Tentang bacaan diwaktu thawaf

10.  Tentang bacaan diwaktu thawaf
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَا بَيْنَ الرُّكْنَيْنِ: رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ. ابو داود 2: 179، رقم: 1892
Dari Abdullah bin Saaib, ia berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW berdoa diantara dua rukun (rukun Yamaniy dan Hajar Aswad), robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa adzaabannaar. (Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari siksa neraka). [HR. Abu Dawud juz 2, hal. 179, no. 1892]
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رض اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص طَافَ بِاْلبَيْتِ وَ هُوَ عَلَى بَعِيْرٍ كُلَّمَا اَتَى عَلَى الرُّكْنِ اَشَارَ اِلَيْهِ بِشَيْءٍ فِى يَدِهِ وَكَبَّرَ. البخارى 2: 166
Dari Ibnu Abbas RA, bahwasanya Rasulullah SAW thawaf di Baitullah dan beliau di atas untanya. Setiap kali beliau sampai pada rukun (Hajar Aswad), beliau berisyarat kepadanya dengan sesuatu yang ada di tangan beliau, dan bertakbir. [HR. Bukhari juz 2, hal. 166]
عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَنْ طَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعاً وَ لاَ يَتَكَلَّمُ اِلاَّ بِسُبْحَانَ اللهِ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ وَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ وَ لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ، مُحِيَتْ عَنْهُ عَشْرُ سَيّئَاتٍ، وَ كُتِبَ لَهُ عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَ رُفِعَ لَهُ بِهَا عَشَرَةُ دَرَجَاتٍ. ابن ماجه 2: 985، رقم: 2957
Dari Abu Hurairah, bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa thawaf tujuh kali di Baitullah dan tidak berkata-kata melainkan ucapan Subhaanallooh, walhamdu lillaah, wa laa ilaaha illallooh, walloohu akbar, wa laa haula walaa quwwata illaa billaah (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah), maka akan dihapus sepuluh dosanya dan dicatat untuknya sepuluh kebaikan serta diangkat untuknya sepuluh derajat. [HR. Ibnu Majah juz 2, hal. 985, no. 2957, dlaif, karena dalam sanadnya ada perawi bernama Humaid bin Abu Sawiyyah].
عَنْ عُمَرَ بْنِ اْلخَطَّابِ رض اَنَّ النَّبِيَّ ص قَالَ لَهُ  يَا عُمَرُ اِنَّكَ رَجُلٌ قَوِيٌّ ، لاَ تُزَاحِمْ عَلَى اْلحَجَرِ فَتُؤْذِيَ الضَّعِيْفَ، اِنْ وَجَدْتَ خُلْوَةً فَاسْتَلِمْهُ وَإِلاَّ فَاسْتَقْبِلْهُ فَهَلّلْ وَ كَبّرْ. احمد 1: 69، رقم: 190
Dari Umar bin Khaththab R.A, bahwasanya Nabi SAW bersabda kepadanya, Hai Umar engkau adalah seorang pria yang kuat, janganlah engkau berdesakan pada Hajar Aswad sehingga engkau akan menyusahkan orang yang lemah, jika engkau mendapatkan kesempatan (kosong) maka jamahlah, dan jika tidak ada kesempatan maka menghadaplah kepadanya (Hajar Aswad) lalu bacalah tahlil dan takbir (Laa ilaaha illallooh, alloohu akbar). [HR. Ahmad juz 1, hal. 69, no. 190, dlaif karena dalam sanadnya ada perawi yang tidak disebutkan namanya, sehingga hadits ini munqathi].
Keterangan :
Tidak ada doa khusus bagi orang yang thawaf, maka orang yang thawaf boleh berdoa apasaja yang ia inginkan. Adapun Nabi SAW, beliau berdoa diantara dua rukun Yamaniy dengan robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa adzaabannaar.
11. Thawaf tujuh kali dan shalat dua rekaat di maqam Ibrahim.
عَنِ ابْنِ عُمَرَ رض قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ بِاْلبَيْتِ سَبْعًا وَ صَلَّى خَلْفَ اْلمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ اِلَى الصَّفَا وَ قَدْ قَالَ اللهُ تَعَالىَ: لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ. البخارى 2: 166
Dari Ibnu Umar RA, ia berkata : Nabi SAW tiba (di Makkah), lalu thawaf di Baitullah tujuh kali, kemudian shalat dua rekaat di belakang maqam Ibrahim, kemudian beliau SAW pergi ke Shafa (untuk sai). Dan Allah Taala telah berfirman (yang artinya), Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian (QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2, hal. 166]
عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص لَمَّا انْتَهَى اِلَى مَقَامِ اِبْرهِيْمَ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى، فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ فَقَرَأَ فَاتِحَةَ اْلكِتَابِ وَ قُلْ ياَيُّهَا اْلكفِرُوْنَ وَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ ثُمَّ عَادَ اِلىَ الرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ خَرَجَ اِلىَ الصَّفَا. النسائى 5: 236
Dari Jabir bin Abdullah, bahwasanya Rasulullah SAW setelah sampai di Maqam Ibrahim, beliau membaca ayat (yang artinya), Dan jadikanlah Maqam Ibrahim itu tempat untuk shalat (QS. Al-Baqarah : 125), lalu beliau shalat dua rekaat, beliau membaca Al-Fatihah, Qul yaa ayyuhal kaafiruun dan Qul huwalloohu ahad. Kemudian beliau kembali menuju Hajar Aswad, lalu menciumnya, kemudian keluar menuju ke bukit Shafa. [HR. Nasaaiy juz 5, hal. 236]
12. Sai antara Shafa dan Marwah
عَنْ جَابِرٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  ص طَافَ سَبْعًا رَمَلَ ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَّقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى، فَصَلَّى سَجْدَتَيْنِ وَ جَعَلَ اْلمَقَامَ بَيْنَهُ وَ بَيْنَ اْلكَعْبَةِ ثُمَّ اسْتَلَمَ الرُّكْنَ ثُمَّ خَرَجَ فَقَالَ: اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ، فَابْدَؤُوْا بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. النسائى 5: 236
Dari Jabir bahwasanya Rasulullah SAW thawaf tujuh putaran, tiga putaran dengan berlari kecil, dan empat putaran dengan berjalan biasa, lalu beliau membaca ayat (yang artinya), Dan jadikanlah makam Ibrahim sebagai tempat shalat. Kemudian beliau menuju belakang maqam Ibrahim, lalu shalat dua rekaat. Setelah itu beliau kembali mencium Hajar Aswad, lalu keluar (menuju bukit Shafa) dan membaca ayat (yang artinya), Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar-syiar Allah (QS. Al-Baqarah : 158), maka mulailah dari tempat yang Allah memulainya. [HR. Nasaaiy juz 5, hal. 236]
عَنْ عَمْرِو بْنِ دِينَارٍ قَالَ سَأَلْنَا ابْنَ عُمَرَ رض عَنْ رَجُلٍ طَافَ بِالْبَيْتِ فِى عُمْرَةٍ وَلَمْ يَطُفْ بَيْنَ الصَّفَا وَ الْمَرْوَةِ اَيَأْتِى امْرَأَتَهُ فَقَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ص فَطَافَ بِالْبَيْتِ سَبْعًا وَ صَلَّى خَلْفَ الْمَقَامِ رَكْعَتَيْنِ فَطَافَ بَيْنَ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ سَبْعًا. (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِيْ رَسُوْلِ اللهِ اُسْوَةٌ حَسَنَةٌ). البخارى 2: 170
Dari Amr bin Dinar, ia berkata : Kami bertanya kepada Ibnu Umar RA tentang seorang laki-laki yang thawaf di Baitullah dalam umrah, dan ia belum sai antara Shafa dan Marwah, apakah ia boleh mendatangi istrinya ?. Maka Ibnu Umar berkata, Nabi SAW tiba di Makkah, lalu thawaf di Baitullah tujuh putaran, dan shalat di belakang Maqam Ibrahim dua rekaat, lalu sai antara Shafa dan Marwah tujuh kali. Lalu Ibnu Umar membaca ayat (yang artinya) Sungguh telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi kalian. (QS. Al-Ahzaab : 21). [HR. Bukhari juz 2, hal. 170]
قَالَ جَابِرٌ رض: …. ثُمَّ رَجَعَ اِلىَ الرُّكْنِ فَاسْتَلَمَهُ ثُمَّ خَرَجَ مِنَ اْلبَابِ اِلَى الصَّفَا. فَلَمَّا دَنَا مِنَ الصَّفَا قَرَأَ اِنَّ الصَّفَا وَ اْلمَرْوَةَ مِنْ شَعَآئِرِ اللهِ. اَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِيَ عَلَيْهِ حَتَّى رَأَى اْلبَيْتَ فَاسْتَقْبَلَ اْلقِبْلَةَ فَوَحَّدَ اللهَ وَ كَبَّرَهُ وَ قَالَ: لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، اَنْجَزَ وَعْدَهُ، وَ نَصَرَ عَبْدَهُ، وَ هَزَمَ اْلاَحْزَابَ وَحْدَهُ، ثُمَّ دَعَا بَيْنَ ذلِكَ قَالَ مِثْلَ هذَا ثَلاَثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ نَزَلَ اِلَى اْلمَرْوَةِ حَتَّى اِذَا انْصَبَّتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ اْلوَادِى سَعَى حَتَّى اِذَا صَعِدَتَا مَشَى حَتَّى اَتَى اْلمَرْوَةَ فَفَعَلَ عَلَى اْلمَرْوَةِ كَمَا فَعَلَ عَلَى الصَّفَا. مسلم 2: 887
Jabir RA berkata : ... Setelah Nabi SAW selesai (shalat di Maqam Ibrahim), beliau kembali mencium Hajar Aswad, kemudian meninggalkan Baitullah menuju Shafa. Setelah dekat Shafa beliau membaca ayat (yang artinya). Sesungguhnya Shafa dan Marwah adalah sebagian dari syiar-syiar Allah (QS. Al-Baqarah : 158). Beliau bersabda, Aku memulai dengan apa yang Allah memulai dengannya. Kemudian beliau memulai dari Shafa, beliau naik ke atasnya sehingga melihat Kaah, lalu menghadap qiblat, beliau mengesakan Allah dan mengagungkan-Nya, beliau membaca, Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa alaa kulli syai-in qodiir. Laa ilaaha illalloohu wahdah, anjaza wadah, wa nashoro abdah, wa hazamal ahzaaba wahdah (Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nya lah semua kerajaan, dan kepunyaan-Nyalah segala pujian, dan Dia atas segala sesuatu berkuasa. Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, yang telah memenuhi janji-Nya, yang telah menolong hamba-Nya, dan yang telah membinasakan musuh-musuh yang bersekutu dengan sendirian). Kemudian diantara itu beliau berdoa, beliau membaca yang demikian itu tiga kali. Kemudian beliau turun, lalu menuju Marwah. Ketika sampai di lembah beliau berlari-lari kecil. Dan ketika jalan menanjak beliau berjalan biasa, sehingga beliau sampai di Marwah, lalu di Marwah itu beliau melakukan sebagaimana yang beliau lakukan di Shafa. [HR. Muslim juz 2, hal. 887]
عَنْ جَابِرٍ قَالَ: طَافَ رَسُوْلُ اللهِ  ص بِاْلبَيْتِ سَبْعًا، رَمَلَ مِنْهَا ثَلاَثًا وَ مَشَى اَرْبَعًا ثُمَّ قَامَ عِنْدَ اْلمَقَامِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ قَرَأَ وَ اتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ اِبْرهِيْمَ مُصَلّى وَ رَفَعَ صَوْتَهُ يُسْمِعُ النَّاسَ ثُمَّ انْصَرَفَ فَاسْتَلَمَ. ثُمَّ ذَهَبَ فَقَالَ نَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ. فَبَدَأَ بِالصَّفَا فَرَقِىَ عَلَيْهَا حَتَّى بَدَا لَهُ اْلبَيْتُ فَقَالَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ يُحْيِى وَ يُمِيْتُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. فَكَبَّرَ اللهَ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا بِمَا قُدّرَ لَهُ ثُمَّ نَزَلَ مَاشِيًا حَتَّى تَصَوَّبَتْ قَدَمَاهُ فِى بَطْنِ اْلمَسِيْلِ فَسَعَى حَتَّى صَعِدَتْ قَدَمَاهُ ثُمَّ مَشَى حَتَّى اَتَى اْلمَرْوَةَ فَصَعِدَ فِيْهَا ثُمَّ بَدَا لَهُ البَيْتُ فَقَالَ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ اْلمُلْكُ وَ لَهُ اْلحَمْدُ وَ هُوَ عَلَى كُلّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. قَالَ ذلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ ذَكَرَ اللهَ وَسَبَّحَهُ وَ حَمِدَهُ ثُمَّ دَعَا عَلَيْهَا بِمَا شَاءَ اللهُ فَعَلَ هذَا حَتَّى فَرَغَ مِنَ الطَّوَافِ. النسائى 5: 235
Dari Jabir, ia berkata : Rasulullah SAW thawaf di Baitullah sebanyak tujuh putaran, beliau berlari-lari kecil pada tiga putaran yang awwal, lalu berjalan biasa pada empat putaran berikutnya. Setelah itu beliau berdiri di Maqam Ibrahim, lalu shalat sunnah dua rekaat, kemudian membaca ayat (yang artinya) Dan jadikanlah Maqam Ibrahim itu sebagai tempat shalat (QS. Al-Baqarah : 125). Dan beliau mengeraskan suaranya agar didengar orang banyak. Kemudian beliau pergi mencium Hajar Aswad, lalu melakukan sai, beliau bersabda, Kami memulai dengan apa yang Allah memulainya. Maka beliau memulai dengan mendaki bukit Shafa, hingga ketika Baitullah telah terlihat dari atas bukit, beliau membaca Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa yumiitu wa huwa alaa kulli syai-in qodiir, tiga kali. Lalu beliau bertakbir dan bertahmid, lalu berdoa kepada Allah secukupnya. Setelah itu beliau menuruni bukit, sehingga ketika sampai di lembah, beliau berlari kecil menuju Marwah, hingga ketika jalan menanjak, beliau berjalan biasa hingga sampai di Marwah, lalu beliau naik ke atas bukit. Kemudian setelah Baitullah terlihat dari atas bukit, beliau membaca Laa ilaaha illalloohu wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa alaa kulli syai-in qodiir, tiga kali. Kemudian beliau berdzikir kepada Allah, bertasbih dan bertahmid kepada-Nya, lalu beliau berdoa secukupnya. Demikianlah yang beliau lakukan ketika sai hingga selesai. [HR. Nasaaiy juz 5, hal. 235]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Tentang bacaan diwaktu thawaf"

Posting Komentar