10. Tentang bacaan diwaktu thawaf
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص
يَقُوْلُ: مَا بَيْنَ الرُّكْنَيْنِ: رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً
وَ فِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ. ابو داود 2: 179، رقم: 1892
Dari ‘Abdullah bin Saaib, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW berdoa diantara dua
rukun (rukun Yamaniy dan Hajar Aswad), “robbanaa aatinaa fiddunyaa
hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaabannaar”. (Ya
Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan
jagalah kami dari siksa neraka). [HR. Abu Dawud juz 2, hal.
179, no. 1892]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص طَافَ بِاْلبَيْتِ وَ
هُوَ عَلَى بَعِيْرٍ كُلَّمَا اَتَى عَلَى الرُّكْنِ اَشَارَ اِلَيْهِ بِشَيْءٍ فِى
يَدِهِ وَكَبَّرَ. البخارى 2: 166
Dari Ibnu
‘Abbas RA, bahwasanya
Rasulullah SAW thawaf di Baitullah dan beliau di atas untanya. Setiap kali beliau sampai pada rukun (Hajar Aswad), beliau
berisyarat kepadanya dengan sesuatu yang ada di tangan beliau, dan
bertakbir”.
[HR.
Bukhari juz 2, hal. 166]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَنْ
طَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعاً وَ لاَ يَتَكَلَّمُ اِلاَّ بِسُبْحَانَ اللهِ وَ
اْلحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ
قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ، مُحِيَتْ عَنْهُ عَشْرُ سَيّئَاتٍ، وَ كُتِبَ لَهُ
عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَ رُفِعَ لَهُ بِهَا عَشَرَةُ دَرَجَاتٍ. ابن ماجه 2: 985، رقم: 2957
Dari Abu Hurairah, bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW
bersabda : Barangsiapa thawaf tujuh kali di Baitullah dan tidak berkata-kata
melainkan ucapan “Subhaanallooh,
walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallooh, walloohu akbar, wa laa haula walaa
quwwata illaa billaah”
(Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah
Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah), maka akan
dihapus sepuluh dosanya dan dicatat untuknya sepuluh kebaikan serta diangkat
untuknya sepuluh derajat. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 985, no. 2957,
dla’if,
karena dalam sanadnya ada perawi bernama Humaid bin Abu Sawiyyah].
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ لَهُ يَا عُمَرُ اِنَّكَ رَجُلٌ قَوِيٌّ ، لاَ
تُزَاحِمْ عَلَى اْلحَجَرِ فَتُؤْذِيَ الضَّعِيْفَ، اِنْ وَجَدْتَ خُلْوَةً
فَاسْتَلِمْهُ وَإِلاَّ فَاسْتَقْبِلْهُ فَهَلّلْ وَ كَبّرْ. احمد 1:
69، رقم: 190
Dari Umar bin Khaththab R.A, bahwasanya Nabi SAW bersabda
kepadanya, “Hai
Umar engkau adalah seorang pria yang kuat, janganlah engkau berdesakan pada
Hajar Aswad sehingga engkau akan menyusahkan orang yang lemah, jika engkau
mendapatkan kesempatan (kosong) maka jamahlah, dan jika tidak ada kesempatan
maka menghadaplah kepadanya (Hajar Aswad) lalu bacalah tahlil dan takbir (Laa
ilaaha illallooh, alloohu akbar). [HR. Ahmad juz 1, hal.
69, no. 190, dlaif karena dalam sanadnya ada perawi yang tidak disebutkan
namanya, sehingga hadits ini munqathi’].
Keterangan :
Tidak ada doa khusus bagi orang yang
thawaf, maka orang yang thawaf boleh berdoa apasaja yang ia inginkan. Adapun
Nabi SAW, beliau berdoa diantara dua rukun Yamaniy dengan robbanaa aatinaa
fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa
‘adzaabannaar”.
11. Thawaf tujuh kali dan shalat dua rekaat di maqam
Ibrahim.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ بِاْلبَيْتِ
سَبْعًا وَ صَلَّى خَلْفَ اْلمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْهِ
الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ اِلَى الصَّفَا وَ قَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ: لَقَدْ
كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ. البخارى 2: 166
Dari Ibnu ‘Umar
RA, ia berkata : Nabi SAW tiba (di Makkah), lalu thawaf
di Baitullah tujuh kali, kemudian shalat dua reka’at
di belakang maqam Ibrahim, kemudian beliau SAW pergi ke Shafa (untuk
sa’i).
Dan Allah Ta’ala
telah berfirman (yang artinya), “Sungguh
telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian”
(QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2,
hal. 166]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا انْتَهَى
اِلَى مَقَامِ اِبْرهِيْمَ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ
مُصَلّى، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَقَرَأَ فَاتِحَةَ اْلكِتَابِ وَ قُلْ
ياَيُّهَا اْلكفِرُوْنَ وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ ثُمَّ عَادَ اِلىَ الرُّكْنِ
فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ خَرَجَ اِلىَ الصَّفَا. النسائى 5: 236
Dari Jabir bin ‘Abdullah,
bahwasanya Rasulullah SAW setelah sampai di Maqam Ibrahim, beliau membaca ayat
(yang artinya), “Dan
jadikanlah Maqam Ibrahim itu tempat untuk shalat”
(QS. Al-Baqarah : 125), lalu beliau shalat dua rekaat,
beliau membaca Al-Fatihah, Qul yaa ayyuhal kaafiruun dan Qul huwalloohu ahad.
Kemudian beliau kembali menuju Hajar Aswad, lalu menciumnya, kemudian keluar
menuju ke bukit Shafa”.
[HR. Nasaaiy juz 5, hal. 236]
12. Sa’i
antara Shafa dan Marwah
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ
ص طَافَ سَبْعًا رَمَلَ ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَرَأَ وَ
اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ وَ
جَعَلَ اْلمَقَامَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلكَعْبَةِ ثُمَّ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ ثُمَّ
خَرَجَ فَقَالَ: اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ،
فَابْدَؤُوْا بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. النسائى 5: 236
Dari Jabir bahwasanya Rasulullah SAW thawaf tujuh putaran,
tiga putaran dengan berlari kecil, dan empat putaran dengan berjalan biasa, lalu
beliau membaca ayat (yang artinya), “Dan
jadikanlah makam Ibrahim sebagai tempat shalat”.
Kemudian beliau menuju belakang maqam Ibrahim, lalu shalat dua rekaat. Setelah itu beliau kembali mencium Hajar Aswad, lalu keluar (menuju
bukit Shafa) dan membaca ayat (yang artinya), “Sesungguhnya
Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar-syi’ar
Allah”
(QS. Al-Baqarah : 158), maka mulailah dari
tempat yang Allah memulainya”.
[HR. Nasaaiy juz 5, hal. 236]
عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ قَالَ سَأَلْنَا ابْنَ عُمَرَ رض عَنْ
رَجُلٍ طَافَ بِالْبَيْتِ فِى عُمْرَةٍ وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَ
الْمَرْوَةِ اَيَأْتِى امْرَأَتَهُ فَقَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ
بِالْبَيْتِ سَبْعًا وَ صَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ فَطَافَ
بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ سَبْعًا.
(لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ
اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ). البخارى 2: 170
Dari ‘Amr
bin Dinar, ia berkata : Kami bertanya kepada Ibnu
‘Umar
RA tentang seorang laki-laki yang thawaf di Baitullah dalam ‘umrah,
dan ia belum sa’i
antara Shafa dan Marwah, apakah ia boleh mendatangi istrinya ?. Maka Ibnu
‘Umar
berkata, “Nabi
SAW tiba di Makkah, lalu thawaf di Baitullah tujuh putaran, dan shalat di
belakang Maqam Ibrahim dua rekaat, lalu sa’i
antara Shafa dan Marwah tujuh kali”.
Lalu Ibnu ‘Umar
membaca ayat (yang artinya) “Sungguh
telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi
kalian”.
(QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2, hal.
170]
قَالَ جَابِرٌ رض: …. ثُمَّ رَجَعَ اِلىَ الرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ
خَرَجَ مِنَ اْلبَابِ اِلَى الصَّفَا. فَلَمَّا دَنَا مِنَ الصَّفَا قَرَأَ
اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ. اَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ
اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِيَ عَلَيْهِ حَتَّى رَأَى اْلبَيْتَ
فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ فَوَحَّدَ اللهَ وَ كَبَّرَهُ وَ قَالَ: لاَ اِلهَ
اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ
هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، اَنْجَزَ
وَعْدَهُ، وَ نَصَرَ عَبْدَهُ، وَ هَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، ثُمَّ دَعَا
بَيْنَ ذلِكَ قَالَ مِثْلَ هذَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ نَزَلَ اِلَى اْلمَرْوَةِ
حَتَّى اِذَا انْصَبَّتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ اْلوَادِى سَعَى حَتَّى اِذَا
صَعِدَتَا مَشَى حَتَّى اَتَى اْلمَرْوَةَ فَفَعَلَ عَلَى اْلمَرْوَةِ كَمَا فَعَلَ
عَلَى الصَّفَا. مسلم 2: 887
Jabir RA berkata : …...
Setelah Nabi SAW selesai (shalat di Maqam Ibrahim), beliau
kembali mencium Hajar Aswad, kemudian meninggalkan Baitullah menuju
Shafa. Setelah dekat Shafa beliau membaca ayat (yang
artinya). “Sesungguhnya
Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syi’ar-syi’ar
Allah”
(QS. Al-Baqarah : 158). Beliau bersabda,
“Aku
memulai dengan apa yang Allah memulai dengannya”.
Kemudian beliau memulai dari Shafa, beliau naik ke atasnya sehingga melihat
Ka’ah,
lalu menghadap qiblat, beliau mengesakan Allah dan mengagungkan-Nya, beliau
membaca, “Laa
ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa
‘alaa
kulli syai-in qodiir. Laa ilaaha illalloohu wahdah, anjaza wa’dah,
wa nashoro ‘abdah,
wa hazamal ahzaaba wahdah”
(Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya,
kepunyaan-Nya lah semua kerajaan, dan kepunyaan-Nyalah segala pujian, dan Dia
atas segala sesuatu berkuasa. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, yang
telah memenuhi janji-Nya, yang telah menolong hamba-Nya, dan yang telah
membinasakan musuh-musuh yang bersekutu dengan sendirian). Kemudian diantara itu
beliau berdoa, beliau membaca yang demikian itu tiga kali. Kemudian beliau
turun, lalu menuju Marwah. Ketika sampai di lembah beliau
berlari-lari kecil. Dan ketika jalan menanjak beliau
berjalan biasa, sehingga beliau sampai di Marwah, lalu di Marwah itu beliau
melakukan sebagaimana yang beliau lakukan di Shafa”.
[HR. Muslim juz 2, hal. 887]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: طَافَ رَسُوْلُ اللهِ ص بِاْلبَيْتِ سَبْعًا، رَمَلَ مِنْهَا
ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَامَ عِنْدَ اْلمَقَامِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ
ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى وَ رَفَعَ
صَوْتَهُ يُسْمِعُ النَّاسَ ثُمَّ انْصَرَفَ فَاسْتَلَمَ. ثُمَّ ذَهَبَ فَقَالَ
نَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِىَ عَلَيْهَا حَتَّى
بَدَا لَهُ اْلبَيْتُ فَقَالَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ
لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِى وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ
عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. فَكَبَّرَ اللهَ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا بِمَا
قُدّرَ لَهُ ثُمَّ نَزَلَ مَاشِيًا حَتَّى تَصَوَّبَتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ
اْلمَسِيْلِ فَسَعَى حَتَّى صَعِدَتْ قَدَمَاهُ ثُمَّ مَشَى حَتَّى اَتَى
اْلمَرْوَةَ فَصَعِدَ فِيْهَا ثُمَّ بَدَا لَهُ البَيْتُ فَقَالَ لاَ اِلهَ
اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ
هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. قَالَ ذلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ ذَكَرَ
اللهَ وَسَبَّحَهُ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا عَلَيْهَا بِمَا شَاءَ اللهُ فَعَلَ
هذَا حَتَّى فَرَغَ مِنَ الطَّوَافِ. النسائى 5: 235
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah
SAW thawaf di Baitullah sebanyak tujuh putaran, beliau berlari-lari kecil pada
tiga putaran yang awwal, lalu berjalan biasa pada empat putaran berikutnya.
Setelah itu beliau berdiri di Maqam Ibrahim, lalu shalat sunnah dua rekaat, kemudian membaca ayat (yang artinya)
“Dan
jadikanlah Maqam Ibrahim itu sebagai tempat shalat”
(QS. Al-Baqarah : 125). Dan beliau
mengeraskan suaranya agar didengar orang banyak. Kemudian beliau pergi
mencium Hajar Aswad, lalu melakukan sa’i,
beliau bersabda, “Kami
memulai dengan apa yang Allah memulainya”.
Maka beliau memulai dengan mendaki bukit Shafa, hingga ketika Baitullah telah
terlihat dari atas bukit, beliau membaca “Laa
ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa
yumiitu wa huwa ‘alaa
kulli syai-in qodiir”,
tiga kali. Lalu beliau bertakbir dan bertahmid, lalu berdoa kepada Allah
secukupnya. Setelah itu beliau menuruni bukit, sehingga ketika sampai di lembah,
beliau berlari kecil menuju Marwah, hingga ketika jalan menanjak, beliau
berjalan biasa hingga sampai di Marwah, lalu beliau naik ke atas bukit. Kemudian
setelah Baitullah terlihat dari atas bukit, beliau membaca “Laa
ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa
‘alaa
kulli syai-in qodiir”,
tiga kali. Kemudian beliau berdzikir kepada Allah, bertasbih dan bertahmid
kepada-Nya, lalu beliau berdoa secukupnya. Demikianlah yang
beliau lakukan ketika sa’i
hingga selesai. [HR. Nasaaiy
juz 5, hal. 235]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar