Tentang
larangan Namimah (adu-adu)
Firman
Allah SWT :
وَ لاَ تُطِعْ كُلَّ حَلاَّفٍ مَّهِيْنٍ. هَمَّازٍ مَّشَآءٍ بِنَمِيْمٍ.
مَنَّاعٍ لّلْخَيْرِ مُعْتَدٍ اَثِيْمٍ. عُتُلّ بَعْدَ ذلِكَ زَنِيْمٍ. القلم:10-13
Dan
janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak
mencela, yang kian-kemari menghambur fitnah, yang banyak menghalangi perbuatan
baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa, yang kaku kasar, selain dari itu
yang terkenal kejahatannya.
[QS. Al-Qalam : 10-13]
وَيْلٌ لّكُلّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ. الهمزة:1
Kecelakaanlah
bagi setiap pengumpat lagi pencela.
[QS. Al-Humazah:1]
وَ مَنْ يَّكْسِبْ خَطِيْئَةً اَوْ اِثْمًا ثُمَّ يَرْمِ بِه بَرِيْئًا
فَقَدِ احْتَمَلَ بُهْتَانًا وَّ اِثْمًا مُّبِيْنًا. النساء:112
Dan
barangsiapa yang mengerjakan kesalahan atau dosa, kemudian dituduhkannya kepada
orang yang tidak bersalah, maka sesungguhnya ia telah
berbuat suatu kebohongan dan dosa yang nyata.
[QS. An-Nisaa’ :112]
لاَ خَيْرَ فِيْ كَثِيْرٍ مّنْ نَّجْويهُمْ اِلاَّ مَنْ اَمَرَ
بِصَدَقَةٍ اَوْ مَعْرُوْفٍ اَوْ اِصْلاَحٍ بَيْنَ النَّاسِ، وَ مَنْ يَّفْعَلْ
ذلِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا
عَظِيْمًا. النساء:114
Tidak
ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan
dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedeqah atau berbuat ma’ruf, atau
mengadakan perdamaian diantara manusia.
Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridlaan Allah, maka kelak
Kami memberi kepadanya pahala yang besar.
[QS. An-Nisaa’ : 114]
ياَيُّهَا الَّذِيْنَ امَنُوْآ اِنْ جَآءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ
فَتَبَيَّنُوْآ اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلى مَا
فَعَلْتُمْ نَادِمِيْنَ. الحجرات:6
Hai
orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasiq membawa suatu berita,
maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu mushibah kepada
suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas
perbuatanmu itu.
[QS. Al-Hujuraat : 6]
Hadits-hadits
Nabi SAW :
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِو عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اْلمُسْلِمُ
مَنْ سَلِمَ اْلمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَ يَدِهِ. وَ اْلمُهَاجِرُ مَنْ
هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ. البخارى 1: 8
Dari
‘Abdullah bin ‘Amr dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Orang Islam itu ialah orang
yangmana orang-orang Islam yang lain selamat dari perbuatan lisan dan tangannya.
Dan orang yang berhijrah ialah orang yang meninggalkan apa-apa
yang dilarang oleh Allah.
[HR. Bukhari juz 1, hal. 8]
عَنْ اَبِى مُوْسَى رض قَالَ: قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَيُّ
اْلاِسْلاَمِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: مَنْ سَلِمَ اْلمُسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَ
يَدِهِ. البخارى 1: 9
Dari
Abu Musa RA, ia berkata : Para shahabat bertanya, “Ya
Rasulullah, (orang) Islam yang bagaimana yang lebih utama ?”. Nabi SAW menjawab,
“Orang yangmana orang-orang Islam yang lain selamat
dari perbuatan lisan dan tangannya”.
[HR. Bukhari juz 1, hal. 9]
عَنْ حُذَيْفَةَ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ يَدْخُلُ
اْلجَنَّةَ نَمَّامٌ. البخارى و مسلم و ابو داود و الترمذى، فى الترغيب و الترهيب 1:
495
Dari
Hudzaifah RA, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda,
“Tidak akan masuk surga orang yang suka berbuat namimah”.
[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi, dalam Targhib wat Tarhib juz 3,
hal. 495]
عَنْ هَمَّامٍ قَالَ: كُنَّا مَعَ حُذَيْفَةَ فَقِيْلَ لَهُ: اِنَّ
رَجُلاً يَرْفَعُ اْلحَدِيْثَ اِلىَ عُثْمَانَ فَقَالَ حُذَيْفَةُ: سَمِعْتُ
النَّبِيَّ ص يَقُوْلُ: لاَ يَدْخُلُ اْلجَنَّةَ قَتَّاتٌ. البخارى 7: 86
Dari
Hammam, ia berkata : Dahulu kami bersama Hudzaifah,
lalu dikatakan kepadanya bahwa ada seorang laki-laki yang suka melaporkan
pembicaraan kepada ‘Utsman, maka Hudzaifah berkata : Saya mendengar Nabi SAW
bersabda, “Tidak akan masuk surga orang yang suka berbuat
namimah”.
[HR. Bukhari juz 7, hal. 86]
عَنْ هَمَّامِ بْنِ اْلحَارِثِ قَالَ: كَانَ رَجُلٌ يَنْقُلُ
اْلحَدِيْثَ اِلَى اْلاَمِيْرِ. فَكُنَّا جُلُوْسًا فِى اْلمَسْجِدِ، فَقَالَ
اْلقَوْمُ: هذَا مِمَّنْ يَنْقُلُ اْلحَدِيْثَ اِلَى اْلاَمِيْرِ؟ قَالَ: فَجَاءَ
حَتّى جَلَسَ اِلَيْنَا، فَقَالَ حُذَيْفَةُ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ:
لاَ يَدْخُلُ اْلجَنَّةَ قَتَّاتٌ. مسلم 1: 101
Dari
Hammam bin Harits, ia berkata :
Ada
seorang laki-laki yang suka melaporkan kepada penguasa. Ketika kami sedang duduk
di masjid, orang-orang berkata, “Ini orang yang suka melaporkan kepada penguasa ?”. (Hammam) berkata, ”Lalu
dia mendekat sehingga duduk bersama kami”. Maka Hudzaifah berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan
masuk surga orang yang suka berbuat namimah”.
[HR. Muslim juz 1, hal. 101]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ:
اَلنَّمِيْمَةُ وَ الشَّتِيْمَةُ وَ اْلحَمِيَّةُ فِى النَّارِ. و فى لفظ: اِنَّ
النَّمِيْمَةَ وَ اْلحِقْدَ فِى النَّارِ، لاَ يَجْتَمِعَانِ فِى قَلْبِ
مُسْلِمٍ. الطبرانى، فى الترغيب و الترهيب 3: 497
Dari
Ibnu ‘Umar RA, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah
SAW bersabda, “Namimah (adu-adu), syatimah (suka mencaci) dan hamiyyah
(kesombongan) adalah di neraka”. Dan dalam satu lafadh, “Sesungguhnya namimah
dan hiqdu (dendam) itu di neraka, kedua-duanya tidaklah bersemayam di dalam hati
seorang muslim”.
[HR. Thabrani, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 497]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: كُنَّا نَمْشِى مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ص
فَمَرَرْنَا عَلَى قَبْرَيْنِ فَقَامَ فَقُمْنَا مَعَهُ، فَجَعَلَ لَوْنُهُ
يِتَغَيَّرُ حَتَّى رَعَدَكُمُّ قَمِيْصِهِ فَقُلْنَا: مَا لَكَ يَا رَسُوْلَ
اللهِ؟ فَقَالَ: اَمَا تَسْتَمِعُوْنَ مَا اَسْمَعُ؟ فَقُلْنَا: وَ مَا ذَاكَ يَا
نَبِيَّ اللهِ؟ قَالَ: هذَانِ رَجُلاَنِ يُعَذَّبَانِ فِى قُبُوْرِهِمَا عَذَابًا
شَدِيْدًا فِى ذَنْبٍ هَيّنٍ. قُلْنَا: فِيْمَ ذَاكَ؟ قَالَ: كَانَ اَحَدُهُمَا لاَ
يَسْتَنْزِهُ مِنَ اْلبَوْلِ. وَ كَانَ اْلآخَرُ يُؤْذِى النَّاسَ بِلِسَانِهِ وَ
يَمْشِى بَيْنَهُمْ بِالنَّمِيْمَةِ، فَدَعَا بِجَرِيْدَتَيْنِ مِنْ جَرَائِدِ
النَّخْلِ، فَجَعَلَ فِى كُلّ قَبْرٍ وَاحِدَةً. قُلْنَا: وَ هَلْ يَنْفَعُهُمْ
ذلِكَ؟ قَالَ: نَعَمْ، يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا دَامَتَا رَطْبَتَيْنِ. ابن حبان فى صحيحه، فى الترغيب و الترهيب 3: 498
Dari
Abu Hurairah RA, ia berkata : Dahulu kami pernah
berjalan bersama Rasulullah SAW, lalu kami melewati dua buah qubur. Kemudian
beliau berhenti, maka kamipun berhenti bersama beliau. Lalu wajah beliau
berubah, sehingga bergetar ujung tangan baju beliau. Kami bertanya, “Mengapa
engkau, ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab, “Apakah
kalian tidak mendengar apa yang aku dengar ?”. Kami
bertanya, “Apa, ya Nabiyallah ?”. Beliau bersabda, “Ini, dua orang laki-laki yang sedang disiksa di
dalam quburnya dengan siksa yang keras lantaran dosa (yang mereka anggap)
ringan”. Kami bertanya, “Kenapa mereka itu ?”.
Beliau menjawab, “Salah satu dari keduanya dahulu dia tidak bersih dari kencing.
Adapun yang lain, dia dahulu biasa menyakiti
orang-orang dengan lisannya, dan berjalan di tengah-tengah mereka dengan berbuat
namimah”. Lalu beliau meminta dua pelepah kurma, dan beliau menancapkan pada
masing-masing qubur sebuah pelepah kurma. Kami bertanya, “Apakah yang demikian
itu bermanfaat kepada mereka ?”. Beliau menjawab, “Ya, diringankan (siksa) keduanya selama dua
pelepah kurma itu masih basah”.
[HR. Ibnu Hibban di dalam shahihnya, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal.
498]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص مَرَّ بِقَبْرَيْنِ
يُعَذَّبَانِ فَقَالَ: اِنَّهُمَا يُعَذَّبَانِ، وَ مَا يُعَذَّبَانِ فِى كَبِيْرٍ
بَلَى اِنَّهُ كَبِيْرٌ. اَمَّا اَحَدُهُمَا فَكَانَ يَمْشِى بِالنَّمِيْمَةِ، وَ
اَمَّا اْلآخَرُ فَكَانَ لاَ يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ. البخارى و اللفظ له و مسلم و ابو داود و الترمذى و النسائى و ابن ماجه،
فى الترغيب و الترهيب 3: 496
Dari
Ibnu ‘Abbas RA, bahwasanya Rasulullah SAW pernah melewati dua qubur yang
(penghuninya) sedang disiksa.
Dan tidaklah keduanya disiksa lantaran perkara yang besar
(menurut pandangan manusia), tetapi sesungguhnya perkara itu besar (menurut
pandangan Allah). Adapun seseorang dari keduanya dahulu
biasa kesana-kemari berbuat namimah. Adapun seseorang yang lain ialah dahulu tidak menjaga (tidak bersih) dari
kencing”.
[HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah. Lafadh ini bagi Bukhari, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal.
496]
عَنْ اَبِى اُمَامَةَ رض قَالَ: مَرَّ النَّبِيُّ ص فِى يَوْمٍ شَدِيْدِ
اْلحَرّ نَحْوَ بَقِيْعِ اْلغَرْقَدِ قَالَ: فَكَانَ النَّاسُ يَمْشُوْنَ خَلْفَهُ.
قَالَ: فَلَمَّا سَمِعَ صَوْتَ النّعَالِ وَقَرَ ذلِكَ فِى نَفْسِهِ، فَجَلَسَ
حَتَّى قَدَّمَهُمْ اَمَامَهُ لِئَلاَّ يَقَعَ فِى نَفْسِهِ شَيْءٌ مِنَ اْلكِبْرِ،
فَلَمَّا مَرَّ بِبَقِيْعِ اْلغَرْقَدِ اِذَا بِقَبْرَيْنِ قَدْ دَفَنُوْا
فِيْهِمَا رَجُلَيْنِ. قَالَ: فَوَقَفَ النَّبِيُّ ص فَقَالَ: مَنْ دَفَنْتُمُ
اْليَوْمَ ههُنَا؟ قَالُوْا فُلاَنٌ وَ فُلاَنٌ. قَالُوْا يَا نَبِيَّ اللهِ، وَ
مَا ذَاكَ؟ قَالَ: اَمَّا اَحَدُهُمَا فَكَانَ لاَ يَتَنَزَّهُ مِنَ اْلبَوْلِ، وَ
اَمَّا اْلآخَرُ فَكَانَ يَمْشِى بِالنَّمِيْمَةِ، وَ اَخَذَ جَرِيْدَةً رَطْبَةً
فَشَقَّهَا، ثُمَّ جَعَلَهَا عَلَى اْلقَبْرِ. قَالُوْا: يَا نَبِيَّ اللهِ، لِمَ
فَعَلْتَ هذَا؟ قَالَ: لِيُخَفَّفَنَّ عَنْهُمَا. قَالُوْا: يَا نَبِيَّ اللهِ،
حَتَّى مَتَى هُمَا يُعَذّبَانِ؟ قَالَ: غَيْبٌ، لاَ يَعْلَمُهُ اِلاَّ اللهُ عَزَّ
وَ جَلَّ. وَ لَوْ لاَ تَمَزُّعُ قُلُوْبِكُمْ وَ تَزَيُّدُكُمْ فِى اْلحَدِيْثِ
لَسَمِعْتُمْ مَا اَسْمَعُ. احمد، فى الترغيب و الترهيب 3: 496
Dari
Abu Umamah RA, ia berkata : Pada suatu hari yang sangat
panas Nabi SAW berjalan lewat jurusan (quburan) Baqii’il Gharqad. Abu Umamah
berkata, “Maka setelah beliau mendengar suara sandal-sandal, beliau menenangkan
diri lalu duduk, sehingga beliau mempersilakan orang-orang berjalan di depannya
supaya tidak timbul suatu kesombongan pada diri beliau. Setelah beliau melewati (quburan) Baqii’il Gharqad, tiba-tiba beliau
melihat dua quburan orang laki-laki yang orang-orang (baru saja)
menguburkannya. Nabi SAW bertanya, “Siapa yang telah kalian qubur di sini
pada hari ini ?”. Mereka menjawab, “Si Fulan dan si
Fulan”. Lalu mereka bertanya, “Ya Nabiyallah, kenapa mereka itu ?”. Nabi SAW menjawab, “Adapun salah
satu dari keduanya, dia tidak bersih dari kencing, adapun yang lain, dia dahulu
kesana-kemari berbuat namimah”. Kemudian Nabi SAW mengambil pelepah kurma
yang masih basah, lalu membelahnya dan menancapkannya pada qubur itu. Para
shahabat bertanya, “Ya Nabiyallah, mengapa engkau berbuat hal ini ?”. Beliau SAW menjawab, “Supaya diringankan (siksa) dari
keduanya”. Mereka bertanya, “Ya Nabiyallah, sampai kapan mereka berdua itu disiksa ?”. Nabi SAW menjawab, “Itu hal
yang ghaib, tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah ‘Azza wa Jalla.
Dan seandainya hati kalian tidak keluh-kesah dan kalian tidak
banyak bicara, sesungguhnya kalian pasti mendengar apa yang aku dengar”.
[HR. Ahmad, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 496]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لَيْسَ مِنّى
ذُوْ حَسَدٍ، وَ لاَ نَمِيْمَةٍ، وَ لاَ كَهَانَةٍ، وَ لاَ اَنَا مِنْهُ. ثُمَّ
تَلاَ رَسُوْلُ اللهِ ص {وَ الَّذِيْنَ يُؤْذُوْنَ اْلمُؤْمِنِيْنَ وَ
اْلمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَا اكْتَسَبُوْا فَقَدِ احْتَمَلُوْا بُهْتَانًا وَّ
اِثْمًا مُّبِيْنًا} الطبرانى، فىالترغيب و الترهيب 3: 499
Dari
‘Abdullah bin Busr, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Bukan dari golonganku orang
yang pendengki, orang yang berbuat namimah, dan orang yang percaya kepada dukun,
dan aku bukan dari golongannya”. Kemudian Rasulullah SAW membaca ayat
Walladziina yu’dzuunal mu’miniina wal mu’minaati bighairi maktasabuu
faqadihtamaluu buhtaanaw wa itsmam mubiina (Dan
orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan tanpa
kesalahan yang mereka lakukan, maka sungguh mereka itu telah berbuat kebohongan
dan dosa yang nyata). QS. Al-Ahzaab:58.
[HR. Thabrani, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 499]
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمنِ بْنِ غَنْمٍ يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ ص:
خِيَارُ عِبَادِ اللهِ الَّذِيْنَ اِذَا رُءُوْا ذُكِرَ اللهُ، وَ شِرَارُ عِبَادِ
اللهِ اْلمَشَّاءُوْنَ بِالنَّمِيْمَةِ اْلمُفَرّقُوْنَ بَيْنَ اْلأَحِبَّةِ
اَلْبَاغُوْنَ لِلْبُرَآءِ اْلعَنَتَ. احمد، فى التغيب و الترهيب 3: 499
Dari
‘Abdurrahman bin Ghanmin, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sebaik-baik hamba
Allah ialah orang-orang yang apabila mereka itu dipuji, disebutlah nama Allah, dan seburuk-buruk hamba Allah ialah orang-orang
yang berjalan kesana-kemari berbuat namimah, orang-orang yang memecah persatuan
dengan mencari-cari cela dan keburukan orang-orang yang bersih”.
[HR. Ahmad, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal. 499]
عَنِ اْلعَلاَءِ بْنِ اْلحَارِثِ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ:
اَلْهَمَّازُوْنَ وَ اللَّمَّازُوْنَ وَ اْلمَشَّاءُوْنَ بِالنَّمِيْمَةِ
اْلبَاغُوْنَ لِلْبُرَآءِ اْلعَنَتَ يَحْشُرُهُمُ اللهُ فِى وُجُوْهِ
اْلكِلاَبِ. ابو الشيخ ابن حبان، فى الترغيب و الترهيب 3: 500
Dari
Al-’Alaa’ bin Al-Harits RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Orang-orang
tukang pengumpat, tukang pencela dan orang-orang yang berjalan kesana-kemari
dengan berbuat namimah yang mencari-cari cela dan keburukan orang-orang yang
bersih, Allah akan mengumpulkan mereka itu dalam bentuk wajah-wajah
anjing”.
[HR. Abusy-Syaikh Ibnu Hibban, dalam Targhib wat Tarhib juz 3, hal.
500]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُوْدٍ قَالَ: اِنَّ مُحَمَّدًا ص قَالَ:
اَلاَ اُنَبّئُكُمْ مَا اْلعَضْهُ. هِيَ النَّمِيْمَةُ اْلقَالَةُ بَيْنَ النَّاسِ.
وَ اِنَّ مُحَمَّدًا ص قَالَ: اِنَّ الرَّجُلَ يَصْدُقُ حَتَّى يُكْتَبَ صِدّيْقًا
وَ يَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ كَذَّابًا. مسلم 4: 2012
Dari
‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata : Sesungguhnya Nabi
Muhammad SAW pernah bersabda, “Maukah aku beritahukan kepada kalian, apakah
al-’adlhu itu ?. Al-’adlhu adalah perbuatan namimah yang
tersebar di tengah-tengah manusia”. Dan sesungguhnya Nabi SAW bersabda,
“Sesungguhnya seseorang berbuat jujur sehingga dicatat sebagai orang yang jujur,
dan seseorang berbuat dusta sehingga dicatat sebagai pendusta”.
[HR. Muslim juz 4, hal. 2012]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar