Untuk melengkapi
tarikh tentang ibadah hajji ini, maka disini kami ketengahkan hadits-hadits yang
berhubungan dengan ibadah hajji tersebut.
1. Tentang
pakaian ihram
a. Bagi pria
Pakaian ihram bagi pria ialah dua helai kain (izaar dan
ridaa’).
Izaar disarungkan, sedangkan ridaa’
diselempangkan dengan posisi pundak kanan terbuka dan pundak kiri tertutup.
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ الله ص وَ اَصْحَابَهُ اعْتَمَرُوْا
مِنَ اْلجِعِرَّانَةِ فَرَمَلُوْا بِاْلبَيْتِ وَ جَعَلُوْا اَرْدِيَتَهُمْ تَحْتَ
ابَاطِهِمْ قَذَفُوْهَا عَلَى عَوَاتِقِهِمُ اْليُسْرَى. ابو داود 2: 177، رقم: 1884
Dari Ibnu Abbas, bahwasanya Rasulullah SAW dan para
shahabatnya ‘umrah
dari Ji’irraanah
(Ji’ranah),
mereka berlari-lari kecil di Baitullah dan menjadikan ridaa’
mereka itu dibawah ketiak mereka (yang kanan) lalu diselempangkan diatas
pundak-pundak mereka di sebelah kiri. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 177, no. 1884]
عَنْ عَبْد الله قَالَ: قَامَ رَجُلٌ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَا
تَأْمُرُنَا اَنْ نَلْبَسَ اِذَا اَحْرَمْنَا؟ قَالَ: لاَ تَلْبَسُوا اْلقَمِيْصَ
وَ السَّرَاوِيْلَ وَ اْلعَمَائِمَ وَ اْلبَرَانِسَ وَ اْلخِفَافَ اِلاَّ اَنْ
يَكُوْنَ رَجُلٌ لَيْسَ لَهُ نَعْلاَنِ فَلْيَلْبَسِ اْلخُفَّيْنِ اَسْفَلَ مِنَ
اْلكَعْبَيْنِ، وَ لاَ تَلْبَسُوْا شَيْئاً مِنَ الثّيَابِ مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ
لاَ وَرْسٌ. البخارى 7: 38
Dari
’Abdullah, ia
berkata : Ada seorang laki-laki berdiri, lalu bertanya, ”Ya Rasulullah,
pakaian apa yang engkau perintahkan kepada kami untuk kami pakai ketika ihram
?”. Rasulullah
SAW bersabda, ”Jaganlah
kalian memakai baju, celana, sorban, kopiah, dan sepatu khuff, kecuali seseorang
yang memang tidak mempunyai sepasang sandal, maka dia boleh memakai khuff yang
dibawah mata kaki. Dan janganlah kalian memakai pakaian apapun yang dicelup
za’faran dan
wars”. [HR Bukhari juz 7, hal. 38]
عَنْ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: لاَ يَلْبَسُ
اْلمُحْرِمُ اْلقَمِيْصَ وَ لاَ اْلعِمَامَةَ وَ لاَ السَّرَاوِيْلَ وَ لاَ
اْلبُرْنُسَ وَ لاَ ثَوْبًا مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ وَرْسٌ وَ لاَ اْلخُفَّيْنِ
اِلاَّ لِمَنْ لَمْ يَجِدِ النَّعْلَيْنِ، فَاِنْ لَمْ يَجِدْهُمَا
فَلْيَقْطَعْهُمَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ. البخارى 7: 38
Dari Salim,
dari ayahnya, dari Nabi SAW, beliau bersabda, ”Orang yang
sedang menjalankan ihram tidak boleh memakai baju, tidak boleh memakai sorban,
tidak boleh memakai celana, tidak boleh memakai kopiah, dan juga tidak boleh
memakai pakaian apapun yang dicelup za’faran dan
wars. Dan dan tidak boleh memakai khuff, kecuali bagi seseorang yang memang
tidak mendapati sandal, maka hendaklah dia memotong sepatu khuffnya sehingga
menjadi dibawah mata kaki”. [Bukhari juz
7, hal. 38]
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّ رَجُلاً قَالَ: يَا رَسُوْلَ
اللهِ، مَا يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ مِنَ الثّيَابِ؟ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص: لاَ
تَلْبَسُوا اْلقُمُصَ وَ لاَ اْلعَمَائِمَ وَ لاَ السَّرَاوِيْلاَتِ وَ لاَ
اْلبَرَانِسَ وَ لاَ اْلخِفَافَ اِلاَّ اَحَدٌ لاَ يَجِدُ النَّعْلَيْنِ
فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ وَ لْيَقْطَعْهُمَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ وَ لاَ
تَلْبَسُوْا مِنَ الثّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ وَرْسٌ. البخارى 7: 38
Dari
’Abdullah bin
’Umar,
sesungguhnya ada seorang laki-laki bertanya, ”Ya Rasulullah,
pakaian apakah yang boleh dipakai oleh orang yang ihram ?”. Rasulullah
SAW menjawab, ”Janganlah
kalian memakai gamis, sorban, celana, kopiah, dan sepatu khuff, kecuali bagi
orang yang tidak mempunyai sandal, maka dia boleh memakai sepatu khuff, tetapi
harus memotongnya sehingga menjadi di bawah mata kaki. Dan janganlah kalian
memakai pakaian apapun yang dicelup za’faran dan
wars”. [HR Bukhari
7, hal. 38]
عَنِ سَالِمٍ عَنْ اَبِيْهِ رض قَالَ: سُئِلَ النَّبِيُّ ص: مَا
يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ؟ قَالَ: لاَ يَلْبَسُ اْلمُحْرِمُ اْلقَمِيْصَ، وَ لاَ
اْلعِمَامَةَ، وَ لاَ الْبُرْنُسَ، وَ لاَ السَّرَاوِيْلَ، وَ لاَ ثَوْباً مَسَّهُ
وَرْسٌ وَ لاَ زَعْفَرَانٌ وَ لاَ اْلخُفَّيْنِ. اِلاَّ اَنْ لاَ يَجِدَ نَعْلَيْنِ
فَلْيَقْطَعْهُمَا، حَتَّى يَكُوْنَا اَسْفَلَ مِنَ اْلكَعْبَيْنِ. مسلم 2: 835
Dari Salim, dari ayahnya RA, ia berkata : Nabi SAW pernah
ditanya tentang pakaian yang (boleh) dipakai oleh orang yang sedang ihram
(muhrim). Rasulullah SAW menjawab, ”Dia
tidak boleh memakai kemeja, sorban, kopiah, dan celana dan tidak boleh memakai
pakaian yang dicelup dengan wars dan za’faran,
dan tidak boleh memakai dua sepatu khuff, kecuali kalau tidak mendapatkan dua
sandal (boleh memakai khuff) tetapi hendaklah ia potong keduanya sehingga
menjadi dibawah dua mata kaki”.
[HR. Muslim juz 2, hal.
835].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ قَالَ: نَهَى رَسُوْلُ اللهِ ص
اَنْ يَلْبَسَ اْلمُحْرِمُ ثَوْبًا مَصْبُوْغًا بِوَرْسٍ اَوْ
زَعْفَرَانٍ. ابن ماجه 2: 977، رقم 2930
Dari ‘Abdullah
bin ‘Umar,
bahwasanya dia berkata : Rasulullah SAW melarang orang yang berihram memakai
pakaian yang dicelup wars atau za’faran.
[HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 977, no. 2930]
Keterangan :
Za’faran adalah
jenis tumbuh-tumbuhan di negeri ’Arab yang berwarna
merah kekuningan, biasa dipakai untuk mewarnai kain dan dibuat minyak
wangi.
Wars adalah
jenis tumbuh-tumbuhan di negeri ’Arab yang berwarna
kuning dan berbau wangi yang biasa untuk mewarnai
kain.
b. Bagi
Wanita
Pakaian ihram bagi wanita bebas menutup aurat, tidak boleh
memakai sarung tangan dan tutup muka (cadar)
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص نَهَى
النّسَاءَ فِى اِحْرَامِهِنَّ عَنِ اْلقُفَّازَيْنِ وَ النّقَابِ وَ مَا مَسَّ
اْلوَرْسُ وَ الزَّعْفَرَانُ مِنَ الثّيَابِ، وَلْتَلْبَسْ بَعْدَ ذلِكَ مَا
اَحَبَّتْ مِنْ اَلْوَانِ الثّيَابِ مُعَصْفَراً اَوْ خَزًّا اَوْ حُلِيًّا اَوْ
سَرَاوِيْلَ اَوْ قَمِيْصاً اَوْ خُفًّا. ابو داود 2: 166، رقم: 1827
Dari ‘Abdullah
bin ‘Umar,
bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW melarang para wanita dalam ihram mereka
memakai dua sarung tangan dan tutup muka (cadar) dan pakaian yang dicelup dengan
wars dan za’faran,
tetapi boleh ia memakai selain dari itu apa-apa yang ia sukai dari
bermacam-macam pakaian yang dicelup dengan ‘ushfur
atau sutera atau perhiasan atau celana atau baju”
atau sepatu. [HR. Abu Dawud juz
2, hal. 166, no. 1827]
Keterangan
:
’Ushfur adalah
jenis tumbuh-tumbuhan yang berwarna kuning yang biasa dipakai untuk mewarnai
kain.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِيّ ص قَالَ: اَلْمُحْرِمَةُ لاَ
تَنْتَقِبْ وَ لاَ تَلْبَسِ اْلقُفَّازَيْنِ. ابو داود 2: 165، رقم: 1826
Dari Ibnu ‘Umar,
dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Wanita yang berihram, jangan memakai cadar dan
jangan memakai sarung tangan”. [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 165, no.
1826]
2. Miqat
hajji
Miqat ada dua macam, yaitu miqat Zamaniy dan miqat makaniy.
Miqat Zamaniy : ialah batas waktu permulaan memulai ihram ibadah
hajji waktunya ialah seluruh bulan Syawwal, seluruh bulan Dzulqa’dah
dan sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Jadi Miqat Zamani adalah mulai tanggal satu
Syawwal sampai terbit fajar tanggal 10 Dzulhijjah.
Allah SWT berfirman
:
الحَجُّ اَشْهُرٌ مَّعْلُوْمَاتٌ. البقرة: 197
(Musim) hajji
adalah beberapa bulan yang dimaklumi. [QS. Al-Baqarah : 197].
Miqat Makaniy ialah batas tempat untuk
memulai ihram ibadah hajji. Miqat Makani terdiri dari beberapa
tempat sebagai berikut :
عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ قَالَ: وَقَّتَ رَسُوْلُ اللهِ ص ِلاَهْلِ
اْلمَدِيْنَةِ ذَا اْلحُلَيْفَةِ، وَ ِلاَهْلِ الشَّأْمِ اْلجُحْفَةَ، وَ ِلاَهْلِ
نَجْدٍ قَرْنَ اْلمَنَازِلِ، وَ ِلاَهْلِ اْليَمَنِ يَلَمْلَمَ فَهُنَّ لَهُنَّ وَ
لِمَنْ اَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِ اَهْلِهِنَّ لِمَنْ كَانَ يُرِيْدُ اْلحَجَّ
وَ اْلعُمْرَةَ، فَمَنْ كَانَ دُوْنَهُنَّ فَمُهَلُّهُ مِنْ اَهْلِهِ وَ كَذَاكَ
حَتَّى اَهْلُ مَكَّةَ يُهِلُّوْنَ مِنْهَا. البخارى 2: 142
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW menentukan miqat
bagi penduduk Madinah adalah Dzul Hulaifah, bagi penduduk Sya’m
(Syam) adalah Juhfah, bagi penduduk Najd
adalah Qarnul Manazil, dan bagi penduduk Yaman adalah Yalamlam. ”Masing-masing
miqat itu untuk masing-masing daerah tersebut dan untuk orang-orang yang datang
padanya yang bukan dari penduduk miqat itu bagi orang yang akan menunaikan
ibadah hajji dan ‘umrah.
Dan barangsiapa yang dibawah miqat-miqat itu, maka tempat memulai ihramnya ialah
dari rumahnya. Demikianlah sehingga penduduk Makkah memulai ihram dari Makkah
juga”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 142].
عَنِ ابْنِ عبَّاسٍ قَالَ: اِنَّ النَّبِيَّ ص وَقَّتَ ِلاَهْلِ
اْلمَدِيْنَةِ ذَا اْلحُلَيْفَةِ، وَ ِلاَهْلِ الشَّامِ اْلجُحْفَةَ، وَ ِلاَهْلِ
نَجْدٍ قَرْنَ اْلمَنَازِلِ، وَ ِلاَهْلِ اْليَمَنِ يَلَمْلَمَ، هُنَّ لَهُنَّ وَ
لِمَنْ اَتَى عَلَيْهِنَّ مِنْ غَيْرِهِنَّ مِمَّنْ اَرَادَ اْلحَجَّ وَ
اْلعُمْرَةَ، وَ مَنْ كَانَ دُوْنَ ذلِكَ فَمِنْ حَيْثُ اَنْشَأَ حَتَّى اَهْلُ
مَكَّةَ مِنْ مَكَّةَ. البخارى 2: 142
Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Sesungguhnya Nabi SAW
menentukan miqat bagi penduduk Madinah adalah Dzul Hulaifah, bagi penduduk Syam
adalah Juhfah, bagi penduduk Najd adalah Qarnul Manazil, dan bagi penduduk Yaman
adalah Yalamlam. ”Masing-masing
miqat itu untuk masing-masing daerah tersebut dan untuk orang-orang yang datang
padanya yang bukan dari penduduk miqat itu bagi orang yang akan menunaikan
ibadah hajji dan ‘umrah.
Dan barangsiapa yang dibawah miqat-miqat itu, maka tempat memulai ihramnya ialah
dari rumahnya. Demikianlah sehingga penduduk Makkah memulai ihram dari Makkah
juga”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 142].
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ:
يُهِلُّ اَهْلُ اْلمَدِيْنَةِ مِنْ ذِى اْلحُلَيْفَةِ وَ اَهْلُ الشَّأْمِ مِنَ
اْلجُحْفَةِ وَ اَهْلُ نَجْدٍ مِنْ قَرْنٍ. قَالَ عَبْدُ اللهِ وَ بَلَغَنِى اَنَّ
رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: وَ يُهِلُّ اَهْلُ اْليَمَنِ مِنْ يَلَمْلَمَ. البخارى 2: 142
Dari ‘Abdullah
bin ‘Umar
RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Penduduk
Madinah memulai ihram dari Dzul Hulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, penduduk
Najd dari Qarnun”.
‘Abdullah
berkata : Telah sampai kepadaku, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Dan
memulai ihram penduduk Yaman dari Yalamlam”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 142]
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: لَمَّا فُتِحَ هذَانِ اْلمِصْرَانِ اَتَوْا
عُمَرَ فَقَالُوْا: يَا اَمِيْرَ اْلمُؤْمِنِيْنَ، اِنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص حَدَّ
ِلاَهْلِ نَجْدٍ قَرْناً وَ هُوَ جَوْرٌ عَنْ طَرِيْقِنَا، وَ اِنَّا اِنْ
اَرَدْنَا قَرْناً شَقَّ عَلَيْنَا. قَالَ: فَانْظُرُوْا حَذْوَهَا مِنْ
طَرِيْقِكُمْ. فَحَدَّ لَهُمْ ذَاتَ عِرْقٍ. البخارى 2: 143
Dari Ibnu ‘Umar
RA, ia berkata : Setelah dua
kota ini ditaklukkan
(Bashrah dan Kuufah), orang-orang datang kepada ‘Umar
(bin Khaththab) lalu berkata, “Ya
Amirul Mu’minin,
sesungguhnya Rasulullah SAW telah menentukan Qarnul Manazil untuk penduduk
Najd, padahal dia itu menyimpang dari jalan
kami, dan kami bila akan ke Qarnul Manazil itu sungguh memayahkan
kami”.
Lalu ‘Umar
berkata, “Lihatlah
jajarannya itu dari jalanmu”.
(Ibnu ‘Umar
berkata), “Kemudian
(‘Umar)
menetapkan Dzatu ‘Irqin
untuk (miqat) mereka”.
[HR. Bukhari juz 2, hal. 143].
Keterangan :
Dari hadits-hadits di atas bisa kita pahami bahwa untuk penduduk
Madinah wajib berihram dari tempat yang bernama Dzul Hulaifah (Bir ‘Ali).
Untuk penduduk Syam dari Juhfah. Untuk penduduk Najd dari
Qarnul Manaazil, dan penduduk Yaman dari Yalamlam.
Adapun orang yang bukan dari penduduk Madinah, tetapi melewati
Madinah dalam perjalanannya untuk mengerjakan hajji atau ‘umrah,
maka ia wajib berihram dari Dzul Hulaifah juga.
Demikian pula bagi orang yang perjalanannya tersebut melewati
Juhfah, Qarnul Manaazil maupun Yalamlam, maka mulai ihramnya dari tempat-tempat
tersebut. Pendek kata bagi orang yang akan mengerjakan hajji atau ‘umrah,
maka miqat yang lebih dahulu ia temui, di situlah ia memulai berihram.
Orang yang tempat kediamannya sesudah Dzul Hulaifah, yakni ia
bertempat tinggal di suatu tempat antara Dzul Hulaifah dan Makkah, maka orang
ini berihram dari rumahnya. Demikian pula orang-orang yang berkediaman antara
Makkah dan lain-lain miqat.
Adapun untuk jamaah hajji dari
Indonesia yang
keberangkatannya dibagi menjadi dua gelombang :
1. Gelombang Pertama yang
terbang dari
Indonesia
mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah dan langsung di berangkatkan ke
Madinah maka miqatnya adalah di Dzil Hulaifah (Bir Ali) ±
486 km dari Makkah.
2. Gelombang Kedua yaitu
jamaah yang mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah kemudian di berangkatkan
ke Makkah maka miqat mereka di Airport King Abdul Aziz di Jeddah 107 km dari
Mekkah.
Penetapan ini berdasarkan fatwa Syaikh Abdullah bin Zaid
Al-Mahmud ketua Mahkamah Syari’ah
negara Qatar dan
keputusan MUI tanggal 29 Maret 1980. (Buku Bimbingan Manasik Depag RI).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar