2/19/2013

Nama-nama Nabi Muhammad SAW

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لِى خَمْسَةُ اَسْمَاءٍ اَنَا مُحَمَّدٌ وَ اَحْمَدُ وَ اَنَا اْلمَاحِى الَّذِى يَمْحُو اللهُ بِيَ اْلكُفْرَ وَ اَنَا اْلحَاشِرُ الَّذِى يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمِى وَ اَنَا اْلعَاقِبُ. البخارى 4: 162
Dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im RA, dari ayahnya, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Aku mempunyai lima nama. Aku Muhammad, aku Ahmad, aku Al-Maahii dimana Allah menghapus kekafiran lantaran aku, aku Al-Haasyir dimana ummat manusia dikumpulkan pada telapak kakiku, dan aku adalah Al-'Aaqib". [HR. Bukhari juz 4, hal. 162]
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ: اَنَا مُحَمَّدٌ وَ اَنَا اَحْمَدُ وَ اَنَا اْلمَاحِى الَّذِى يُمْحَى بِيَ اْلكُفْرُ وَ اَنَا اْلحَاشِرُ الَّذِى يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى عَقِبِى وَ اَنَا اْلعَاقِبُ وَ اْلعَاقِبُ الَّذِى لَيْسَ بَعْدَهُ نَبِيٌّ. مسلم 4: 1828
Dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im dari ayahnya bahwasanya Nabi SAW bersabda, "Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad, aku adalah Al-Maahii, yang lantaran aku kekufuran dihancurkan, aku adalah Al-Haasyir, yang orang-orang akan dikumpulkan di bawah tumitku, aku adalah Al-'Aaqib (penutup para Nabi) yang tidak ada lagi nabi sesudahnya". [HR. Muslim juz 4, hal. 1828]
عَنْ مُحًمَّدِ بْنِ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ عَنْ اَبِيْهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: اِنَّ لِى اَسْمَاءً. اَنَا مُحَمَّدٌ وَ اَنَا اَحْمَدُ وَ اَنَا اْلمَاحِى الَّذِى يَمْحُو اللهُ بِيَ اْلكُفْرَ وَ اَنَا اْلحَاشِرُ الَّذِى يُحْشَرُ النَّاسُ عَلَى قَدَمَيَّ وَ اَنَا اْلعَاقِبُ الَّذِى لَيْسَ بَعْدَهُ اَحَدٌ. وَ قَدْ سَمَّاهُ اللهُ رَءُوْفًا رَحِيْمًا. مسلم 4: 1828
Dari Muhammad bin Jubair bin Muth'im dari ayahnya bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya aku memiliki beberapa nama. Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad, aku adalah Al-Maahii, yang lantaran aku Allah menghancurkan kekufuran, aku adalah Al-Haasyir, yang orang-orang akan dikumpulkan di bawah dua telapak kakiku, aku adalah Al-'Aaqib, yang sesudahnya tidak ada seorang (Nabi) pun". Dan sungguh Allah telah memberi nama beliau Raufun Rahiimun. [HR. Muslim juz 4, hal. 1828]
عَنْ اَبِى مُوْسَى اْلاَشْعَرِيّ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص يُسَمّى لَنَا نَفْسَهُ اَسْمَاءً فَقَالَ: اَنَا مُحَمَّدٌ وَ اَحْمَدُ وَ اْلمُقَفّى وَ اْلحَاشِرُ وَ نَبِيُّ التَّوْبَةِ وَ نَبِيُّ الرَّحْمَةِ. مسلم 4: 1828
Dari Abu Musa Al-Asy'ariy, dia berkata : Rasulullah SAW menyebutkan nama beliau kepadaku seraya bersabda, "Aku adalah Muhammad, aku adalah Ahmad, aku adalah Al-Muqaffii, aku adalah Al-Haasyir, aku adalah Nabi Taubah, dan Nabi Rahmah". [HR. Muslim juz 4, hal. 1828]
Keterangan :
Al-Muqoffii artinya sama dengan Al-Aaqib, yang paling belakang. Maksudnya sudah tidak ada Nabi lagi sesudah beliau.
Nama kunyah Nabi SAW dan larangan menggunakannya
عَنْ اَنَسٍ رض قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ ص فِى السُّوْقِ فَقَالَ رَجُلٌ: يَا اَبَا اْلقَاسِمِ، فَالْتَفَتَ النَّبِيُّ ص فَقَالَ: سَمُّوْا بِاسْمِى وَ لاَ تَكْتَنُوْا بِكُنْيَتِى. البخارى 4: 163
Dari Anas RA, dia berkata : Dahulu ketika Nabi SAW di pasar, ada seorang laki-laki memanggil, "Wahai Abul Qasim". Nabi SAW menoleh, lalu beliau bersabda, "Berilah nama dengan namaku dan janganlah memakai nama kunyah ku". [HR. Bukhari juz 4, hal. 163]
Keterangan :
Kunyah adalah nama panggilan yang memakai Abu atau Ummu, sedangkan nama kunyah Nabi SAW adalah Abul Qosim.
عَنْ جَابِرٍ رض عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: تَسَمَّوْا بِاسْمِى وَ لاَ تَكْتَنُوْا بِكُنْيَتِى. البخارى 4: 163
Dari Jabir RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, "Pakailah nama dengan namaku dan janganlah berkunyah dengan kunyahku". [HR. Bukhari juz 4, hal. 163]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ اَبُو اْلقَاسِمِ ص: سَمُّوْا بِاسْمِى وَ لاَ تَكْتَنُوْا بِكُنْيَتِى. البخارى 4: 163
Dari Abu Hurairah, dia berkata : Abul Qasim SAW bersabda, "Berilah nama dengan namaku dan janganlah berkunyah dengan kunyahku". [HR. Bukhari juz 4, hal. 163]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّ النَّبِيَّ ص نَهَى اَنْ يَجْمَعَ اَحَدٌ بَيْنَ اسْمِهِ وَ كُنْيَتِهِ وَ يُسَمّى مُحَمَّدًا اَبَا اْلقَاسِمِ. الترمذى 4: 214، رقم: 2997
Dari Abu Hurairah bahwasanya Nabi SAW melarang seseorang mengumpulkan nama antara nama dan kunyah beliau, yaitu menamakan Muhammad Abul Qasim. [HR. Tirmidzi juz 4, hal. 214, no. 2997]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: اِذَا تَسَمَّيْتُمْ بِى فَلاَ تَكَنُّوْا بِى. الترمذى 4: 215، رقم: 2998
Dari Jabir, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian telah memakai namaku, maka janganlah memakai kunyahku". [HR. Tirmidzi juz 4, hal. 215, no. 2998]

Shahabat yang mirip dengan Nabi Muhammad SAW

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ اْلحَارِثِ قَالَ: صَلَّى اَبُوْ بَكْرٍ رض اْلعَصْرَ ثُمَّ خَرَجَ يَمْشِى فَرَأَى اْلحَسَنَ يَلْعَبُ مَعَ الصّبْيَانِ فَحَمَلَهُ عَلَى عَاتِقِهِ وَ قَالَ: بِاَبِى شَبِيْهٌ بِالنَّبِيّ لاَ شَبِيْهٌ بِعَلِيّ وَ عَلِيٌّ يَضْحَكُ. البخارى 4: 164
Dari 'Uqbah bin Harits, ia berkata : Abu Bakar RA shalat 'Ashar, kemudian dia keluar dengan berjalan kaki, lalu melihat Hasan (putra 'Ali bin Abu Thalib) sedang bermain-main bersama anak-anak, lalu Abu Bakar menggendongnya di atas bahu dan berkata, "Kutebusi dengan ayahku, dia mirip Nabi, tidak mirip 'Ali", dan 'Ali tertawa". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ رض قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيّ ص وَ كَانَ اْلحَسَنُ يُشْبِهُهُ. البخارى 4: 164
Dari Abu Juhaifah RA, ia berkata, "Aku pernah melihat Nabi SAW dan adalah Hasan menyerupai beliau". [HR. Bukhari juz 4, hal. 164]
عَنْ اَبِى جُحَيْفَةَ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص اَبْيَضَ قَدْ شَابَ. كَانَ اْلحَسَنُ بْنُ عَلِيّ يُشْبِهُهُ. مسلم 4: 1822
Dari Abu Juhaifah, ia berkata, "Aku pernah melihat Rasulullah SAW, beliau berkulit putih dan telah beruban. Hasan bin 'Ali hampir mirip dengan beliau". [HR. Muslim juz 4, hal. 1822]
عَنِ الزُّهْرِيّ اَخْبَرَنِى اَنَسٌ قَالَ: لَمْ يَكُنْ اَحَدٌ اَشْبَهَ بِالنَّبِيّ ص مِنَ اْلحَسَنِ بْنِ عَلِيّ. البخارى 4: 217
Dari Az-Zurhriy, ia berkata : Anas mengkhabarkan kepadaku, ia berkata, Tidak ada seorangpun yang lebih mirip dengan Nabi SAW dari pada Al-Hasan bin Aliy. [HR. Bukhari juz 4, hal. 217]

Cap/tanda kenabian

عَنْ سِمَاكٍ قَالَ: سَمِعْتُ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ قَالَ: رَأَيْتُ خَاتَمًا فِى ظَهْرِ رَسُوْلِ اللهِ ص، كَاَنَّهُ بَيْضَةُ حَمَامٍ. مسلم 4: 1823
Dari Simak, dia berkata : Aku mendengar Jabir bin Samurah berkata, "Aku pernah melihat cap (tanda kenabian) pada punggung Rasulullah SAW bagaikan telur burung merpati". [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]
عَنِ اْلجَعْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمنِ قَالَ: سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيْدَ يَقُوْلُ: ذَهَبَتْ بِى خَالَتِى اِلَى رَسُوْلِ اللهِ ص فَقَالَتْ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، اِنَّ ابْنَ اُخْتِى وَجِعٌ. فَمَسَحَ رَأْسِى وَ دَعَا لِى بِاْلبَرَكَةِ. ثُمَّ تَوَضَّأَ فَشَرِبْتُ مِنْ وَضُوْئِهِ ثُمَّ قُمْتُ خَلْفَ ظَهْرِهِ فَنَظَرْتُ اِلَى خَاتَمِهِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ مِثْلِ زِرّ ْالحَجَلَةِ. مسلم 4: 1823
Dari Al-Ja'du bin 'Abdurrahman, ia berkata : Aku mendengar Saib bin Yazid berkata : Bibiku pernah menemui Rasulullah SAW bersamaku. Bibiku berkata, "Ya Rasulullah, sesungguhnya keponakanku ini sedang sakit". Lalu aku melihat beliau mengusap kepalaku dan mendoakanku semoga mendapat berkah. Setelah itu beliau berwudlu. Lalu aku meminum dari sisa air wudlunya. Kemudian aku berdiri di belakang beliau, maka aku melihat ada sebuah cap (tanda kenabian) diantara kedua belikat beliau seperti telur burung merpati". [HR Muslim juz 4, hal. 1823]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَرْجِسَ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ ص وَ اَكَلْتُ مَعَهُ خُبْزًا وَ لَحْمًا اَوْ قَالَ ثَرِيْدًا. قَالَ فَقُلْتُ لَهُ: اَسْتَغْفَرَ لَكَ النَّبِيُّ ص؟ قَالَ: نَعَمْ، وَ لَكَ. ثُمَّ تَلاَ هذِهِ اْلايَةَ: وَ اسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ ْالمُؤْمِنَاتِ. محمد: 19. قَالَ: ثُمَ دُرْتُ خَلْفَهُ فَنَظَرْتُ اِلَى خَاتَمِ النُّبُوَّةِ بَيْنَ كَتِفَيْهِ عِنْدَ نَاغِضِ كَتِفِهِ اْليُسْرَى جُمْعًا عَلَيْهِ خِيْلاَنٌ كَاَمْثاَلِ الثَّآلِيْلِ. مسلم 4: 1823
Dari 'Abdullah bin Sarjis, ia berkata : Aku pernah melihat Nabi SAW dan aku pernah makan roti dan daging atau tsarid (roti yang dimakan dengan kuah) bersama beliau. Aku ('Ashim) bertanya kepadanya ('Abdullah bin Sarjis), "Apakah Nabi memohonkan ampun untukmu ?". Dia menjawab, "Ya, dan untukmu". Selanjutnya ia membaca ayat ini (yang artinya), "Dan mohonlah ampun bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin laki-laki dan orang-orang mukmin perempuan". (QS. Muhammad : 19). Lalu 'Abdullah bin Sarjis berkata, Kemudian aku berpindah di belakang beliau, maka aku melihat sebuah cap kenabian diantara kedua belikat beliau bagian kiri agak atas sedikit sebesar genggaman telapak tangan. Pada cap kenabian tersebut ada tahi lalat seperti kutil". [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]
عَنْ سِمَاكٍ اَنَّهُ سَمِعَ جَابِرَ بْنَ سَمُرَةَ يَقُوْلُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ ص قَدْ شَمِطَ مُقَدَّمُ رَأْسِهِ وَ لِحْيَتِهِ. وَ كَانَ اِذَا اَدْهَنَ لَمْ يَتَبَيَّنْ. وَ اِذَا شَعِثَ رَأْسُهُ تَبَيَّنَ. وَ كَانَ كَثِيْرَ شَعْرِ اللّحْيَةِ. فَقَالَ رَجُلٌ: وَجْهُهُ مِثْلُ السَّيْفِ؟ قَالَ: لاَ، بَلْ كَانَ مِثْلَ الشَّمْسِ وَ اْلقَمَرِ وَ كَانَ مُسْتَدِيْرًا. وَ رَأَيْتُ اْلخَاتَمَ عِنْدَ كَتِفِهِ مِثْلَ بَيْضَةِ اْلحَمَامَةِ. يُشْبِهُ جَسَدَهُ. مسلم 4: 1823
Dari Simak, bahwa ia mendengar Jabir bin Samurah berkata, "Adalah Rasulullah SAW rambut kepala beliau bagian muka dan jenggot beliau telah beruban. Jika beliau meminyakinya, maka ubannya tidak kelihatan. Tetapi ketika rambut beliau tidak teratur, maka ubannya kelihatan. Jenggot beliau sangat lebat". Ada seorang laki-laki bertanya, "Apakah wajah beliau laksana pedang?". Jabir bin Samurah menjawab, "Tidak, wajah beliau laksana matahari dan bulan, yaitu bulat. Dan aku pernah melihat cap (tanda kenabian) di dekat pundak beliau seperti telur burung merpati". Demikian perawi menggambarkannya. [HR. Muslim juz 4, hal. 1823]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang kehidupan Dunia

  TENTANG DUNIA فعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رض قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لَوْ كَانَتِ الدُّنْيَا تَعْدِلُ عِنْدَ اللهِ جَنَاحَ بَعُوْضَةٍ ...