, lagi pula hadits-hadits tentang ta'awwudz itu semuanya menunjuk-kan untuk reka'at yang pertama saja.

Membaca Basmalah :
Sabda Nabi SAW :
اِذَا قَرَأْتـُمُ اْلحَمْدَ فَاقْرَءُوْا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى.
Apabila kalian membaca Alhamdu (Al-Fatihah), hendaklah kalian membaca Bismillaahir rahmaanir rahiim. [HR. Daraquthni]
قَالَ اَبـُوْ هُرَيـْرَةَ: كَانَ النَّبيُّ ص اِذَا قَرَأَ وَ هُوَ يَـؤُمُّ النَّاسَ افْـتَـتَحَ بِـبِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. الدارقطنى.
Telah berkata Abu Hurairah : "Adalah Nabi SAW apabila menjadi imam, beliau memulai bacaan dengan Bismillaahir rahmaanir rahiim". [HSR. Daraquthni]
قَالَ اَنــَسٌ: صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبيِّ ص وَاَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَكَانُوْا يَـسْتَـفْتِحُوْنَ بِاْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. لاَ يَذْكُرُوْنَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فِى اَوَّلِ اْلقِرَاءَةِ وَلاَ فِى اخِرِهَا. احمد ومسـلم.
Telah berkata Anas, Saya biasa shalat di belakang Nabi SAW, Abu Bakar, Umar dan Utsman. Adalah mereka itu memulai dengan Alhamdu lillaahi rabbil 'aalamiin. Mereka tidak menyebut Bismilaahir rahmaanir rahiim di permulaan bacaan dan tidak pula pada akhirnya (Basmalah untuk mulai membaca surat). [HR. Ahmad dan Muslim].
Keterangan :
Pada hadits riwayat Daruquthni diatas menunjukkan bahwa kita dituntunkan untuk membaca Basmalah sebelum membaca Al-Fatihah.
Adapun pada hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Muslim tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW dan sebagian dari pada shahabat-shahabatnya memulai bacaan dengan Hamdalah.
Dari riwayat-riwayat tadi bisa kita fahami bahwa bacaan Basmalah itu kadang dibaca Jahr (nyaring) sebagaimana diriwayatkan Daruquthni tadi, dan kadang dibaca Sirr (tidak nyaring) sebagaimana diriwayatkan Ahmad dan Muslim tersebut.
Membaca Al-Fatihah
Sabda Nabi SAW :
لاَ صَلاَةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. البخارى و مسـلم.
Tidak (sah) shalat bagi orang yang tidak membaca Al-Fatihah. [HSR. Bukhari - Muslim]
Diriwayatkan :
قَالَ اَبُوْ قَتَادَةَ: اَنَّ النَّبيَّ ص كَانَ يَقْرَأُ فِى كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ اْلكِتَابِ. البخارى.
Telah berkata Abu Qatadah : "Sesungguhnya Nabi SAW biasa membaca Al-Fatihah di tiap-tiap raka'at". [HSR. Bukhari]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang kehidupan Dunia

  TENTANG DUNIA فعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ اللهِ جَنَاحَ بَعُوْضَةٍ ...