I’TIKAF



I’tikaf secara bahasa artinya mendiami suatu tempat, sedangkan secara syar’i artinya menetap di masjid untuk melakukan ibadah.  Orang yang beri’tikaf disebut mu’takif.
I’tikaf disunahkan untuk dilakukan pada bulan Ramadhan sebagaimana hadits Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra sebagai berikut:

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ فِى كُلّ رَمَضَانَ عَشْرَةَ اَيَّامٍ. فَلَمَّا كَانَ اْلعَامُ الَّذِى قُبِضَ فِيْهِ اعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ يَوْمًا. البخارى
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Adalah Nabi SAW beri’tikaf pada setiap Ramadlan selama sepuluh hari. Maka ketika pada tahun dimana beliau wafat, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari”. [HR. Bukhari]
Sedangkan I’tikaf yang paling utama adalah pada akhir bulan Ramadhan, berdasarkan hadits-hadits sbb:

عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ تَعَالَى، ثُمَّ اعْتَكَفَ اَزْوَاجُهُ بَعْدَهُ. البخارى و مسلم
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadlan sehingga Allah mewafatkannya, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudahnya”. [HR. Bukhari dan Muslim]

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ. البخارى و مسلم
Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadlan”. [HR. Bukhari dan Muslim]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا دَخَلَ اْلعَشْرُ اَحْيَا اللَّيْلَ وَ اَيْقَظَ اَهْلَهُ وَ شَدَّ اْلمِئْزَرَ. البخارى و مسلم

Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Adalah Rasulullah SAW apabila memasuki malam-malam sepuluh (akhir Ramadlan) beliau menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya, dan mengencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh beribadah)”. [HR. Bukhari dan Muslim]

عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ فَلَمْ يَعْتَكِفْ عَامًا. فَلَمَّا كَانَ فِى اْلعَامِ اْلمُقْبِلِ اِعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ. احمد و الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 4: 295
Dari Anas, ia berkata : Adalah Nabi SAW biasa itikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadlan, dan beliau pernah satu tahun tidak beritikaf padanya.. Kemudian tahun berikutnya beliau beritikaf selama dua puluh hari. [HR, Ahmad dan Tirmdzi dan ia menshahihkannya, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 295]

I’tikaf harus dilakukan di masjid berdasar firman Allah swt sbb:

وَ لاَ تُبَاشِرُوْهُنَّ وَ اَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي اْلمَسَاجِدِ، تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا البقرة: 187
janganlah kamu campuri mereka (istri-istrimu), sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. [QS. Al-Baqarah: 187]

Jumhur ulama berpendapat boleh beritikaf di semua masjid berdasarkan keumuman ayat; fil masajid (di masjid-masjid).  Yang dimaksud masjid adalah masjid yang didalamnya ditegakkan sholat jamaah lima waktu.

Wanita juga disyariatkan untuk beritikaf berdasarkan hadits sbb:

عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعْتَكِفُ فِى كُلّ رَمَضَانَ وَ اِذَا صَلَّى اْلغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ فِيْهِ قَالَ: فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ اَنْ تَعْتَكِفَ فَاَذِنَ لَهَا فَضَرَبَتْ فِيْهِ قُبَّةً فَسَمِعَتْ بِهَا حَفْصَةُ فَضَرَبَتْ قُبَّةَ وَ سَمِعَتْ زَيْنَبُ بِهَا فَضَرَبَت قُبَّةً اُخْرَى. فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنَ اْلغَدِ اَبْصَرَ اَرْبَعَ قِبَابٍ فَقَالَ: مَا هذَا؟ فَاُخْبِرَ خَبَرَهُنَّ فَقَالَ: مَا حَمَلَهُنَّ عَلَى هذَا آلْبِرُّ اِنْزَعُوْهَا فَلاَ اُرَاهَا فَنُزِعَتْ فَلَمْ يَعْتَكِفْ فِى رَمَضَانَ حَتَّى اعْتَكَفَ فِى اخِرِ اْلعَشْرِ مِنْ شَوَّالٍ. البخارى 2: 259
Dari Aisyah RA, ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW beritikaf pada setiap bulan Ramadlan. Setelah shalat Shubuh beliau masuk ke tempat itikafnya. (Perawi) berkata : Lalu Aisyah minta ijin kepada beliau untuk beritikaf, maka beliau mengijinkannya. Kemudian Aisyah membuat kemah. Kemudian Hafshah mendengar hal itu, lalu ia pun membuat kemah. Kemudian Zainab juga mendengar hal itu, maka iapun membuat kemah. Setelah Rasulullah SAW selesai shalat Shubuh, maka beliau melihat ada empat kemah, lalu beliau bertanya, Ada apa ini ?. Lalu beliau diberitahu bahwa itu adalah kemah-kemah istri-istri beliau. Lalu beliau bertanya, Apa yang mendorong mereka berbuat demikian ? Apakah yang demikian itu kebaikan ? Bongkarlah kemah-kemah itu, karena aku melihatnya bukanlah kebaikan. Lalu kemah-kemah itu dibongkar, dan beliau tidak jadi beritikaf Ramadlan (tahun itu), sehingga beliau beritikaf pada sepuluh hari akhir di bulan Syawwal. [HR. Bukhari juz 2, hal. 259]
Keterangan :
Di dalam riwayat lain disebutkan sehingga beritikaf sepuluh hari yang awwal di bulan Syawwal. Di dalam riwayat yang lain lagi disebutkan, Sehingga beliau beritikaf sepuluh hari di bulan Syawwal, walloohu alam.
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص اِعْتَكَفَ وَ مَعَهُ بَعْضُ نِسَائِهِ وَ هِيَ مُسْتَحَاضَةٌ تَرَى الدَّمَ، فَرُبَّمَا وَضَعَتِ الطَشْتَ تَحْتَهَا مِنَ الدَّمِ. البخارى فى يل الاوطار 4: 301
Dari Aisyah bahwasanya Nabi SAW beritikaf, dan beritikaf pula sebagian dari istri-istri beliau, padahal pada waktu itu ia  sedang istihadhah, ia melihat darah. Kadangkala ia meletakkan bejana di bawahnya karena darah istihadhah itu. [HR. Bukhari, dalam Nailul Authar juz 2, hal. 301].
Wanita yang beritikaf dimasjid harus seijin suaminya dan menjaga dirinya sehingga tidak menimbulkan fitnah dengan menutup auratnya dan tidak memakai wangi-wangian.
Itikaf dapat menjadi batal jika melakukan hal-hal sebagai berikut:
1.    Keluar dari tempat Itikaf dengan tanpa udzur syarI atau bukan untuk keperluan yang mendesak. Udzur syarI dan keperluan mendesak yang dapat dilakukan oleh orang yang Itikaf sehingga boleh keluar masjid antara lain : makan, minum, buang hajat, mandi junub atau wudlu yang tidak dapat dilakukannya kecuali keluar dari masjid.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: اَلسُّنَّةُ عَلَى اْلمُعْتَكِفِ اَنْ لاَ يَعُوْدَ مَرِيْضًا وَ لاَ يَشْهَدَ جَنَازَةً وَ لاَ يَمَسَّ امْرَأَةً وَ لاَ يُبَاشِرَهَا، وَ لاَ يَخْرُجَ لِحَاجَةٍ اِلاَّ لِمَا لاَ بُدَّ مِنْهُ. ابو داود، فى نيل الاوطار 4: 298
Dari Aisyah, ia berkata, Menurut sunnah, bahwa orang itikaf itu tidak menjenguk orang sakit, tidak melayat, tidak menyentuh wanita, tidak mengumpulinya, dan tidak keluar (dari tempat itikaf) untuk sesuatu keperluan, kecuali sesuatu yang ia harus melakukannya. [HR. Abu Dawud, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 298]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا كَانَتْ تُرَجّلُ النَّبِيَّ ص وَ هِيَ حَائِضٌ، وَ هُوَ مُعْتَكِفٌ فِى اْلمَسْجِدِ. وَ هِيَ فِى حُجْرَتِهَا يُنَاوِلُهَا رَأْسَهُ. وَ كَانَ لاَ يَدْخُلُ اْلبَيْتَ اِلاَّ لِحَاجَةِ اْلاِنْسَانِ اِذَا كَانَ مُعْتَكِفًا. متفق عليه، فى نيل الاوطار 4: 297
Dari Aisyah, bahwasanya ia pernah menyisir (rambut) Nabi SAW, padahal ia sedang haidl, dan Nabi SAW sedang itikaf di masjid. Pada waktu itu Aisyah di dalam kamarnya, dan Nabi SAW menjulurkan kepalanya ke kamar Aisyah. Dan adalah Nabi SAW apabila sedang Itikaf, beliau tidak pernah masuk ke rumah kecuali kalau untuk menunaikan hajat. [HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 297]

2.  Melakukan hubungan intim dengan istrinya pada saat Itikaf, hal ini membatalkan Itikaf berdasarkan QS Al Baqarah 187,
وَ لاَ تُبَاشِرُوْهُنَّ وَ اَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي اْلمَسَاجِدِ، تِلْكَ حُدُوْدُ اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا البقرة: 187
janganlah kamu campuri mereka (istri-istrimu), sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. [QS. Al-Baqarah: 187]


Orang yang beri’tikaf hendaknya mengisi waktunya dengan melakukan ketaatan kepada Allah swt, seperti shalat, berdzikir, istighfar, berdoa, membaca dan mempelajari Al Qur’an dan lain-lainnya,

Rujukan :
1.    Al Qur’an dan terjemahannya, Depag RI
2.    Bundel Brosur Ahad Pagi tahun 2010, MTA Surakarta
3.    Shahih Fiqih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin as Sayyid Salim, Pustaka Tazkia, Jakarta, 2003

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "I’TIKAF"

Posting Komentar