I’tikaf secara bahasa artinya mendiami suatu tempat,
sedangkan secara syar’i artinya menetap di masjid untuk melakukan ibadah. Orang yang beri’tikaf disebut mu’takif.
I’tikaf disunahkan untuk dilakukan pada bulan
Ramadhan sebagaimana hadits Nabi SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra
sebagai berikut:
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ رض قَالَ:
كَانَ النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ فِى كُلّ رَمَضَانَ عَشْرَةَ اَيَّامٍ. فَلَمَّا
كَانَ اْلعَامُ الَّذِى قُبِضَ فِيْهِ اعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ يَوْمًا. البخارى
Dari Abu Hurairah RA, ia berkata,
“Adalah Nabi SAW beri’tikaf pada setiap Ramadlan selama sepuluh hari. Maka
ketika pada tahun dimana beliau wafat, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari”. [HR. Bukhari]
Sedangkan I’tikaf yang paling utama adalah pada
akhir bulan Ramadhan, berdasarkan hadits-hadits sbb:
عَنْ عَائِشَةَ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص
كَانَ يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ
تَعَالَى، ثُمَّ اعْتَكَفَ اَزْوَاجُهُ بَعْدَهُ. البخارى و مسلم
Dari ‘Aisyah RA, bahwasanya Nabi SAW
beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadlan sehingga Allah
mewafatkannya, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudahnya”. [HR. Bukhari dan
Muslim]
عَنِ
ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ
مِنْ رَمَضَانَ.
البخارى و مسلم
Dari Ibnu ‘Umar RA, ia berkata,
“Adalah Rasulullah SAW beri’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan
Ramadlan”.
[HR. Bukhari dan Muslim]
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ
رَسُوْلُ اللهِ ص اِذَا دَخَلَ اْلعَشْرُ اَحْيَا اللَّيْلَ وَ اَيْقَظَ اَهْلَهُ
وَ شَدَّ اْلمِئْزَرَ.
البخارى و مسلم
Dari ‘Aisyah RA, ia berkata, “Adalah
Rasulullah SAW apabila memasuki malam-malam sepuluh (akhir Ramadlan) beliau
menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya, dan mengencangkan ikat
pinggang (bersungguh-sungguh beribadah)”. [HR. Bukhari dan Muslim]
عَنْ اَنَسٍ قَالَ: كَانَ
النَّبِيُّ ص يَعْتَكِفُ اْلعَشْرَ اْلاَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ فَلَمْ يَعْتَكِفْ
عَامًا. فَلَمَّا كَانَ فِى اْلعَامِ اْلمُقْبِلِ اِعْتَكَفَ عِشْرِيْنَ. احمد و
الترمذى و صححه، فى نيل الاوطار 4: 295
Dari
Anas, ia berkata : Adalah Nabi SAW biasa i’tikaf pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadlan, dan
beliau pernah satu tahun tidak beri’tikaf padanya.. Kemudian tahun berikutnya beliau beri’tikaf selama dua puluh hari. [HR, Ahmad dan Tirmdzi dan ia menshahihkannya, dalam
Nailul Authar juz 4, hal. 295]
I’tikaf harus dilakukan di masjid berdasar firman
Allah swt sbb:
وَ لاَ
تُبَاشِرُوْهُنَّ وَ اَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي اْلمَسَاجِدِ، تِلْكَ حُدُوْدُ
اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا البقرة: 187
“ janganlah kamu campuri mereka (istri-istrimu), sedang
kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu
mendekatinya.” [QS. Al-Baqarah: 187]
Jumhur ulama berpendapat boleh beri’tikaf
di semua masjid berdasarkan keumuman ayat; fil masajid (di masjid-masjid). Yang dimaksud masjid adalah masjid yang
didalamnya ditegakkan sholat jamaah lima waktu.
Wanita juga disyariatkan untuk beri’tikaf
berdasarkan hadits sbb:
عَنْ عَائِشَةَ رض قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يَعْتَكِفُ
فِى كُلّ رَمَضَانَ وَ اِذَا صَلَّى اْلغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى
اعْتَكَفَ فِيْهِ قَالَ: فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ اَنْ تَعْتَكِفَ فَاَذِنَ
لَهَا فَضَرَبَتْ فِيْهِ قُبَّةً فَسَمِعَتْ بِهَا حَفْصَةُ فَضَرَبَتْ قُبَّةَ وَ
سَمِعَتْ زَيْنَبُ بِهَا فَضَرَبَت قُبَّةً اُخْرَى. فَلَمَّا انْصَرَفَ رَسُوْلُ
اللهِ ص مِنَ اْلغَدِ اَبْصَرَ اَرْبَعَ قِبَابٍ فَقَالَ: مَا هذَا؟ فَاُخْبِرَ
خَبَرَهُنَّ فَقَالَ: مَا حَمَلَهُنَّ عَلَى هذَا آلْبِرُّ اِنْزَعُوْهَا فَلاَ
اُرَاهَا فَنُزِعَتْ فَلَمْ يَعْتَكِفْ فِى رَمَضَانَ حَتَّى اعْتَكَفَ فِى اخِرِ
اْلعَشْرِ مِنْ شَوَّالٍ. البخارى 2: 259
Dari ‘Aisyah RA,
ia berkata : Dahulu Rasulullah SAW beri’tikaf pada
setiap bulan Ramadlan. Setelah shalat Shubuh beliau masuk ke tempat i’tikafnya. (Perawi) berkata : Lalu ‘Aisyah minta ijin kepada beliau untuk beri’tikaf, maka beliau mengijinkannya. Kemudian ‘Aisyah membuat kemah. Kemudian Hafshah mendengar
hal itu, lalu ia pun membuat kemah. Kemudian Zainab juga mendengar hal itu,
maka iapun membuat kemah. Setelah Rasulullah SAW selesai shalat Shubuh, maka
beliau melihat ada empat kemah, lalu beliau bertanya, “Ada apa ini ?”. Lalu
beliau diberitahu bahwa itu adalah kemah-kemah istri-istri beliau. Lalu beliau
bertanya, “Apa yang
mendorong mereka berbuat demikian ? Apakah yang demikian itu kebaikan ?
Bongkarlah kemah-kemah itu, karena aku melihatnya bukanlah kebaikan”. Lalu kemah-kemah itu dibongkar, dan beliau tidak
jadi beri’tikaf
Ramadlan (tahun itu), sehingga beliau beri’tikaf pada
sepuluh hari akhir di bulan Syawwal. [HR. Bukhari juz 2, hal. 259]
Keterangan :
Di
dalam riwayat lain disebutkan “sehingga beri’tikaf sepuluh hari yang awwal di bulan Syawwal”.
Di dalam riwayat yang lain lagi disebutkan, “Sehingga beliau beri’tikaf sepuluh hari di bulan Syawwal”,
walloohu a’lam.
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص
اِعْتَكَفَ وَ مَعَهُ بَعْضُ نِسَائِهِ وَ هِيَ مُسْتَحَاضَةٌ تَرَى الدَّمَ،
فَرُبَّمَا وَضَعَتِ الطَشْتَ تَحْتَهَا مِنَ الدَّمِ. البخارى
فى يل الاوطار 4: 301
Dari
‘Aisyah bahwasanya Nabi SAW beri’tikaf, dan beri’tikaf pula sebagian dari istri-istri beliau, padahal pada
waktu itu ia sedang istihadhah, ia
melihat darah. Kadangkala ia meletakkan bejana di bawahnya karena darah
istihadhah itu. [HR. Bukhari,
dalam Nailul Authar juz 2, hal. 301].
Wanita
yang beri’tikaf
dimasjid harus seijin suaminya dan menjaga dirinya sehingga tidak menimbulkan
fitnah dengan menutup auratnya dan tidak memakai wangi-wangian.
I’tikaf
dapat menjadi batal jika melakukan hal-hal sebagai berikut:
1. Keluar dari tempat I’tikaf dengan tanpa udzur syar’I
atau bukan untuk keperluan yang mendesak. Udzur syar’I
dan keperluan mendesak yang dapat dilakukan oleh orang yang I’tikaf
sehingga boleh keluar masjid antara lain : makan, minum, buang hajat, mandi
junub atau wudlu yang tidak dapat dilakukannya kecuali keluar dari masjid.
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
اَلسُّنَّةُ عَلَى اْلمُعْتَكِفِ اَنْ لاَ يَعُوْدَ مَرِيْضًا وَ لاَ يَشْهَدَ
جَنَازَةً وَ لاَ يَمَسَّ امْرَأَةً وَ لاَ يُبَاشِرَهَا، وَ لاَ يَخْرُجَ
لِحَاجَةٍ اِلاَّ لِمَا لاَ بُدَّ مِنْهُ. ابو
داود، فى نيل الاوطار 4: 298
Dari ‘Aisyah, ia
berkata, “Menurut
sunnah, bahwa orang i‘tikaf itu
tidak menjenguk orang sakit, tidak melayat, tidak menyentuh wanita, tidak
mengumpulinya, dan tidak keluar (dari tempat i’tikaf) untuk sesuatu keperluan, kecuali sesuatu
yang ia harus melakukannya”. [HR. Abu
Dawud, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 298]
عَنْ عَائِشَةَ اَنَّهَا كَانَتْ تُرَجّلُ النَّبِيَّ
ص وَ هِيَ حَائِضٌ، وَ هُوَ مُعْتَكِفٌ فِى اْلمَسْجِدِ. وَ هِيَ فِى حُجْرَتِهَا
يُنَاوِلُهَا رَأْسَهُ. وَ كَانَ لاَ يَدْخُلُ اْلبَيْتَ اِلاَّ لِحَاجَةِ
اْلاِنْسَانِ اِذَا كَانَ مُعْتَكِفًا. متفق
عليه، فى نيل الاوطار 4: 297
Dari ‘Aisyah,
bahwasanya ia pernah menyisir (rambut) Nabi SAW, padahal ia sedang haidl, dan
Nabi SAW sedang i’tikaf di
masjid. Pada waktu itu ‘Aisyah di
dalam kamarnya, dan Nabi SAW menjulurkan kepalanya ke kamar ‘Aisyah. Dan adalah Nabi SAW apabila sedang I’tikaf, beliau tidak pernah masuk ke rumah kecuali
kalau untuk menunaikan hajat”. [HR.
Ahmad, Bukhari dan Muslim, dalam Nailul Authar juz 4, hal. 297]
2. Melakukan
hubungan intim dengan istrinya pada saat I’tikaf, hal
ini membatalkan I’tikaf
berdasarkan QS Al Baqarah 187,
وَ لاَ
تُبَاشِرُوْهُنَّ وَ اَنْتُمْ عَاكِفُوْنَ فِي اْلمَسَاجِدِ، تِلْكَ حُدُوْدُ
اللهِ فَلاَ تَقْرَبُوْهَا البقرة: 187
“ janganlah kamu campuri mereka (istri-istrimu), sedang
kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu
mendekatinya.” [QS. Al-Baqarah: 187]
Orang yang beri’tikaf hendaknya
mengisi waktunya dengan melakukan ketaatan kepada Allah swt, seperti shalat,
berdzikir, istighfar, berdoa, membaca dan mempelajari Al Qur’an dan
lain-lainnya,
Rujukan :
1.
Al
Qur’an dan terjemahannya, Depag RI
2.
Bundel
Brosur Ahad Pagi tahun 2010, MTA Surakarta
3.
Shahih
Fiqih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin as Sayyid Salim, Pustaka Tazkia,
Jakarta, 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar