Pada petang hari
sebelum Nabi SAW meninggalkan padang ‘Arafah, ketika beliau wuquf di ‘Arafah,
turunlah wahyu Allah kepada beliau :
اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَ اَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ
نِعْمَتِيْ وَ رَضِيْتُ لَكُمُ اْلاِسْلاَمَ دِيْنًا. المائدة: 3
Pada hari ini
telah Ku-sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku,
dan telah Ku-ridlai Islam menjadi agama bagimu. [QS. Al-Maaidah :
3]
Kemudian Nabi SAW
membacakan firman Allah ini kepada orang ramai.
Bukhari meriwayatkan
:
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ رَجُلاً مِنَ اْليَهُوْدِ قَالَ
لَهُ: يَا اَمِيْرَ اْلمُؤْمِنِيْنَ، آيَةٌ فِى كِتَابِكُمْ تَقْرَءُوْنَهَا لَوْ
عَلَيْنَا مَعْشَرَ اْليَهُوْدِ نَزَلَتْ لاَتَّخَذْنَا ذلِكَ اْليَوْمَ عِيْدًا.
قَالَ: أَيُّ آيَةٍ. قَالَ: اَلْيَوْمَ اَكْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَ اَتْمَمْتُ
عَلَيْكُمْ نِعْمَتِيْ وَ رَضِيْتُ لَكُمُ اْلاِسْلاَمَ دِيْنًا. قَالَ عُمَرُ:
قَدْ عَرَفْنَا ذلِكَ اْليَوْمَ وَ اْلمَكَانَ الَّذِى نَزَلَتْ فِيْهِ عَلَى
النَّبِيّ ص وَ هُوَ قَائِمٌ بِعَرَفَةَ يَوْمَ جُمْعَةٍ. البخارى 1: 16
Dari ‘Umar bin
Khaththab RA, bahwasanya ada seorang laki-laki dari kaum Yahudi bertanya
kepadanya, “Ya Amirul Mu’minin, ada satu ayat dalam kitab kalian yang kalian
baca, seandainya itu diturunkan pada kami kaum Yahudi, tentu kami akan
menjadikan hari turunnya itu sebagai hari raya”. ‘Umar bertanya, “Ayat yang mana
itu ?”. Orang Yahudi itu berkata (ayat yang artinya), “Pada hari ini telah
Ku-sempurnakan untukmu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu ni’mat-Ku, dan
telah Ku-ridlai Islam menjadi agama bagimu”. ‘Umar berkata, “Sungguh aku
mengerti hari itu dan tempat dimana ayat itu turun kepada Nabi SAW, yaitu ketika
beliau sedang berdiri di ‘Arafah pada hari Jum’at”. [HR. Bukhari juz 1, hal.
16]
Dan ketika matahari
sudah terbenam, berangkatlah Nabi SAW dengan kaum muslimin dari
padang ‘Arafah menuju Muzdalifah, lalu beliau
bermalam di sana.
Bukhari meriwayatkan
:
عَنْ اُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رض اَنَّهُ قَالَ: رَدِفْتُ رَسُوْلَ اللهِ
ص مِنْ عَرَفَاتٍ، فَلَمَّا بَلَغَ رَسُوْلُ اللهِ ص الشّعْبَ اْلاَيْسَرَ الَّذِى
دُوْنَ اْلمُزْدَلِفَةِ اَنَاخَ فَبَالَ ثُمَّ جَاءَ فَصَبَبْتُ عَلَيْهِ
اْلوَضُوْءَ تَوَضَّأَ وُضُوْأً خَفِيْفًا فَقُلْتُ: اَلصَّلاَةُ يَا رَسُوْلَ
اللهِ؟ قَالَ: اَلصَّلاَةُ اَمَامَكَ. فَرَكِبَ رَسُوْلُ اللهِ ص حَتَّى اَتَى
اْلمُزْدَلِفَةَ فَصَلَّى، ثُمَّ رَدِفَ اْلفَضْلُ رَسُوْلَ اللهِ ص غَدَاةَ
جَمْعٍ. قَالَ كُرَيْبٌ فَاَخْبَرَنِى عَبْدُ اللهِ بْنُ عَبَّاسٍ رض عَنِ
اْلفَضْلِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمْ يَزَلْ يُلَبّى حَتَّى بَلَغَ
اْلجَمْرَةَ. البخارى 2: 176
Dari Usamah bin
Zaid RA, bahwasanya ia berkata : Saya membonceng di belakang kendaraan
Rasulullah SAW ketika keluar dari ‘Arafah. Ketika sampai di syi’ib (kemah)
sebelah kiri di dekat Muzdalifah, Nabi SAW turun untuk kencing. Kemudian beliau
berwudlu, dan aku menuangkan air wudlunya, beliaupun berwudlu dengan wudlu yang
ringan, lalu aku bertanya, “Apakah shalat, ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab,
“(Nanti) shalat di depanmu (Muzdalifah)”. Kemudian beliau naik unta lagi hingga
sampai di Muzdalifah, kemudian beliau shalat. Kemudian Fadhl membonceng
Rasulullah SAW pada pagi hari nahr (‘Iedul Adlha). Kuraib berkata, “Aku
diberitahu oleh ‘Abdullah bin ‘Abbas RA, dari Fadhl, bahwa Rasulullah SAW
terus-menerus bertalbiyah, sehingga sampai di jumrah ‘Aqabah. [Bukhari juz 2, hal.
176]
Dalam riwayat lain
disebutkan :
عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ اُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ رض اَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُوْلُ
دَفَعَ رَسُوْلُ اللهِ ص مِنْ عَرَفَةَ فَنَزَلَ الشّعْبَ فَبَالَ ثُمَّ تَوَضَّأَ
وَ لَمْ يُسْبِغِ اْلوُضُوْءَ فَقُلْتُ لَهُ: اَلصَّلاَةَ؟ فَقَالَ: اَلصَّلاَةُ
اَمَامَكَ. فَجَاءَ اْلمُزْدَلِفَةَ فَتَوَضَّأَ فَاَسْبَغَ ثُمَّ اُقِيْمَتِ
الصَّلاَةُ فَصَلَّى اْلمَغْرِبَ ثُمَّ اَنَاخَ كُلُّ اِنْسَانٍ بَعِيْرَهُ فِى
مَنْزِلِهِ ثُمَّ اُقِيْمَتِ الصَّلاَةُ فَصَلَّى وَلَمْ يُصَلّ
بَيْنَهُمَا. البخارى 2: 177
Dari Kuraib, ia
mendengarkan dari Usamah bin Zaid RA, ia berkata : Rasulullah SAW berangkat dari
‘Arafah lalu turun di syi’ib (kemah), lalu beliau kencing. Kemudian beliau
wudlu, tetapi tidak menyempurnakan wudlu. Lalu saya bertanya, “Apakah akan
mengerjakan shalat, ya Rasulullah ?”. Beliau bersabda, “(Nanti) shalat di
depanmu”, lalu beliau meneruskan perjalanan. Setelah sampai di Muzdalifah beliau
turun, lalu berwudlu dengan sempurna, kemudian iqamah, lalu beliau shalat
Maghrib, kemudian tiap orang menempatkan untanya di dekat kemahnya, kemudian
iqamah, lalu beliau shalat (‘Isyak), dan beliau tidak shalat sunnah diantara
keduanya. [HR. Bukhari juz
2, hal. 177]
Kemudian beliau
berbaring (di Muzdalifah) hingga terbit fajar. Setelah beliau mengerjakan shalat
Shubuh, lalu berangkat menuju Masy’aril Haram, kemudian terus ke Mina untuk
menyelesaikan manasik hajji.
Setelah Nabi SAW tiba
di Mina, beliau lalu melempar jumrah. Kemudian kaum muslimin mendirikan kemah
Nabi SAW, lalu beliau beristirahat sebentar dalam kemah tersebut. Tak lama
kemudian, beliau bangun dan terus menyembelih 63 ekor unta, lalu sisanya yang 37
ekor, beliau serahkan kepada ‘Ali RA supaya ‘Ali menyembelihnya
pula.
Kemudian barulah Nabi
SAW mencukur rambut beliau, dan dengan demikian selesailah ibadah hajji, yaitu
ibadah hajji yang tekenal dengan “Hajjatul Wadaa’ “.
Wahyu Allah yang
turun kepada Nabi SAW dan khutbah beliau pada hari nahr.
Pada waktu Nabi SAW
bersama kaum muslimin berada di Mina dari tanggal 10 s/d tanggal 13 Dzulhijjah,
pada hari tasyriq tanggal 12 Dzulhijjah turunlah wahyu Allah kepada beliau
sebagai berikut :
اِذَا جَآءَ نَصْرُ اللهِ وَ اْلفَتْحُ. وَ رَأَيْتَ النَّاسَ
يَدْخُلُوْنَ فِيْ دِيْنِ اللهِ اَفْوَاجًا. فَسَبّحْ بِحَمْدِ رَبّكَ وَ
اسْتَغْفِرْهُ، اِنَّه كَانَ تَوَّابًا. النصر: 1-3
Apabila telah
datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk ke dalam
agama Allah berbondong-bondong. Maka bertasbihlah memuji Tuhanmu, dan mohonlah
ampunan-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha penerima taubat. [QS. An-Nashr :
1-3]
Setelah Nabi SAW
menerima ayat-ayat tersebut, lalu beliau bersabda :
نُعِيَتْ اِلَيَّ نَفْسِى وَ قَرُبَ اِلَيَّ اَجَلِى. فتح القدير 5: 740
Jiwaku telah
diberitahukan kepadaku dan ajalku telah dekat. [Tafsir Fathul Qadir juz 5, hal.
740]
Keterangan :
Tentang turunnya
surat An-Nashr ini, ada yang mengatakan pada saat hajji wadaa’, tetapi ada pula
yang mengatakan pada Fathu Makkah, walloohu a’lam.
Ketika Nabi SAW
berada di Mina pada hari tasyriq (hari Nahr) beliau berkhutbah, sebagaimana
riwayat berikut :
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص خَطَبَ النَّاسَ يَوْمَ
النَّحْرِ فَقَالَ: يَا اَيُّهَا النَّاسُ، أَيُّ يَوْمٍ هذَا؟ قَالُوْا: يَوْمٌ
حَرَامٌ. قَالَ: فَاَيُّ بَلَدٍ هذَا؟ قَالُوْا: بَلَدٌ حَرَامٌ. قَالَ: فَاَيُّ
شَهْرٍ هذَا؟ قَالُوْا: شَهْرٌ حَرَامٌ. قَالَ: فَاِنَّ دِمَائَكُمْ وَ
اَمْوَالَكُمْ وَ اَعْرَاضَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ، كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هذَا،
فِى بَلَدِكُمْ هذَا فِى شَهْرِكُمْ هذَا. فَاَعَادَهَا مِرَارًا.ثُمَّ رَفَعَ
رَأْسَهُ فَقَالَ: اَللّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ؟ اَللّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ؟ قَالَ
ابْنُ عَبَّاسٍ رض: فَوَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ، اِنَّهَا لَوَصِيَّتُهُ اِلىَ
اُمَّتِهِ. فَلْيُبَلّغِ الشَّاهِدُ
اْلغَائِبَ، لاَ تَرْجِعُوْا بَعْدِى كُفَّارًا، يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ رِقَابَ
بَعْضٍ. البخارى 2: 191
Dari Ibnu ‘Abbas
RA, bahwasanya Rasulullah SAW berkhutbah di hadapan manusia pada hari Nahr.
Beliau bersabda, “Hai
segenap manusia, hari apakah ini ?”.
Orang-orang yang hadir menjawab, “Ini
adalah hari haram”.
Kemudian Nabi SAW bertanya lagi , ”Negeri apakah negeri ini ? Hadirin
menjawab, “Ini adalah negeri haram”. Nabi SAW bertanya lagi, “Bulan apakah
sekarang ini ?”. Hadirin menjawab, “Bulan
haram”.
Kemudian Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya darah kalian, harta benda
kalian dan kehormatan kalian adalah haram atas kalian, sebagaimana haramnya hari
kalian ini, di negeri kalian ini, di dalam bulan kalian ini. Pesan itu beliau
serukan berulang-ulang. Kemudian beliau mengangkat kepala sambil berdoa, “Ya
Allah, bukankah aku telah menyampaikan ? Ya Allah, bukankah aku telah
menyampaikan ?”. Ibnu ‘Abbas RA berkata, “Demi Tuhan yang jiwaku di tangan-Nya,
sesungguhnya pesan itu adalah washiyat beliau kepada ummatnya. Kemudian beliau
bersabda : Maka orang yang hadir hendaklah menyampaikan kepada orang yang tidak
hadir.Janganlah kalian kembali menjadi kafir sepeninggalku, sebagian kalian
memenggal leher sebagian yang lain. [HR. Bukhari juz 2, hal.
191]
Dalam riwayat lain
disebutkan :
عَنْ اَبِى بَكْرَةَ رض قَالَ: خَطَبَنَا النَّبِيُّ ص يَوْمَ
النَّحْرِ، قَالَ: اَ تَدْرُوْنَ أَيُّ يَوْمٍ هذَا؟ قُلْنَا: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ
اَعْلَمُ، فَسَكَتَ حَتَّى ظَنَنَّا اَنَّهُ سَيُسَمّيْهِ بِغَيْرِ اسْمِهِ. قَالَ:
اَ لَيْسَ يَوْمَ النَّحْرِ؟ قُلْنَا: بَلَى. قَالَ: أَيُّ شَهْرٍ هذَا؟ قُلْنَا:
اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. فَسَكَتَ حَتَّى طَنَنَّا اَنَّهُ سَيُسَمّيْهِ
بِغَيْرِ اسْمِهِ: فَقَالَ: اَ لَيْسَ ذُو اْلحِجَّةِ؟. قُلْنَا: بَلَى. قَالَ:
أَيُّ بَلَدٍ هذَا؟. قُلْنَا: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. فَسَكَتَ حَتَّى
طَنَنَّا اَنَّهُ سَيُسَمّيْهِ بِغَيْرِ اسْمِهِ. قَالَ: اَ لَيْسَتْ بِاْلبَلْدَةِ
اْلحَرَامِ؟ قُلْنَا: بَلَى. قَالَ: فَاِنَّ دِمَاءَكُمْ وَ اَمْوَالَكُمْ
عَلَيْكُمْ حَرَامٌ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هذَا فِى شَهْرِكُمْ هذَا فِى بَلَدِكُمْ
هذَا اِلىَ يَوْمِ تَلْقَوْنَ رَبَّكَمُ.ْ اَلاَ هَلْ بَلَّغْتُ؟ قَالُوْا: نَعَمْ.
قَالَ: اَللّهُمَّ اشْهَدْ. فَلْيُبَلّغِ الشَّاهِدُ اْلغَائِبَ، فَرُبَّ مُبَلَّغٍ
اَوْعَى مِنْ سَامِعٍ. فَلاَ تَرْجِعُوْا بَعْدِى كُفَّارًا يَضْرِبُ بَعْضُكُمْ
رِقَابَ بَعْضٍ. البخارى 2: 191
Dari Abu Bakrah
RA, ia berkata : Nabi SAW berkhutbah kepada kami pada hari Nahr, beliau
bersabda, “Tahukah kalian, hari apakah ini ?”. Kami menjawab, “Allah dan
Rasul-Nya lebih mengetahui”. Kemudian beliau diam, sehingga kami menyangka bahwa
beliau akan memberinya nama dengan yang lain dari nama yang sudah ada. Kemudian
beliau bersabda, “Bukankah ini hari Nahr ?”. Kami berkata, “Ya, benar”. Kemudian
beliau bertanya lagi, “Bulan apakah ini ?”. Kami menjawab, Allah dan Rasul-Nya
lebih mengetahui”. Beliau lalu diam, sehingga kami mengira bahwa beliau akan
menamakan dengan nama yang lain dari nama bulan itu. Kemudian beliau bersabda,
“Bukankah ini bulan Dzulhijjah ?”. Kami menjawab, “Ya, benar”. Beliau bertanya
lagi, “Negeri manakah ini ?”. Kami menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih
mengetahui”. Beliau lalu diam, sehingga kami mengira bahwa beliau akan
memberinya nama selain dari nama negeri yang sekarang ini. Kemudian beliau
bersabda, “Bukankah ini negeri haram ?”. Kami menjawab, “Ya, benar”. Selanjutnya
beliau bersabda, “Sesungguhnya darah kalian dan harta benda kalian adalah haram
atas kalian, sebagaimana haramnya hari kalian ini, dalam bulan kalian ini dan di
negeri kalian ini, sampai kalian bertemu Tuhan kalian. Ingatlah, bukankah aku
telah menyampaikan ?”. Orang-orang yang hadlir menjawab, “Ya, benar”. Beliau SAW
bersabda, “Ya Allah, saksikanlah. Hendaklah yang hadlir ini menyampaikan kepada
yang tidak hadlir. Sebab terkadang orang
yang diberi penyampaian itu lebih bisa mengerti daripada yang mendengar
langsung. Maka janganlah kalian menjadi kafir kembali sesudahku, sehingga
sebagain dari kalian memenggal leher
sebagian yang lain”. [HR.
Bukhari juz 2, hal. 191]
Dalam riwayat lain
disebutkan :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ ص بِمِنًى: اَتَدْرُوْنَ
أَيُّ يَوْمٍ هذَا؟ قَالُوْا: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. فَقَالَ: فَاِنَّ
هذَا يَوْمٌ حَرَامٌ. اَفَتَدْرُوْنَ أَيُّ بَلَدٍ هذَا؟ قَالُوْا: اَللهُ وَ
رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. قَالَ: بَلَدٌ حَرَامٌ. اَفَتَدْرُوْنَ أَيُّ شَهْرٍ هذَا؟
قَالُوْا: اَللهُ وَ رَسُوْلُهُ اَعْلَمُ. قَالَ: شَهْرٌ حَرَامٌ. قَالَ: فَاِنَّ
اللهَ حَرَّمَ عَلَيْكُمْ دِمَاءَكُمْ وَ اَمْوَالَكُمْ وَ اَعْراضَكُمْ كَحُرْمَةِ
يَوْمِكُمْ هذَا فِى شَهْرِكُمْ هذَا فِى بَلَدِكُمْ هذَا. البخارى 2: 192
Dari Ibnu ‘Umar
RA, ia berkata : Nabi SAW ketika berkhutbah di Mina beliau bersabda, “Tahukah
kalian, hari apakah ini ?’. Para shahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih
mengetahui”. Beliau bersabda, “Sesungguhnya hari ini adalah hari haram. Tahukah
kalian, negeri apakah Ini ?“. Para shahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih
mengetahui”. Beliau bersabda, “Ini adalah negeri haram. Tahukah kalian, bulan
apakah ini ?”. Para shahabat menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui”.
Beliau bersabda, “Ini adalah bulan haram”. Kemudian beliau bersabda,
“Sesungguhnya Allah telah mengharamkan kepada kalian darah kalian, harta kalian,
dan kehormatan kalian sebagaimana haramnya hari kalian ini, bulan kalian ini dan
negeri kalian ini”. [HR.
Bukhari juz 2, hal. 192]
Bukhari juga
meriwayatkan :
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض وَقَفَ النَّبِيُّ ص يَوْمَ النَّحْرِ بَيْنَ
اْلجَمَرَاتِ فِى اْلحَجَّةِ الَّتِى حَجَّ بِهذَا وَ قَالَ: هذَا يَوْمُ اْلحَجّ
اْلاَكْبَرِ. فَطَفِقَ النَّبِيُّ ص يَقُوْلُ: اَللّهُمَّ اشْهَدْ وَ وَدَّعَ
النَّاسَ. فَقَالُوْا: هذِهِ حَجَّةُ اْلوَدَاعِ. البخارى 2: 192
Dari Ibnu ‘Umar
RA, ia berkata : Nabi SAW berdiri (berkhutbah pada hari Nahr antara
jumrah-jumrah (pada waktu Dluha) dalam hajji Akbar”. Kemudian Nabi SAW berdo’a,
“Ya Allah, saksikanlah”. Dan Nabi SAW berpamitan kepada orang banyak, kemudian
orang banyak itu berkata, “Ini adalah hajji wada’ “. [HR. Bukhari juz 2, hal.
192]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar